Kue kering merupakan salah satu jenis panganan yang akan sering kita temui saat hari raya telah tiba. Kue kering merupakan salah satu jenis makanan yang banyak disukai, baik itu oleh anak-anak, remaja, ataupun orangtua.

Nah, kalau sudah mulai masuk bulan Ramadan, maka akan banyak sekali toko-toko kue yang menawarkan panganan ini. Walaupun, di bulan-bulan biasa juga ada yang jual, namun kalau menjelang Ramadan, jumlahnya akan lebih membludak.

Kue kering biasanya dijual dengan harga yang variatif, mulai dari yang harganya murah hingga yang mahal. Tapi ya biasanya kualitas berbanding lurus dengan harga sih.

Walaupun demikian, kamu tetap bisa kok mendapatkan kue kering dengan harga miring dan dengan kualitas yang oke punya. Tapi bagaimana caranya? Caranya ya kamu buat sendiri kue keringnya. Gimana? Berani coba buat sendiri?

Nah, untuk membantu kamu membuat kue kering, maka ini ada sedikit panduan untuk kamu. Kita simak sama-sama yuk!

1Nastar

dapuresep.com

Membuat kue nastar cukuplah mudah, kita hanya membutuhkan tepung terigu, telur, dan mentega sebagai bahan utamanya.

Setelah bahan-bahan ini kita campur, maka yang perlu kita lakukan selanjutnya adalah membentuk adonan menjadi bulatan-bulatan kecil berdiameter sekitar 2 cm.

Namun, kita pun tidak boleh lupa memasukkan selai ke dalam bulatan yang kita buat. Karena inilah yang membedakan nastar dengan kue kering yang lain.

Biasanya selai yang digunakan adalah selai nanas, namun seiring waktu, banyak yang memodifikasi dengan selai strawberi ataupun blueberi.

Setelah adonannya dibentuk, maka kita masuk ke tahapan pemanggangan. Proses pemanggangan didahului dengan mengoleskan kuning telur di atas adonan kue yang sudah dibentuk.

TujuanĀ diolesi kuning telurĀ agar kue nya jadi mengkilat setelah matang. Serta tidak lupa diberi biji cengkeh di tengah kuenya.

2Chocolate Cornflakes

cratfields.wordpress.com

Makanan yang banyak disukai anak-anak ini sangat mudah dalam proses pembuatannya. Apalagi ditambah Chocolate Cornflakes ini tidak perlu dipanggang untuk proses pembuatannya.

Jadi, bagi kamu yang nggak punya panggangan serta mixer tetap bisa membuat kue kering ini.

Bahan dan cara membuatnya bagaimana? Kamu hanya perlu menyiapkan cornflakes dan coklat batang saja lho.

Cara buatnya juga mudah. Kamu tinggal ngelelehin coklatnya kemudian cornflakes-nya kita masukkan deh. Lalu tinggal kamu masukkan pakai sendok ke cup kertas.

3Kastengel

nadyacooking.com

Kastengel atau kue kering rasa keju sangat digemari oleh banyak orang. Bahan membuatnya hampir sama dengan nastar, namun yang membedakan adalah penambahan keju serta takaran bahannya saja yang berbeda.

Pada umumnya bentuk kastengel seperti gambar di atas, bentuknya balok kecil.

Walaupun demikian, tidak menutup kemungkinan kalau kita juga membuatnya dengan bentuk beraneka rupa. Jangan lupa juga memberikan taburan keju di atasnya, supaya lebih menggoda dan rasa kejunya lebih terasa.

4Lidah Kucing

queenlayercakes82.wordpress.com

Mungkin kue ini dinamakan lidah kucing, karena bentuknya yang mirip lidahnya kucing. Kue ini rasanya gurih dan renyah, karena terbuat dari campuran tepung, gula halus, putih telur, dan butter.

5Putri Salju

infokulkiner.com

Dilihat dari penampakannya putri salju ini rasanya pasti manis, karena taburan gula halus yang menutupi kue kering ini.

Tapi, kue keringnya sendiri sebenarnya tidak terlalu manis. Bahannya hampir serupa dengan bahan membuat nastar, namun yang berbeda karena ada penambahan kacang halus dalam adonan.

6Sagu Keju

dapurkenanga.com

Kue kering ini agak berbeda dari kue kering sebelumnya. Yang membuat beda adalah bahannya yang menggunakan sagu. Hal ini membuat kue sagu ini memiliki tekstur rapuh dibandingkan kue yang lain. Tapi kalau soal rasa tak kalah lezatnya.

7Macaroon

foodimentary.com

Nah, kalau yang terakhir ini adalah kue kering yang kekinian. Harganya cukup mahal lho. Kenapa bisa mahal ya? Karena salah satu bahannya menggunakan almond powder. Almond-nya sendiri kan harganya mahal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here