jajanpinggiran.blogspot.com

Cara Membuat Martabak Unyil Manis Aneka Rasa

Posted on

Martabak sudah jadi makanan sejuta umat. Penikmatnya tidak hanya anak-anak saja, tetapi juga disukai orang dewasa nyaris di segala usia.

Pada umumnya, martabak berukuran besar. Tapi saat ini juga ada martabak ukuran kecil atau unyil yang biasa dijual pedagang.

Martabak unyil ini sebenarnya adalah martabak manis biasa seperti umumnya, tetapi ukurannya diubah menjadi lebih kecil. Itulah sebabnya dinamakan martabak unyil atau martabak mini.

Tekstur martabak manis halus dan empuk serta memiliki beraneka rasa dan ragam. Selain itu, tambahan atasnya atau topping-nya juga bermacam-macam.

Meski ukurannya mini, rasa martabak unyil tidak akan berbeda dengan martabak besar pada umumnya.

Ada banyak rasa yang bisa ditemukan pada sajian martabak unyil seperti coklat, kacang, keju, pisang, susu, dan lain sebagainya.

Berikut akan disajikan juga cara membuat martabak unyil manis aneka rasa yang bisa kamu buat di rumah.

Bahan dan Perlengkapannya

cookpad.com
cookpad.com

Untuk membuat martabak, kamu perlu bahan untuk membuat adonan kulitnya terlebih dahulu. Yang harus disediakan adalah 250 gr tepung terigu, 1/2 sendok teh garam halus dan 1/2 sendok teh baking powder.

Selain itu, kamu juga butuh 1 sendok makan ragi instan, 200 gr susu bubuk, 2 butir telur ayam 100 gr gula pasir halus, dan jangan lupa 500 ml air.

Agar martabak unyil makin mantap, kamu juga bisa membuat beberapa tambahan atau topping. Bahan utama yang diperlukan adalah mentega.

Untuk variasi rasa, kamu bisa mempersiapkan coklat meses, keju cheddar parut, dan susu kental manis. Kamu juga bisa membuat variasi dengan nutella, kacang, oreo, pisang, dan sebagainya.

Cara Membuat Martabak Unyil

03 aduk bahan

Untuk membuat martabak unyil, kamu harus mempersiapkan dahulu semua bahan dan peralatannya. Untuk satu resep martabak unyil bisa dibuat dalam waktu kurang lebih dua jam saja.

Pertama, kamu perlu menyiapkan wadah untuk membuat adonan martabak. Agar mudah, kamu sebaiknya menggunakan wadah berupa baskom plastik ukuran sedang.

Setelahnya, masukkan tepung terigu, gula pasir, garam, ragi instan, dan susu bubuk ke dalam wadah tadi. Kemudian aduk sampai tercampur rata menggunakan sendok aduk.

caramembuat123.blogspot.com
caramembuat123.blogspot.com

Tahap selanjutnya adalah masukkan dua butir telur yang telah dipersiapkan tadi. Ada baiknya kamu memecah telur di tempat lain dan terlebih dahulu diaduk sebelum dicampurkan.

Bahan-bahan ini kemudian dicampur lagi menggunakan mixer selama kurang lebih 10 menit, hingga benar-benar merata. Jangan lupa masukkan air sedikit demi sedikit setelahnya sambil diaduk.

Setelah adonan siap, sisihkan.

Sekarang kamu perlu memanaskan alat cetakan kulit martabak. Karena martabak yang akan dibuat adalah martabak unyil, maka cetakan yang kamu perlukan juga kecil-kecil.

resepmartabakmini.blogspot.com
resepmartabakmini.blogspot.com

Setelah cetakan panas, tuangkan adonan tadi sedikit demi sedikit ke dalam cetakan secara merata. Biarkan sebentar hingga benar-benar matang lalu diangkat.

Ulangi proses pembuatan kulit untuk sisa adonan yang lain hingga seluruh adonan habis.

zonasedap.blogspot.com
zonasedap.blogspot.com

Sekarang kamu tinggal memberikan topping di atasnya. Sebelum diberi topping, martabak sebiaknya diolesi terlebih dahulu dengan mentega.

Setelahnya, kamu tinggal menaburinya dengan beragam jenis topping yang sudah kamu persiapkan tadi. Baik ditambah coklat meses, keju ataupun susu kental manis.

dapurresepnusantara.blogspot.com
dapurresepnusantara.blogspot.com

Untuk satu martabak mini, tidak hanya satu rasa saja yang bisa dibuat. Kamu bisa membuat dua topping sekaligus untuk satu martabak. Selain tampilannya lebih menarik, rasanya tentu lebih enak.

nomnombali.tumblr.com
nomnombali.tumblr.com

Untuk rasa yang digunakan sebagai bahan topping, kamu dapat menyesuaikannya dengan selera dan keinginan. Sajikan martabak unyil ini sebagai hidangan cemilan dalam keluarga. Selamat mencoba dan selamat berkreasi.

[td_smart_list_end]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *