Lumpia adalah makanan ringan yang berasal dari Tionghoa. Makanan dengan aneka isi ini kemudian dikenal sebagai makanan khas Semarang mengikuti selera masyarakat Indonesia.

Lumpia adalah makanan dari kulit tipis berbahan dasar tepung terigu yang diisi dengan daging ayam, ikan, udang, sayuran, potongan telur rebus, bihun, dan lain-lain.

Rasa kulit lumpia yang gurih sangat pas dipadukan dengan rasa gurih dan kadang manis dari isi lumpia. Selain itu cara memasak lumpia ada yang digoreng atau disebut lumpia kering, ada juga yang dikukus atau disebut lumpia basah.

www.carapedia.com
www.carapedia.com

Apabila ingin praktis, kamu dapat membeli kulit lumpia di swalayan atau mall. Namun sebenarnya kamu dapat membuat kulit lumpia sendiri dengan mudah.

Selain lebih murah, kamu juga dapat menyesuaikan komposisi, ukuran, dan tebal kulit lumpia sesuai selera.

Selain itu kebersihan dan kualitas bahan yang digunakan untuk membuat kulit lumpia dapat dijaga. Kulit lumpia yang baik adalah mulus, memiliki tekstur renyah, dan tidak mudah robek saat dimasak.

Berikut ini cara membuat kulit lumpia mudah namun tidak mudah robek.

1Siapkan Bahan-Bahan

www.dearbarbie23.wordpress.com

Bahan-bahan yang perlu disiapkan diantaranya 200 gram tepung terigu, 1 sendok teh garam, 200 ml air, dan 150 ml putih telur.

2Campurkan Adonan

www.youtube.com

Hal pertama yang dilakukan untuk membuat kulit lumpia adalah mencampurkan tepung terigu dengan garam. Jika kamu tidak terlalu menyukai rasa asin, maka kurangi takaran garam tersebut.

Aduklah kedua bahan tersebut sampai merata. Kemudian tambahkan 150 ml putih telur. Sambil diuleni menggunakan tangan, campurkan air sedikit demi sedikit. Jangan lupa mencuci tangan dahulu sebelum menguleni adonan kulit lumpia.

Setelah semua air telah tercampur, tetap uleni adonan selama kurang lebih 15 menit. Keberhasilan membuat kulit lumpia terdapat pada proses ini. Bersabarlah untuk mendapatkan hasil kulit lumpia yang maksimal.

Setelah yakin semua bahan dalam adonan tercampur merata, diamkan adonan kurang lebih 15 menit.

3Goreng dengan Teflon

www.cobacoba-isna.blogspot.com

Siapkan teflon untuk menggoreng kulit lumpia. Tuangkan 2 sendok makan minyak goreng ke dalam teflon. Masukan adonan kulit lumpia dengan sendok sayur kemudian ratakan ke seluruh permukaan teflon.

Untuk ketebalan kulit lumpia, sesuaikan dengan seleramu. Diamkan selama beberapa menit sampai bagian pinggir kulit lumpia terkelupas. Angkatlah kulit lumpia kemudian letakkan di atas piring yang telah dialasi daun pisang.

Tambahkan sedikit minyak goreng secara berkala jika kira-kira teflon sudah mulai kering dan kulit lumpia cepat gosong.

Lakukan penggorengan tersebut sampai semua adonan kulit lumpia habis. Untuk menaruh kulit lumpia selanjutnya, batasi dengan potongan daun pisang. Potongan daun pisang ini berfungsi agar kulit lumpia tidak lengket satu sama lain.

4Hati-Hati dalam Penyimpanan

www.keripiksemuarasa.blogspot.com

Apabila kulit lumpia segera digunakan untuk memasak, tutuplah kulit lumpia yang telah dibuat dengan daun pisang. Namun, jika kamu ingin menggunakannya dikemudian hari, masukan pada kantong plastik dengan rapat.

www.samions.blogspot.com
www.samions.blogspot.com

Simpan bungkusan kulit lumpia tersebut ke dalam kulkas. Kulkas memiliki suhu yang rendah, sehingga dapat menjaga kulit lumpia bereaksi dengan mikroorganisme pembusuk. Hal ini yang dapat menjaga kulit lumpia tetap awet.

Saat akan memasaknya, isilah dengan isi sesuai keinginan. Kemudian rekatkan dengan putih telur yang sebelumnya telah ditambahkan air.

Diamkan lumpia selama kurang lebih 15 menit agar dapat merekat sempurna. Saat menggoreng lumpia, sebaiknya jangan terlalu sering dibolak-balik agar kulit lumpia tidak mudah robek.

SHARE