Jika kamu orang yang sibuk dan senang untuk melakukan kegiatan di malam hari, rasa lapar sering kali datang secara tiba-tiba. Sedangkan semua masakan yang ada di rumah sudah habis disantap sejak sore hari.

Padahal jam sudah menunjukkan tengah malam, sehingga untuk keluar rumah pun terasa malas. Apa yang akan kamu makan untuk mengisi perutmu jika terjadi masalah seperti itu?

Paling-paling mie instan yang menjadi andalan, sedangkan hampir setiap hari kamu mengalami hal tersebut dan mie instan katanya tidak baik jika dikonsumsi setiap hari.

Biasanya ibu-ibu itu suka menyiapkan makanan setengah jadi untuk mengantisipasi kejadian seperti ini, jadi kamu bisa dengan mudah mengolahnya tanpa perlu ribet. Salah satunya adalah nugget ayam.

Di luar sana sudah banyak penjual yang menjajakan nugget dalam bentuk frozen, sehingga akan lebih tahan lama, jika kamu ingin, nugget ayam itu bisa kamu buat sendiri di rumah, bahan dan cara membuatnya pun cukup mudah.

Begitu juga cara mengolahnya, kamu tidak perlu takut jika seorang laki-laki akan kesulitan untuk menyajikannya. Hanya dalam waktu sebentar saja dia sudah dapat memakannya dengan sepiring nasi hangat.

Apabila kamu membuatnya sendiri, bahan-bahan yang sehat dan terjamin kebersihannya tidak akan membuatmu khawatir jika  ingin memakannya. Kamu juga bisa berkreasi dengan bahan yang akan kamu masukkan ke dalamnya.

Mungkin kamu ingin membuat nugget ayam dengan campuran sayuran yang kamu sukai seperti wortel. Jadi selain lezat, nugget ayam buatanmu sudah pasti menyehatkan.

Untuk membuat nugget ayam sayur ini kamu memerlukan beberapa bahan yang mudah untuk dijumpai. Kamu hanya perlu menyiapkan 1 liter minyak goreng, 1 batang daun bawang, 1 buah wortel.

Selain itu dibutuhkan juga 300 gram daging ayam giling, 2 butir telur ayam, tepung roti yang kasar secukupnya, garam, dan lada secukupnya.

Nah, untuk cara membuatnya, kamu bisa memperhatikan dengan seksama langkah-langkah di bawah ini agar memudahkanmu.

1Menyampurkan Bahan

susilo.typepad.com

Hal yang pertama kali harus dilakukan adalah mencuci bersih wortel daun bawang. Kemudian potong menjadi kecil-kecil. Lalu ambil satu wadah ukuran cukup besar, masukkan daging ayam, daun bawang, wortel, 1 butir telur, tepung roti, lada, dan garam.

Uleni menggunakan tangan hingga semua bahan tercampur rata.

2Mengukus Adonan

dapuryenny.blogspot.com

Siapkan loyang yang telah diolesi dengan minyak, kemudian tuangkan adonan ke dalamnya dan ratakan setebal 1-1.5 cm.

dapur48.blogspot.com
dapur48.blogspot.com

Lalu kukus adonan nugget tersebut dengan menggunakan api sedang kurang lebih 20 menit atau hingga nugget matang. Setelah nugget matang, keluarkan dari kukusan dan dinginkan di suhu ruangan.

3Memotong Nugget

tatitujiani.blogspot.com

Jika nugget sudah dalam keadaan dingin, potong-potong nugget ayam sayur sesuai dengan bentuk yang dinginkan.

Kemudian ambil wadah, lalu masukkan 1 butir telur ayam dan kocok. Siapkan juga wadah yang akan digunakan untuk menuang tepung roti.

www.diahdidi.com
www.diahdidi.com

Kemudian celupkan potongan nugget tadi ke dalam wadah telur, lalu gulingkan dalam wadah tepung roti sambil ditekan-tekan agar semua bagian tertutup. Lakukan hingga semua nugget habis.

diancakecatering.blogspot.com
diancakecatering.blogspot.com

Nugget ini bisa kamu masukkan ke dalam freezer untuk disimpan. Sebelum masuk ke dalam lemari pendingin, kamu dapat mengemasnya di dalam wadah kedap udara.

4Menggoreng Nugget

masakanpraktis.com

Jika kamu ingin menggorengnya, kamu hanya perlu mengeluarkannya saja dari freezer dan diamkan sejenak dalam suhu ruang lalu digoreng dalam minyak yang telah dipanaskan.

www.youtube.com
www.youtube.com

Goreng nugget hingga warnanya berubah menjadi coklat keemasan. Nugget ayam sayur yang sehat pun siap untuk menjadi lauk yang lezat.