rpamedan.wordpress.com

Inilah Cara Membuat Nugget Ayam yang Super Praktis

Posted on

Di tengah kesibukan bekerja ataupun menuntut ilmu, kita pun membutuhkan asupan nutrisi yang seimbang, agar tubuh kita selalu dalam keadaan prima dan memiliki kekebalan tubuh yang baik.

Namun, keinginan untuk mendapatkan asupan nutrisi seimbang ini kadang kala terkendala pada proses mempersiapkan makanan tersebut. Banyak dari kita yang beralasan tidak sempat memasak atau tidak bisa memasak.

Tapi, tetap saja kan, kita dan keluarga kita butuh makanan seimbang dan bergizi. Nah, untuk itu kamu bisa menyimpan cadangan makanan di freezer kamu, supaya jika sewaktu-waktu kamu butuh, kamu tinggal menggoreng atau menghangatkannya. Praktis kan?

Lalu, apa makanan praktis yang bisa kamu simpan dalam jangka waktu lama? Salah satu makanan itu adalah nugget ayam. Kenapa nugget ayam? Karena ayam memiliki kandungan protein yang tinggi tentunya.

duniainformasikesehatan.com
duniainformasikesehatan.com

Supaya praktis, kamu bisa membuat nugget ayam dalam jumlah yang cukup banyak, jadi bisa kamu gunakan untuk beberapa minggu deh. Dengan membuatnya sendiri, kamu jadi bisa memastikan kualitas bahan dari makanan yang kamu konsumsi.

Untuk itu semua, ini ada resep nugget ayam yang super praktis dan tentunya sangat mudah untuk kamu buat sendiri di rumah. Langsung kita lihat yuk!

Bahan untuk Membuat

keluargasony.wordpress.com
keluargasony.wordpress.com

Sebelum membuat nugget ayam tentunya kita perlu mempersiapkan bahan-bahannya terlebih dahulu. Bahan utamanya tentunya ayam yang sudah digiling halus sebanyak 500 gram.

kaskushoottreads.blogspot.com
kaskushoottreads.blogspot.com

Bahan selanjutnya yang perlu kita persiapkan adalah 5 lembar roti tawar tanpa kulit, 2 butir telur, lada, garam, dan bawang putih. Untuk takaran lada, garam, dan bawang putih bisa disesuaikan dengan selera masing-masing.

indotrading.com
indotrading.com

Nah, bahan yang kita juga nggak boleh lupa adalah telur yang sudah sudah dikocok lepas dan tepung roti. Kedua bahan ini nantinya kita gunakan untuk melumuri nugget yang sudah dikukus.

Cara Membuat

Pertama kali, yang perlu kita lakukan adalah merendam roti tawar di dalam air hingga lunak. Setelah lunak kita tiriskan rotinya hingga airnya hilang. Kemudian masukkan daging yang sudah dihaluskan sambil diaduk.

susilo.typepad.com
susilo.typepad.com

Saat proses pengadukan, kita pun bisa memasukkan telur, bawang putih yang sudah dihaluskan, garam, dan lada halus. Pastikan semua bahan tercampur dengan sempurna.

masakanenakdanmudah.com
masakanenakdanmudah.com

Saat adonan nugget sudah tercampur merata, maka kita perlu menyiapkan loyang untuk mengukus adonan nugget tersebut. Sebelum meletakkan adonan, pastikan loyang sudah kita lumuri minyak goreng, agar nugget mudah diangkat saat sudah matang.

Proses Pengukusan

merfiana.blogspot.com
merfiana.blogspot.com

Setelah adonan nugget sudah kita masukkan ke dalam cetakan atau loyang, maka langkah selanjutnya adalah mengukus adonannya. Waktu yang kita butuhkan untuk mengukus berkisar antara 15 sampai dengan 20 menit.

missibu08.wordpress.com
missibu08.wordpress.com

Ketika nugget-nya sudah matang, maka kita perlu mendinginkannya sejenak dan melepaskannya dari cetakan. Setelah dingin baru kita potong-potong nugget-nya sesuai selera kita. Bisa juga kita cetak dengan bentuk yang lucu-lucu.

Pengemasan Nugget

Proses terakhir dari langkah-langkah pembuatan nugget ini adalah mengemasnya. Kita perlu memperhatikan proses pengemasan apabila kita ingin menyimpan nugget dalam jangka waktu yang cukup lama.

Nah, sebelum dikemas kita perlu melumuri nugget ini dengan tepung roti. Agar tepung rotinya nempel ke nugget, maka sebelumnya kita perlu memasukkan potongan nugget ke telur yang sudah dikocok lepas

Setelah dilumuri tepung roti, maka kita bisa segera mengemasnya, menggunakan toples kedap udara, atau bisa juga menggunakan plastik pembungkus makanan.

Nah, demikianlah proses pembuatan nugget ayam. Praktis dan mudah kan ? Selamat mencoba ya!

[td_smart_list_end]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *