resepcaramasak.info

Cara Membuat Kue Cucur yang Legit dan Enak

Posted on

Ragam kuliner Indonesia sangat melimpah. Dari makanan berat, makanan ringan, sampai aneka jenis kue. Salah satu kekayaan kuliner nusantara adalah kue cucur. Kue ini sampai sekarang cukup banyak penggemarnya meski pamornya meredup.

Kue cucur diakui sebagai warisan budaya Betawi walaupun pada kanyataannya kue ini mudah dijumpai hampir di seluruh wilayah Indonesia.

Biasanya saat ada agenda adat seperti pernikahan dalam budaya Betawi, kue cucur disajikan. Namun, saat ini semakin banyak yang meninggalkan panganan tradisional ini bahkan saat acara adat.

www.rumahnawa.wordpress.com
www.rumahnawa.wordpress.com

Sebagai generasi yang pernah dibesarkan dengan pangan-pangan tradisional, tentu saja kita tidak rela jika makanan-makanan tersebut tergerus oleh zaman.

Gempuran produk pangan luar negeri tak semestinya mematikan kuliner tradisional. Oleh karena itu bunda harus ikut berperan kembali mengangkat pamor kue cucur, minimal kepada anak-anak kita.

Jika memiliki waktu yang lebih, bunda juga dapat membuatnya dalam jumlah yang cukup banyak untuk disajikan di acara pengajian atau arisan PKK.

Cara membuat kue cucur tidaklah sulit. Alat dan bahan-bahan yang digunakan dapat dengan mudah dijumpai. Berikut ini cara membuat kue cucur yang legit dan enak.

Sediakan Bahan-Bahan

www.youtube.com
www.youtube.com

Bahan-bahan untuk membuat kue cucur terdiri dari bahan larutan gula dan bahan untuk membuat kue cucur.

Adapun bahan larutan gula diantaranya gula pasir 75 gram, air bersih 500 ml, gula merah yang telah disisir halus 200 gram, serta daun pandan yang telah diiris-iris 2 lembar.

Sedangkan bahan untuk membuat kue cucur diantaranya tepung beras 50 gram, tepung terigu 3 sendok makan, garam, dan jangan lupa minyak goreng untuk menggoreng kue cucur.

Buatlah Larutan Gula

www.youtube.com
www.youtube.com

Hal pertama yang dilakukan adalah membuat larutan gula. Larutkan semua bahan-bahan larutan gula. Kemudian masaklah di atas api sedang sampai mendidih dan meletup-letup. Angkat larutan gula dan saring untuk memisahkan kotoran.

Buatlah Adonan

www.youtube.com
www.youtube.com

Setelah larutan gula sudah mulai dingin, buatlah adonan kue cucur. Campurkan tepung terigu, tepung beras, garam, dan sebagian larutan gula. Jangan lupa mencuci tangan dengan sabun sebelum membuat adonan kue cucur.

Aduk semua adonan sampai tercampur merata dan adonan kalis. Tambahkan sisa larutan gula pada adonan. Kemudian uleni sambil terus dipukul-pukul selama kurang lebih 30 menit.

Akan lebih baik jika adonan didiamkan terlebih dahulu selama kurang lebih 45 menit sebelum di goreng.

Gorenglah Kue Cucur

www.boombastis.com
www.boombastis.com

Siapkan penggorengan yang sudah ditambahkan minyak goreng diatas api kecil. Selanjutnya ambil adonan kue cucur menggunakan sendok sayur yang berfungsi sebagai cetakan kue cucur.

Masukan sendok sayur ke dalam minyak panas kemudian lepaskan. Tunggu sampai kue cucur membentuk seperti serat-serat.

Masukan lidi bersih ke tengah-tengah kue cucur kemudian lepaskan. Penusukan dengan lidi ini bertujuan agar adonan kue cucur melumer ke bagian tepi.

Balik kue cucur yang ada di penggorengan sebentar saja. Setelah matang, angkat kue cucur dari penggorengan dan tiriskan.

Saat akan memasukkan adonan pada penggorengan berikutnya, pastikan untuk mengaduk adonan terlebih dahulu. Hal ini dimaksudkan agar semua bahan kue kembali kembali tercampur merata.

www.roomvi.blogspot.com
www.roomvi.blogspot.com

Resep di atas untuk membuat kue cucur berwarna coklat seperti pada umumnya. Jika kamu menginginkan membuat kue cucur berwarna-warni, gunakan pewarna makanan ke dalam adonan kue cucur.

Adapun larutan gula merah pada kue cucur berwarna-warni diganti dengan gula pasir.

Cukup mudah bukan cara membuat kue cucur? Kue cucur akan lebih nikmat jika disajikan bersama teh hangat.

[td_smart_list_end]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *