Dunia fotografi adalah dunia yang sangat menarik, karena dengan foto kita bisa menarik perhatian banyak orang. Baik itu untuk berdonasi, untuk membeli sebuah produk dan untuk kepentingan lainnya.

Namun ternyata, di balik foto-foto indah yang beredar di media cetak maupun media online, ada teknik pemotretan yang digunakan. Jadi nggak asal jepret saja ya. Mulai dari pengaturan cahaya hingga pengaturan lainnya.

Nah, salah satu teknik fotografi yang cukup unik juga, pernah dirancang oleh Laya Gerlock. Nama teknik fotografi ini adalah El Bokeh Wall. Inti dari teknik ini adalah bagaimana caranya membentuk blur yang bernilai estetik, untuk dijadikan background foto.

boredpanda.com
boredpanda.com

Blur seperti gambar di atas inilah yang disebut El Bokeh Wall. Kira-kira untuk membuat teknik yang seperti ini caranya bagaimana ya? Kalau kamu penasaran, kita lihat penjelasannya berikut ini yuk!

1Bahan yang Dibutuhkan

boredpanda.com

Nah, ini dia bahan yang dibutuhkan untuk membuat latar pemotretan yang menawan. Bahannya nggak rumit kok, kita hanya membutuhkan beberapa alat saja. Kira-kira, apa saja ya bahan-bahannya.

Bahan dan alat yang kita butuhkan meliputi kamera dengan fokus lensa yang bisa diperlebar, pengatur cahaya, wireless trigger, aneka gel atau plastik mika warna-warni, aluminium foil, gunting, serta selotip.

2Cara Membuat

boredpanda.com

Cara untuk melakukan teknik ini cukup mudah, yang perlu kita lakukan pertama adalah menyiapkan aluminium foil yang masih berbentuk lembaran. Kita hanya perlu meremasnya, hingga lembaran aluminium foil tersebut kusut.

Lembaran aluminium yang kusut inilah yang akan membuat efek gemerlapan pada latar pemotretan kita nantinya, sehingga kita akan mendapatkan foto dengan background yang menawan.

boredpanda.com
boredpanda.com

Setelah itu, langkah selanjutnya yang perlu kita lakukan adalah menempelkan lembaran aluminium foil yang sudah kita remas-remas tadi. Di mana kita menempelkannya? Kita tempel di bagian depan objek yang akan kita foto.

Saat menempel, kita pun perlu memberi jarak antara objek foto dengan background-nya jangan terlalu dekat dan jangan terlalu jauh juga, ya kira-kira di tengah-tengahnya lah. Untuk menempelkannya, kita bisa gunakan selotip.

boredpanda.com
boredpanda.com

Kamu masih ingat kan kalau kita di awal perlu menyiapkan gel atau plastik mika warna-warni? Nah, benda ini akan kita gunakan untuk menutup pengatur cahayanya. Jika kita menginginkan warna tertentu, kita bisa tempel dengan warna yang kita inginkan.

boredpanda.com
boredpanda.com

Cahaya utama yang digunakan dalam teknik pemotretan ini terletak pada pengatur cahayanya. Namun jika kita ingin mendapatkan efek cahaya yang menyebar, maka kita bisa meletakkan acrylic di bagian depannya.

Bagaimana, mudah kan teknik El Bokeh Wall ini. Dengan cara ini, dijamin objek foto yang biasa menjadi luar biasa, karena permainan cahaya serta pantulan cahaya yang mengenai dinding aluminium foilnya.

3Contoh Hasilnya Seperti Ini

boredpanda.com

Ini adalah salah satu contoh foto yang dihasilkan dengan teknik El Bokeh Wall. Terbukti kan bahwa latar pemotretannya bisa kita sesuaikan warnanya seperti keinginan kita. Ya menggunakan gel atau plastik mika warna-warni tadi.

Coba deh kalau robot-robot tokoh animasi itu difoto alakadarnya, pasti hasilnya tidak semenawan gambar di atas. Selain itu, dengan latar yang sedemikian, jadi nunjukin bahwa tokoh animasi ini sedang berada di medan laga.

Wah, menarik sekali ya pelajaran tentang teknik fotografi yang satu ini. Tentunya ini hanyalah satu dari ratusan teknik lain yang digunakan oleh para fotografer profesional di dunia ini.