Siapa tak kenal kacang telur? Makanan ringan yang berasal dari kacang tanah yang diselimuti dengan adonan dari tepung terigu, telur, dan bahan-bahan lainnya.

Kacang telur sangat akrab menghuni toples ruang tamu sebagai hidangan apabila ada tamu mampir ke rumah. Terlebih lagi saat momen lebaran. Banyak rumah tetangga yang menghidangkannya bersama nastar, wafer, permen, dan lain-lain.

id.wikipedia.org
id.wikipedia.org

Kamu dapat membelinya dengan mudah di toko roti atau toko snack. Namun, agar lebih berkesan buatlah kacang telur sendiri dengan penuh cinta. Cara memasak kacang telur tidaklah sulit.

Bahan-bahan dan alat-alat yang digunakan dapat dengan mudah dijumpai di dapur. Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar kacang telur renyah dan enak.

Di antaranya pencampuran bahan-bahan dan waktu penggorengan yang pas. Apabila terlalu singkat maka kacang telur belum matang. Namun jika terlalu lama maka kacang telur akan gosong dan tidak enak.

Berikut ini cara membuat kacang telur gurih dan renyah.

1Sediakan Bahan-Bahan

www.indo5.net

Beberapa bahan yang perlu disiapkan di antaranya 600 gram kacang, 500 gram tepung terigu, 150 gram gula pasir, ½ sendok makan garam, 2 butir telur, bawang putih 6 siung, dan 4 sendok makan margarin.

Jangan lupa siapkan juga minyak goreng yang cukup banyak untuk menggoreng kacang telur.

2Buatlah Adonan

www.youtube.com

Siapkan sebuah wadah cukup besar untuk mencampurkan telur, gula pasir, margarin yang telah dilelehkan, bawang putih yang telah dihaluskan, dan garam. Aduk bahan-bahan tersebut sampai tercampur merata.

Proses pencampuran ini juga penting untuk menghasilkan kacang telur yang gurih. Campurkan sampai tidak ada lagi butiran-butiran gula pasir yang belum tercampur.

Kemudian masukan beberapa sendok adonan dengan kacang tanah yang telah dikupas. Kacang tanah selanjutnya digulingkan pada wadah lebar berisi tepung terigu.

Untuk mendapatkan kacang telur dengan selimut yang tebal, ulangilah proses ini beberapa kali. Memang sedikit merepotkan dan memerlukan kesabaran. Namun, kacang telur yang enak adalah yang terselimuti dengan sempurna.

3Gorenglah Kacang Telur

www.tipsinitu.com

Setelah mendapatkan kacang telur dengan ketebalan yang diinginkan, siapkan minyak goreng ke dalam penggorengan. Masukan kacang telur ke dalam minyak panas dengan api yang sedang saja.

Aduk selama beberapa kali. Tanda kacang telur telah matang adalah warna kacang telur berubah menjadi kecoklatan. Setelah kacang telur matang, angkat dan tiriskan.

Siapkan tempat yang lebar seperti loyang untuk menampung kacang telur yang telah di goreng. Alasi loyang tersebut dengan tisu atau kertas coklat untuk menyerap minyak.

Hindari menggunakan kertas koran sebagai alas seperti ibu-ibu pada umumnya. Tinta koran mengandung timbal yang tidak baik untuk kesehatan jika dikonsumsi dalam jangka waktu lama.

Jangan menyimpan kacang telur ke dalam toples jika belum dingin. Akan lebih baik jika kamu membiarkannya dalam beberapa waktu diatas loyang penampungan yang lebar agar cepat dingin.

Hal ini dikarenakan kacang telur yang masih panas masih terjadi penguapan. Apabila kamu simpan dalam toples kedap udara, maka kacang telur tersebut menjadi tidak renyah atau dalam bahasa Jawa melempem.

www.tokomesin.com
www.tokomesin.com

Setelah dingin, masukan ke dalam toples yang kedap udara. Kacang telur dapat tahan selama beberapa pekan. Agar lebih awet, simpan toples tersebut di dalam kulkas.

Kulkas memiliki kelembaban udara yang rendah sehingga dapat mempertahankan kerenyahan kacang telur dalam waktu yang lebih lama.

www.tokopedia.com
www.tokopedia.com

Kamu juga dapat menghidangkan kacang telur saat acara rapat PKK atau pengajian rutin dengan membungkus pada plastik klip.

SHARE