Nasi kuning sudah mendarah daging di Indonesia. Bahkan menjadi salah satu makanan khas Indonesia. Biasanya, nasi kuning dihidangkan pada acara ulang tahun, selamatan, syukuran, dan pernikahan.

Nasi kuning terbuat dari beras. Beras tersebut dimasak dengan campuran kunyit, santan, dan rempah-rempah. Tambahan-tambahan bumbu itulah yang membuat rasa nasi kuning lebih gurih daripada nasi biasa.

Ada nasi kuning yang disajikan dalam bentuk tumpeng. Nasi tumpeng ini melambangkan gunung emas. Maknanya kekayaan, kemakmuran, dan moral. Nah, kalau tradisi Bali, warna kuning merupakan warna keramat.

Nasi kuning dalam adat Bali sering disajikan pada upacara kuningan.

Pada dasarnya nasi kuning berbahan dasar sama yaitu dari beras yang diolah sehingga warnanya kuning. Nasi kuning disajikan bersama macam-macam lauk pauk.

Meskipun sama-sama nasi kuning, tapi resep pembuatannya di tiap daerah di Indonesia mempunyai khas masing-masing.

Berikut ini merupakan cara membuat nasi kuning khas Jawa dan Bali. Rasanya, dijamin akan membuat kamu ketagihan. Kamu bisa membuatnya sendiri di rumah.

Seperti apa langkah-langkahnya? Yuk, simak!

1Nasi Kuning Ala Jawa

htlovestoeat.wordpress.com

Masakan Jawa merupakan salah satu masakan yang menjadi ikon kuliner nusantara. Selain kaya akan rempah-rempah, masakan ala Jawa dikenal memiliki rasa yang pas. Tidak kurang dan tidak lebih.

Bahan-bahan yang harus kamu siapkan untuk membuat nasi kuning khas Jawa yakni beras, santan kelapa, dan minyak goreng.

Untuk bumbu-bumbunya, kamu siapkan bawang merah, bawang putih, kunyit, ketumbar, jinten, daun salam, lengkuas, daun jeruk, kemiri, dan garam.

Cara membuatnya, pertama, haluskan bahan-bahan bumbu. Setelah itu, tumis bumbu-bumbu tersebut dan masukan ayam. Tumis lagi hingga empuk.

resepmasakan.biz
resepmasakan.biz

Kalau ayam sudah empuk dan matang, masukan nasi ke dalam santan kuning. Biarkan santan meresap ke dalam nasi. Lalu kukus hingga 40-45 menit.

Nasi kuning yang sudah matang dapat disajikan. Tapi, biarkan asap nasi hilang agar tidak menggumpal.

Tambahkan lauk-pauk berpa kerupuk, perkedel, sambal, gudeg telur, oseng-oseng tempe, bawang goreng, dan acar. Sajikan bersama nasi kuning.

Nasi kuning biasanya disuguhkan dalam bentuk tumpeng. Alasnya berupa tampah yang dilapisi daun pisang. Lauk-pauknya diletakan di pinggiran nasi.

reseponline.info
reseponline.info

Kamu juga bisa menyajikan nasi kuning untuk makanan sehari-hari tidak harus dalam bentuk tumpeng. Cobalah resep di atas, dijamin rasanya gurih dan lezat.

2Nasi Kuning Khas Bali

doofniks.wordpress.com

Bali merupakan pulau wisata yang terkenal dengan kuliner khasnya. Tak terkecuali nasi kuning. Nasi kuning Bali tidak hanya gurih dan lezat tetapi juga memiliki cita rasa pedas.

Kamu perlu menyiapkan beberapa bahan berikut ini agar bisa membuat nasi kuning. Bahan-bahan yang harus kamu siapkan yaitu beras, bawang merah, terasi, cabai rawit, merica, garam, bawang putih, dan kunir.

deliciousrhythm.wordpress.com
deliciousrhythm.wordpress.com

Langkah pertama, masaklah beras terlebih dahulu sampai matang. Kalau sudah matang, siapkan bumbunya. Terasi dan garam diremas hingga baunya harum, lalu ambil merica dan cabai rawit untuk dihaluskan sampai hancur.

Langkah kedua, panaskan minyak goreng lalu tumis bawang merah dan bawang putih. Biarkan sampai harum kemudian angkat.

Selanjutnya, ambil nasi yang sudah matang tadi lalu campurkan dengan bumbu tumis dan bumbu halus. Aduk adonan nasi dan bumbu hingga merata.

wayantarne.blogspot.com
wayantarne.blogspot.com

Nasi kuning khas Bali dapat kamu hidangkan dengan sambal goreng Bali, daun kemangi, dan kecambah segar.

Lengkapi hidangan nasi kuning dengan lauk kerupuk, perkedel , sambal, gudeg telur, oseng-oseng tempe, bawang goreng, dan tambahan acar.