Jajanan pasar khas Indonesia memang beragam macamnya, ya, klepon adalah salah satunya. Jajanan pasar yang berbentuk bulat-bulat hijau bertabur parutan kelapa, lembut, dan tersembunyi gula jawa yang meleleh di mulut ini pasti begitu nagih bukan?

Taburan kelapa di sekeliling bola klepon dimaksudkan untuk menambah gurihnya klepon ini. Nah, sedangkan pewarnaan hijau pada klepon agar sajiannya terlihat menarik.

Umumnya jajanan pasar yang  termasuk dalam jejeran kue basah ini berbahan dasar tepung ketan. Tapi untuk memberi variasi bahan baku, kadang ada juga yang membuat klepon dengan ubi.

Nah Guys di sini kita akan membahas resep membuat klepon yang berbahan dasar tepung ketan. Karena menurut saya, bahan baku tepung ketan lebih mudah didapatkan daripada ubi. Disimak yuk Guys!

1Bahan-Bahan

darsatop.lecture.ub.ac.id

Mudah sekali Guys untuk mempersiapkan bahan baku dari klepon ini. Karena semua bahannya dapat kita dapatkan baik dari pasar maupun supermarket.

Apa saja yang perlu kita siapkan? Yup, yang pasti yang paling pokok adalah tepung ketan putih, siapkan 450 gram.

Bahan lain yang perlu disiapkan juga ada 50 gram tepung beras, ½ sendok teh garam halus, gula merah secukupnya, kelapa parut secukupnya (pilih kelapa yang tidak terlalu tua)

properti.kompas.com
properti.kompas.com

Daun suji atau pewarna hijau sintetik lainnya (biasanya pasta pandan), daun pandan, dan air. Seberapa takaran setiap bahannya

2Alat

cakepkeren.blogspot.com

Selanjutnya, untuk membuat klepon, alat-alat yang perlu kita siapkan adalah baskom untuk membuat adonan klepon, panci untuk merebus bola – bola klepon

Alat pemarut kelapa, wadah tempat parutan kelapa, dan blender untuk menghaluskan daun suji (jika ada bahan daun suji untuk pewarnaan).

3Cara Membuatnya

youtube.com

Yuhuu, ini dia Guys cara membuat klepon yang lezatnya bukan main ini! Pertama, kita campur tepung ketan dan tepung beras yang telah kita siiapkan di dalam baskom.

Setelah itu, jika ada daun suji, maka kita blender daun suji tersebut kemudian ambil air sarinya dan masukkan ke campuran tepung ketan dan beras tadi Guys.

Kemudian tuang air sedikit demi sedikit, jangan lupa sambil diuleni Guys, jangan didiamkan saja hehe. Sambil diperhatikan ya Guys, agar adonan pas, tidak terlalu lembek, tapi juga tidak terlalu keras. Kemudian sisir gula merah.

youtube.com
youtube.com

Selanjutnya buat bulatan-bulatan adonan yang sudah diuleni tadi, dan isi dengan gula merah yang telah disisir sebelumnya. Rebus adonan adonan yang sudah dibentuk dan diisi ke dalam air mendidih sampai benar-benar matang.

Biasanya, jika komposisi adonan pas, saat matang bulatan-bulatan klepon akan muncul mengapung di permukaan. Sambil menunggu matangnya bulatan klepon, parutan kelapa bisa mulai disiapkan, tambahkan sedikit garam dalam parutan kelapa.

Jika sudah matang, tiriskan bulatan klepon dan guling-gulingkan dalam parutan kelapa.

Ya, sesederhana itu Guys cara membuatnya? Sudah kebayang bukan bagaimana rasa gurihnya kelapa, lembutnya bola klepon dan gula merah yang meleleh di mulut? Tertarik mencoba? Semoga berhasil!