Apa yang ada di dalam kepalamu saat mendengar kata nugget? Makanan mahal berbahan dasar daging ayam yang hanya mampu dikonsumsi oleh orang-orang kaya.

Sebenarnya dengan sedikit sentuhan kreativitas, bunda dapat membuat nugget murah meriah tanpa takut menguras kantong. Salah satu inovasi nugget murah meriah namun tetap bergizi tinggi adalah nugget tahu.

Selain protein hewani, tubuh kita juga memerlukan protein nabati sebagai pemenuhan konsep gizi seimbang. Nugget tahu merupakan inovasi bahan makanan berprotein nabati tinggi dengan pengolahan yang menarik.

Nugget tahu tak kalah lezatnya dengan nugget daging ayam. Sangat cocok di makan bersama nasi putih, di cocol saus sambal, atau dicocol kecap. Cara membuatnya mudah dan praktis.

Berikut ini cara membuat nugget tahu murah meriah dan bergizi.

1Siapkan Bahan-Bahan

www.superindo.co.id

Sebagai bahan utama sediakan tahu putih 7 buah yang telah dipotong kecil-kecil.

Bahan yang lain diantaranya bawang putih 1 siung, daun bawang 1 batang, lada 1 sendok teh, garam 1 sendok teh, gula 1 sendok teh, tepung terigu 7 sendok makan, bawang bombay 1 siung, 1 butir telur, dan wortel 20 gram.

Sebagai pelapis nugget sediakan 1 butir putih telur dan tepung panir untuk pemberi tekstur pada kulit nugget.

Agar lebih sedap sajikan bersama saus nugget yang dibuat sendiri.

Sediakan 1 sendok makan mentega, 4 sendok makan saus tomat, ½ sendok teh gula pasir, 1 siung bawang putih, ½ sendok teh lada halus, 1 sendok teh garam dapur, 300 ml air putih, dan 1 sendok tepung maizena.

2Campurkan Semua Bahan-Bahan

www.thebigneez.wordpress.com

Cincang bawang putih dan bawang bombay dengan sedikit minyak sampai tercium aroma harum. Kemudian angkat dan dinginkan.

Daun bawang dan wortel dicincang halus agar mudah tercampur dengan adonan.

Haluskan tahu putih dengan blender atau meremas-remasnya dengan tangan yang bersih. Tambahkan tumisan bawang putih dan bawang bombay. Tambahkan juga sayuran hijau yang telah di cincang halus ke dalam adonan.

Kemudian tambahkan kocokan telur ke dalam adonan kemudian aduk semua bahan. Usahakan proses pencampuran ini sampai benar-benar merata, agar tekstur nugget tahu terasa lezat.

3Kukus Nugget Tahu

www.chefkueku.blogspot.com

Agar konsistensi adonan nugget tahu tidak terlalu lembek, gulung adonan nugget tahu dengan plastik wrap. Kukus gulungan nugget tahu selama kurang lebih 15 menit. Angkat dari kukusan setelah tekstur nugget agak kaku.

4Buatlah Saus Nugget

www.kewpie.co.id

Cara membuat saus nugget sangat mudah. Tumis bawang putih dengan sedikit minyak goreng. Kemudian tambahkan bahan-bahan saus yang lain ke dalam tumisan.

Masukan tepung maizena yang sudah ditambah air. Panaskan dengan api kecil sampai saus mengental.

5Goreng Nugget Tahu

www.uunwaluyo.blogspot.com

Tunggu sampai adonan nugget tahu dingin. Iris-iris dengan ukuran yang tidak terlalu besar. Di tempat lain tuangkan putih telur kemudian kocok-kocok sampai terbentuk busa.

Potongan nugget tahu dicelupkan ke dalam tepun terigu. Kemudian masukan ke dalam kocokan putih telur. Terakhir guling-gulingkan di atas hamparan tepung panir sampai semua bagian nugget terselimuti oleh tepung panir.

Panaskan penggorengan dengan ditambah minyak. Nugget tahu siap digoreng sampai warna berubah menjadi kuning keemasan.

Jika kamu memiliki waktu yang cukup panjang di akhir pekan, buatlah nugget tahu dalam jumlah banyak. Sampai pada proses pelumuran dengan tepung panir, masukan nugget tahu di toples kedap udara. Kemudian simpan di dalam freezer.

6Sajikan untuk Keluarga

Nugget tahu cukup nikmat bukan? Sajikan untuk keluarga tercinta dalam keadaan masih hangat. Nugget tahu adalah makanan bergizi yang murah meriah. Memberikan makanan yang sehat dan bergizi untuk keluarga tak harus selalu dengan harga mahal.

Nugget tahu jauh lebih sehat dibandingkan nugget instan yang banyak mengandung bahan penyedap dan bahan pengawet.

SHARE