Siapa tak kenal risoles? Jajanan yang gurih dengan berbagai macam isi ini akrab dengan semua kalangan. Harga yang dibanderol bervariasi tergantung dari ukuran dan isi risoles menyesuaikan segmentasi pembelinya.

Ada yang dijual di pasar dengan harga 1.500. Namun di restoran satu potong risoles bisa dihargai 15.000. Selain kualitas bahan-bahan dan isi risoles, perbedaan harga yang sangat jauh ini juga dipengaruhi oleh tempat penjualannya.

Beberapa bahan makanan yang sering dijadikan isi risoles diantaranya daging ayam, daging sapi, sayuran, udang, dan lain-lain. Risoles yang saat ini sedang trend adalah risoles isi mayonaise atau sering disebut sebagai risol mayo.

www.youtube.com
www.youtube.com

Adapun beberapa jenis sayuran yang sering digunakan sebagai isi risoles di antaranya buncis, wortel, kentang, dan lain-lain.

Sebenarnya risoles adalah makanan peninggalan zaman penjajahan Belanda. Orang-orang bangsa Belanda menyebut risoles dengan rissole. Makanan ini termasuk ke dalam jenis kue yang cukup favorit.

Rasanya yang enak dan gurih membuat banyak orang menyukainya. Orang-orang Eropa diperkirakan mengenal risoles sejak abad ke-13. Sangat jauh dibandingkan dengan masa penjajahan Belanda di Indonesia.

Bagian yang menentukan rasa risol selain isinya adalah kulit risoles. Kulit risoles yang enak dan tidak mudah sobek, akan membuat risoles lezat meskipun menggunakan bahan-bahan isi yang sederhana.

www.ratukuliner.com
www.ratukuliner.com

Sepintas kulit risoles ini sama dengan kulit lumpia. Namun sebenarnya keduanya berasal dari bahan-bahan yang berbeda. Selain itu kulit lumpia memiliki tekstur renyah setelah di goreng. Sedangkan kulit risoles bertekstur lembut saat di makan.

Di hari libur tak ada salahnya bunda menyisihkan waktunya untuk membuat risoles. Agar lebih hemat sekaligus higienis buatlah sendiri kulit risoles. Meskipun di beberapa supermaket juga menjual kulit risoles langsung pakai.

Berikut ini cara membuat kulit risoles yang lezat dan tidak mudah sobek.

1Sediakan Bahan-Bahan

www.iis-resep.blogspot.com

Bahan-bahan untuk membuat kulit risoles diantaranya tepung terigu 500 gram, telur ayam 5 butir, air susu 1 liter, garam 1 sendok makan, dan minyak goreng kurang lebih 8 sendok makan minyak goreng.

Jangan lupa untuk menyiapkan sedikit minyak goreng tambahan yang digunakan untuk menggoreng kulit risoles.

2Buatlah Adonan Kulit Risoles

wwwmamanmimin.wordpress.com

Siapkan wadah cukup besar untuk membuat adonan. Pecahkan 5 butir telur ayam. Tambahkan garam untuk kemudian diaduk menggunakan mixer sampai semua bahan tercampur rata.

Selanjutnya tambahkan susu cair dengan perlahan-lahan sambil mengaduk semua adonan. Setelah tercampur rata, tambahkan tepung terigu yang telah disiapkan. Aduk semua bahan sampai benar-benar tercampur.

Terakhir masukan minyak goreng agar adonan menjadi licin dan mudah dibentuk saat penggorengan kulit risoles. Aduk kembali semua bahan-bahan dalam adonan.

3Gorenglah Kulit Risoles

www.iis-resep.blogspot.com

Proses selanjutnya adalah penggorengan adonan kulit risoles. Siapkan teflon yang telah diolesi dengan minyak goreng kurang lebih 1 sendok makan. Pastikan minyak goreng merata pada semua permukaan teflon.

Tuangkan adonan ke atas permukaan teflon dengan tipis-tipis. Kemudian dimasak dengan api kecil selama beberapa saat, angkat kulit risoles ini dari penggorengan. Tampung diatas piring yang lebar.

Jangan lupa untuk mengaduk adonan saat akan menggoreng kulit risoles selanjutnya.

www.pawonsgallery.wordpress.com
www.pawonsgallery.wordpress.com

Berikan penyela antara satu kulit risoles dengan kulit risoles yang lain menggunakan potongan daun pisang agar lebih mudah saat dipisahkan.

Kamu juga dapat menyimpan kulit risoles selama beberapa waktu sebelum dimasak. Simpan kulit risoles tersebut ke dalam wadah seperti toples yang kedap udara. Kemudian masukan toples tersebut ke dalam lemari es agar lebih awet.

SHARE