Siapa tak kenal mie ayam? Makanan sahabat bakso yang biasa dijual di pinggir jalan pada sore sampai malam hari ini disukai hampir semua orang. Dari anak-anak sampai orang dewasa tak pernah bosan jajan mie ayam.

Makanan ini memang nikmat jika dimakan saat hangat dengan ditemani pangsit atau bakso. Semakin lezat jika ditambah saus, sambal, atau kecap.

Tak heran jika meskipun banyak terdapat pedagang mie ayam namun hampir semuanya tetap laris manis. Selain itu harganya yang tidak terlalu mahal mampu dijangkau masyarakat segala kalangan.

Tak hanya di pinggir jalan, di mall dan rumah makan berkelas pun tak sedikit yang menyediakan menu mie ayam.

www.andipramantyo.wordpress.com
www.andipramantyo.wordpress.com

Namun, mie ayam di pinggir jalan terkadang tidak bisa terjamin kebersihannya. Selain lokasi penjualan pinggir jalan yang banyak debu dan asap kendaraan bermotor, pencucian piring, dan gelas biasanya menggunakan air seadanya.

Satu ember air yang sudah tidak terlalu bersih masih digunakan untuk mencuci puluhan piring dan puluhan sendok.

Agar lebih terjaga kebersihan selama pemasakan, bunda dapat membuat mie ayam rumahan dengan higienis. Jangan khawatir cara pembuatan mie ayam yang rumit. Caranya cukup mudah.

www.baksokagetbks.wordpress.com
www.baksokagetbks.wordpress.com

Kamu juga dapat membuatnya untuk acara kumpul keluarga, pengajian, atau rapat PKK. Berikut ini cara membuat mie ayam yang enak dan higienis.

1Sediakan Bahan-Bahan

www.youtube.com

Bahan-bahan yang diperlukan diantaranya ½ Kg mie basah, 350 gram daging ayam, daun sawi secukupnya, 3 batang daun bawang, 150 ml minyak ayam, 150 ml kecap asin, 3 sendok makan kecap manis, penyedap rasa, dan bawang goreng.

Minyak ayam adalah minyak yang berasal dari lemak ayam. Lemak ayam kampung lebih sehat dibandingkan lemak ayam negeri dimana lemaknya berasal dari suntikan bahan kimia.

Jika kamu kesulitan mendapatkan mie basah, kamu juga dapat menggantinya dengan mie kering. Baik mie basah maupun mie kering direbus sampai tekstur lunak namun jangan sampai terlalu lembek.

Adapun untuk daging ayam, cuci kemudian potong kecil-kecil seperti pada mie ayam biasanya.

Selain itu untuk bumbu yang dihaluskan kamu juga perlu menyediakan 5 butir bawang merah, 4 siung bawang putih, 4 buah kemiri, 3 cm jahe, 2 cm kunyit, dan 1 sendok teh ketumbar. Haluskan bumbu-bumbu diatas.

2Buatlah Ayam Kuah

www.justtryandtaste.com

Sediakan penggorengan dengan sedikit minyak goreng. Kemudian tumislah bumbu yang telah dihaluskan sampai tercium aroma harum dan terjadi perubahan warna.

Kemudian masukan potongan ayam yang telah disiapkan. Aduk-aduk hingga merata dan bumbu merasuk ke dalam daging ayam.

Selanjutnya tambahkan air secukupnya sebagai kuah. Biarkan agar air mendidih di dalam penggorengan. Tambahkan kecap asin, kecap manis, dan penyedap rasa. Aduk-aduk semua bahan sampai merata. Setelah matang angkat dan pindahkan pada mangkuk.

3Sajikan untuk Keluarga Tercinta

www.lofoodie.blogspot.com

Siapkan mangkuk untuk menyajikan mie ayam. Masukan minyak ayam ke dalam mangkuk. Kemudian tambahkan mie yang telah direbus. Tambahkan ayam kuah yang telah dibuat.

Selanjutnya tambahkan kuah sesuai selera. Ada juga yang menyajikan mie ayam dengan kuah terpisah. Jika kamu menambahkan sawi, sebaiknya sawi direbus sebentar agar teksturnya lebih lunak.

Bagian paling atas tambahkan pangsit atau bakso. Ada juga yang menambahkan ceker ayam yang telah dimasak bersama ayam kuah.

www.miesehati.wordpress.com
www.miesehati.wordpress.com

Sediakan sambal, kecap, dan saos untuk ditambahkan ke dalam mie ayam sesuai selera. Cukup mudah bukan membuat mie ayam rumahan? Kerepotan ini akan terbayar dengan kasih sayang dari keluarga dan kerabat yang menikmatinya.

SHARE