Martabak manis adalah kue yang berbentuk bulat dan memiliki rasa manis legit. Biasanya martabak manis ditelungkupkan sehingga berbentuk setengah lingkaran.

Tekstur dari martabak manis sangat lembut di mulut sehingga banyak disukai anak-anak.  Ada juga martabak manis berukuran mini sehingga dapat dimakan sekali suap.

www.diahdidi.com
www.diahdidi.com

Martabak manis di beberapa tempat disebut juga terang bulan. Martabak manis biasa dijual dipinggir jalan di malam hari bersama martabak telur.

Cara membuat martabak manis tidak begitu sulit. Buat kamu yang amatiran jangan takut untuk mencoba membuat martabak manis. Cara pemasakannya tidak perlu menggunakan oven dan hanya menggunakan teflon sehingga tidak terlalu repot.

Bahan-bahan yang digunakan 500 gram tepung terigu, 20 gram susu bubuk, 2 butir telur ayam, 20 gram mentega, 120 gram gula pasir, 650 ml air.

Bahan tambahan yang biasa digunakan membuat kue diantaranya 1 sendok teh ragi instan, 1/2 sendok teh soda kue, 1/2 sendok teh baking powder, 1/4 sendok teh garam.

Adapun untuk toping biasanya digunakan meses coklat, susu kental manis, kacang, pisang, berbagai macam selai buah, dan parutan keju. Adapun toping ini bisa disesuaikan selera dan kreativitas.

Berikut cara membuat martabak manis yang membuatmu ketagihan.

1Campurkan Bahan-bahan Kering

www.anissarizki.blogspot.com

Seperti cara membuat kue yang lain, bahan yang pertama kali dicampurkan adalah bahan-bahan kering. Bahan-bahan kering ini diantaranya tepung terigu, baking powder, gula pasir, garam, ragi instan, dan susu bubuk.

Susu bubuk yang digunakan sebaiknya susu bubuk full cream sehingga rasa lebih lezat.

2Masukan Telur

www.dearbarbie23.wordpress.com

Pecahkan dua butir telur kemudian masukan ke dalam campuran adonan. Campurkan bahan tersebut menggunakan bantuan mixer hingga benar-benar tercampur.

3Tambahkan Air Sedikit Demi Sedikit

www.anissarizki.blogspot.com

Tahap selanjutnya adalah penambahan air matang sedikit demi sedikit. Adapun air yang digunakan sebaiknya air matang.

Hal ini karena proses pemasakan martabak manis cukup singkat sehingga jika air mentah dikhawatirkan mikroorganisme tidak mati selama pemasakan.

4Panaskan Teflon

www.dearbarbie23.wordpress.com

Alat pemasakan martabak manis biasanya adalah teflon. Jika ingin membuat martabak mini gunakan penggorengan berbentuk bulatan kecil-kecil seperti cetakan apem.

Oleskan sedikit mentega pada penggorengan. Jika kamu menggunakan kuas untuk mengolekan mentega, hindari kuas yang bertuliskan ‘bristle’.

Bristle menunjukan kuas tersebut dibuat dari bulu babi sehingga dapat menyebabkan martabak manis buatanmu menjadi haram dikonsumsi.

Setelah pada bagian atas martabak manis terbentuk seperti gelembung-gelembung, angkat dan pindahkan ke piring saji.

Jika kamu akan memasak adonan lagi, jangan lupa untuk mengaduk adonan sebelum dimasukan ke dalam penggorengan.

Jika kamu memasak menggunakan teflon, maka tak perlu selalu mengolesi mentega. Kamu dapat mengolesi mentega pada teflon setelah beberapa kali proses penggorengan.

Namun berbeda halnya dengan penggorengan yang lain. Kamu harus sering mengolesi dengan mentega agar tidak lengket.

5Berikan Toping Sesuai Selera

www.edu4bali.wordpress.com

Perbedaan rasa dan harga saat membeli martabak salah satu yang menyebabkan adalah toping yang digunakan.

Namun, karena kamu membuatnya sendiri dan disajikan untuk keluarga maka tak ada salahnya untuk membuat toping martabak manis yang spesial.

Martabak manis yang telah matang terlebih dahulu diolesi mentega. Kemudian taburkan meses coklat, kacang yang telah ditumbuk serta keju parut.

Makanan ini cocok untuk menemani teh hangat yang dinikmati di sore hari saat hujan bersama keluarga tercinta. Tekstur dari kacang sebagai toping martabak manis memberikan sensasi tersendiri. Terlebih lagi jika disajikan masih hangat.

SHARE