Di Indonesia, nasi goreng adalah jenis makanan yang murah dan juga mudah ditemukan. Salah satu jenis makanan penyelamat di saat lapar dan disukai banyak orang.

Kepopulerannya juga banyak memikat turis atau pendatang dari luar negeri untuk mencobanya sebagai kuliner enak. Tidak jarang mereka ketagihan dan mencobanya lagi.

Selain di Indonesia, di Jepang juga ada lho nasi goreng. Namanya lebih dikenal sebagai Yakimeshi.

Yakimeshi adalah masakan berupa nasi yang digoreng khas Jepang. Yakimeshi sendiri memiliki beberapa perbedaan dengan nasi goreng Indonesia pada umumnya.

Salah satu perbedaannya adalah cara membuatnya. Untuk membuat nasi goreng ala Jepang ini ternyata tidaklah sulit. Selain itu, bahan dan bumbu yang diperlukan juga sederhana dan mudah didapat.

Seperti nasi goreng pada umumnya, Yakimeshi juga salah satu makanan penyelamat saat lapar. Kamu bisa membuatnya sendiri di rumah dengan bahan-bahan yang ada.

Berikut akan diuraikan cara membuat nasi goreng ala Jepang, Yakimeshi yang juga bisa kamu coba sendiri di rumah.

1Bahan dan Bumbu Yakimeshi

sedapsekejap.net

Sebelum memasak, kamu perlu mempersiapkan sejumlah bahan dan bumbu yang diperlukan. Jika di Indonesia nasi goreng bisanya diberi daging ayam yang empuk, pada Yakimeshi digunakan daging sapi.

Daftar bahan dan bumbu yang diperlukan untuk membuat Yakimeshi adalah sebagai berikut:

  • 4 piring nasi putih yang pulen
  • 4 sendok makan minyak sayur/ margarin atau seperlunya
  • 4 butir telur ayam, dicampur jadi satu dan dikocok sampai rata
  • bawang bombay yang dipotong tipis-tipis
  • 4 siung bawang putih, dicincang hingga halus
  • 150 gram daging sapi yang dipotong-potong halus
  • 60 gram wortel, potong tipis memanjang
  • 2 sendok makan daun bawang yang sudah dicincang
  • 2 sendok teh garam halus
  • 4 sendok makan shoyu
  • 1 sendok teh merica bubuk

2Cara Membuat Nasi Goreng Yakimeshi

food.detik.com

Sebenarnya, cara membuat Yakimeshi tidaklah rumit. Justru sederhana dan hampir sama dengan membuat nasi goreng umumnya.

sedapsekejap.net
sedapsekejap.net

Pertama, panaskan terlebih dahulu minyak sayur atau margarin menggunakan wajan. Pastikan semua margarin telah leleh sempurna dan cukup panas untuk memasak.

Kedua, masukkan telur yang telah dikocok tadi. Aduk cepat telur hingga membentuk gumpalan-gumpalan kecil. Setelah itu angkat dan pindahkan dalam wadah lain.

sedapsekejap.net
sedapsekejap.net

Ketiga, panaskan kembali sedikit minyak sayur atau margarin untuk menumis. Lalu masukkan bawang bombay dan bawang putih, tumis hingga layu dan aromanya harum. Kamu bisa menggunakan wajan yang sama untuk ini.

sedapsekejap.net
sedapsekejap.net

Keempat, kamu bisa memasukkan daging sapi yang telah dipotong-potong dan diaduk hingga daging sapi cukup kering. Pastikan daging sapi telah benar-benar matang sebelum menambahkan bahan lainnya.

sedapsekejap.net
sedapsekejap.net

Kelima, kamu bisa menambahkan wortel dan juga daun bawang yang telah disiapkan tadi. Aduk terus hingga sayuran ini menjadi layu.

sedapsekejap.net
sedapsekejap.net

Tahap berikutnya adalah masukkan telur yang telah dimasak tadi dan juga nasi. Aduk sebentar, jangan lupa tambahkan garam, shoyu dan merica bubuk sesuai selera. Aduk lagi di atas api besar hingga merata.

Setelah semua bahan tercampur rata, kamu bisa mematikan api. Lalu pindahkan Yakimeshi panas ke dalam piring saji.

katalogwisata.com
katalogwisata.com

Yakimeshi siap disajikan. Makanan ini sangat nikmat disantap saat masih panas.

Mudah bukan membuat nasi goreng ala Jepang Yakimeshi ini? Untuk rasanya, kamu bisa menambahkan atau mengurangi bahan dan bumbu sesuai selera.

Dengan resep masakan ini kamu bisa membuat dan menikmati cita rasa masakan Jepang kapan saja dirumah sendiri. Selamat mencoba.