Jamur adalah tumbuhan yang sering hidup di tempat-tempat lembab. Jamur berkembang biak dengan menyebarkan sporanya dan akan mulai tumbuh menjadi jamur baru jika menemukan lingkungan yang sesuai untuk hidup.

Selain tumbuh dai tempat lembab, jamur juga tumbuh pada makanan yang sudah basi, pada batang pohon yang sudah tumbang. Jamur seringkali dianggap sebagai sesuatu yang identik dengan busuk dan makanan basi.

Namun, sekarang jamur sangat digemari masyarakat. Semakin meningkatnya permintaan pasar terhadap jamur merupakan peluang dalam usaha jamur. Bahkan sekarang budidaya jamur sudah sangat menjamur.

Banyak orang yang membudidayakan karena memang laku terjual dan banyak dicari konsumen. Dengan banyaknya permintaan terhadap jamur muncul peluang bisnis baru yaitu jajanan dari jamur.

Jajanan jamur dapat kamu jumpai di pinggir jalan. Ya jamur crispy, mereka para penjual jajanan jamur biasanya menjual crispy. Dengan berbagai pilihan rasa dan kreatifitas, mereka dapat menyulap jamur menjadi makanan enak.

Berikut cara membuat jamur crispy yang mudah dan enak.

1Bahan Jamur Crispy

jamurtirammurahblitar.wordpress.com

Bahan utama yang dibutuhkan yaitu jamur tiram 400 gram kualitas bagus. Cuci jamurnya sampai bersih kemudian diperas agar kadar airnya berkurang. Potong acak menggunakan tangan sesuai ukuran yang diinginkan.

hilmanseptiawan.wordpress.com
hilmanseptiawan.wordpress.com

Tepung terigu kualitas bagus 600 gram. 500 gram untuk membuat pelapis dan yang 100 gram untuk membuat bahan celupan. Baking powder 1/2 sendok teh untuk pelapisnya dan 1 sendok teh untuk bahan celupannya.

minyakgorengsunco.com
minyakgorengsunco.com

2 siung bawang putih, haluskan untuk bahan celupan. Merica halus untuk bahan pelapis dan sedikit untuk bahan celupannya. Tepung maizena sebanyak 50 gram untuk dicampur dengan bahan pelapis.

Kaldu ayam instan yang berbentuk bubuk setengah sendok teh untuk bahan pelapis agar rasa jamurnya bisa lebih gurih dan enak. Garam dapur beryodium dan air bersih secukupnya untuk bahan celupan.

2Cara Membuat Jamur Crispy

pakecin-cuy.blogspot.com

Langkah awal adalah membuat bahan celupannya. Masukkan 100 gram tepung terigu, baking powder, bawang putih yang sudah dihaluskan, garam dapur, dan merica bubuk. Campur bahan sampai rata.

Tambahkan air secukupnya saja, kira kira 250 ml. Campur dan aduk bahan sampai benar benar rata dan halus serta tidak ada gumpalan gumpalan tepung terigu. Cicipi rasanya dan tambahkan bahan lain bila ada yang terasa kurang.

Untuk selanjutnya membuat bahan pelapisnya. Campurkan 500 gram tepung terigu, tepung maizena, merica, kaldu ayam, garam, dan baking powder. Aduk dan campur semua bahan sampai benar benar rata.

Sekarang proses pembuatan jamur crispynya. Celupkan jamur yang sudah dicuci ke dalam adonan celupan. Kemudian angkat jamur dan masukkan jamur ke bahan pelapis. Gulingkan jamur sampai semua bagian tertutup rata.

maangchi.com
maangchi.com

Siapkan wajan dengan minyak goreng yang agak banyak. Nyalakan api dan tunggu sampai panas. Masukkan jamur ke dalam wajan berisi minyak yang panas. Goreng jamur dengan api sedang saja agar tidak gosong.

resepkuekering.info
resepkuekering.info

Setelah matang angkat dan tiriskan. Jamur siap disantap langsung atau bisa ditambahkan saus lain agar rasanya lebih mantap.

3Kandungan Gizi Jamur Tiram

sehatsimpel18.blogspot.com

Jamur crispy memang sangat enak dan gurih. Tapi apakah kamu tahu ternyata jajanan dari jamur tidak hanya sedap untuk dimakan tapi juga memiliki kandungan gizi yang cukup baik untuk tubuh.

Komposisi kimia yang terkandung dalam jamur tergantung jenis dan tempat tumbuhnya. Jamur yang biasa digunakan sebagai jamur crispy adalah jamur tiram. Mari kita simak seberapa bergizi jamur tiram ini.

Dari hasil penelitian rata rata jamur tiram mengandung 19-35% protein sedangkan dengan beras (7,38%) dan gandum ( 13,2%). Di dalamnya juga terkandung sembilan jenis asam amino esensial.

Ada juga juga vitamin B1 dan B2 serta mineral seperti K, P, Ca, Na, Mg, dan Cu. Kandungan serat 7,4-24,6% dan kalori yang rendah sangat bagus untuk pencernaan serta khususnya orang diet.

SHARE