Makan pagi dengan nasi uduk tentu sangat nikmat dan membuat berselera. Apalagi jika nasi uduk itu masih panas dan ditemani lauk serta sayur yang lengkap.

Nasi uduk memang agak berbeda dengan nasi biasa. Meski sama-sama berwarna putih, tapi butiran nasi pada nasi uduk tidak lengket. Ini karena proses memasaknya menggunakan tambahan rempah-rempah.

Selain itu, nasi uduk juga sangat gurih dan beraroma. Tidak heran jika makanan ini membuat banyak orang sangat menyukainya.

Dalam penyajiannya, nasi uduk sering ditambah dengan bawang goreng dan lauk pauk pelengkap, seperti ayam goreng, tempe goreng, dan tahu.

Ada kalanya, nasi uduk juga disajikan dengan tambahan bumbu dan sambal kacang yang khas.

Cita rasa nasi uduk yang nikmat merupakan sajian khas Indonesia di pagi hari. Kini nasi uduk pun bisa dibuat dengan mudah dan praktis hanya dengan modal rice cooker saja.

Untuk membuat nasi uduk, kamu juga tidak perlu waktu yang begitu banyak. Kamu hanya perlu sekitar 10 menit untuk persiapan dan 30 menit untuk proses memasak dengan rice cooker.

1Bahan Nasi Uduk

episapi.com

Untuk membuat nasi uduk, kamu memerlukan beberapa bahan utama. Pertama, kamu butuh 3 cangkir beras pulen atau secukupnya. Kemudian ditambah dengan 3 lembar daun salam dan 2 batang serai.

Tidak lupa kamu juga perlu menambahkan 200 ml air santan kental, garam, dan air secukupnya.

Selain bahan utama, kamu juga perlu mempersiapkan sejumlah bahan pelengkap. Baik lauk pauk maupun sayur yang akan jadi teman nasi uduk saat disajikan nanti.

Biasanya kamu akan butuh daging ayam, bihun goreng, mentimun, kemangi, emping, sambal, dan bawang goreng. Kamu juga bisa menambahkan jenis lauk dan sayur yang lain sesuai selera masing-masing.

2Cara Membuat Nasi Uduk

rumantimelati.blogspot.com

Untuk membuat nasi uduk dengan rice cooker, tidaklah sulit. Kamu hanya perlu mempersiapkan semua bahan dan peralatan yang dibutuhkan sebelum memulai.

Langkah pertama yang harus kamu lakukan dalam memasak nasi uduk adalah mencuci beras terlebih dahulu.

Ini sama saja dengan memasak nasi putih pada umumnya, beras yang digunakan tetap harus dicuci hingga bersih. Setelah itu, sisihkan beras.

selerasa.com
selerasa.com

Kedua, masukkan santan, daun salam, daun serai, garam, dan air ke dalam wadah penanak rice cooker. Aduk hingga merata dengan sendok.

thehungryfoodtech.blogspot.com
thehungryfoodtech.blogspot.com

Beras yang sudah dicuci tadi kemudian dimasukkan ke dalam campuran santan dan bumbu, lalu jangan lupa aduk hingga merata.

Tutup rice cooker dan nyalakan tombol penanak nasi. Biarkan hingga nasi benar-benar masak. Jangan lupa sesekali buka dan aduk agar beras dan bumbu benar-benar merata.

lagi-trend.xyz
lagi-trend.xyz

Setelah nasi masak, kamu bisa menyajikan nasi uduk ini bersama bahan pelengkap lainnya. Sajikan selama nasi masih hangat.

Rasa nasi uduk akan lebih spesial jika ditambahkan juga dengan bumbu kacang atau sambal kacang.

Nasi uduk juga bisa dijadikan nasi kotak atau nasi bekal untuk anak-anak. Kamu tinggal melengkapinya dengan bahan pelengkap seperti daging ikan, tahu, tempe, kerupuk, lalapan, dan sambal kacang.

lagi-trend.xyz
lagi-trend.xyz

Meski nasinya tidak lengket seperti nasi biasa, nasi uduk untuk bekal juga bisa dibentuk sesuai selera. Ada kalanya sejumlah orang menambahkan juga zat pewarna agar warna nasi uduknya tidak putih lagi.

selerasa.com
selerasa.com

Bahan pelengkap nasi uduk biasanya dibuat sesuai selera masing-masing orang. Tetapi ciri utama yang biasanya selalu ada adalah penambahkan bawang goreng saat menyajikan nasi uduk.

Resep nasi uduk ini sangat mudah dibuat, praktis dan bisa langsung dicoba di rumah. Kamu bisa menyajikan hidangan istimewa ini untuk keluarga.