Untuk ibu bekerja dan untuk kamu dengan status anak kost, pasti menyukai menu makanan yang praktis. Menu yang kamu pilih tentunya yang bisa awet sampai berbulan-bulan dan mudah cara mengolahnya.

Kira-kira apa ya menu yang lezat dan praktis itu? Kamu pasti nggak mau kan kena maag gara-gara sibuk kerja dan nggak sempat nyiapin sarapan? Oh iya, kamu kan bisa nyetok nugget di freezer. Pastinya awet berbulan-bulan.

Nugget? Iya, itu lho makanan olahan dari daging atau ikan. Eh, ada juga lho yang terbuat dari tempe ataupun sayuran. Jadi, walaupun kamu cuma nyetok nugget tapi nggak akan buat kamu bosan.

Selain praktis dan bisa disimpan, nugget juga sangat disukai anak-anak. Jadi para ibu bekerja bisa dengan mudah menyiapkan bekal sekolah untuk anak-anaknya.

Nah, selain faktor kelezatan dan kepraktisan juga, kita pun harus mengutamakan faktor kesehatan. Kita harus memastikan nugget yang kita makan itu sehat. Sehat dalam artian tidak menggunakan MSG (Monosodium Glutamat) dan pengawet.

Untuk mendapatkan nugget yang sehat seperti itu, maka cara yang paling mungkin adalah dengan membuatnya sendiri. Tapi, bagaimana caranya? Caranya mudah kok, kita ikuti saja langkah-langkah berikut ini.

1Langkah Pertama: Menyiapkan Bahan

giant.co.id

Kali ini kita akan membuat nugget ayam. Jadi bahan-bahan yang dibutuhkan adalah ayam giling halus sebanyak 500 gr, garam, lada bubuk, 2 butir telur, air matang, 5 siung bawang putih yang dihaluskan, minyak goreng dan 5 lembar roti tawar tanpa pinggir.

qyusader.blogspot.com
qyusader.blogspot.com

Selain itu, kita pun membutuhkan bahan-bahan untuk melumuri nugget setelah dikukus. Bahan-bahan itu antara lain 2 butir telur yang dikocok lepas dan 150 gram tepung roti.

indotrading.com
indotrading.com

Bahan-bahan untuk membuat nugget ini mudah kita dapat kan? Lagipula kita bisa membuat nugget ini sekaligus dalam jumlah banyak. Jadi nggak papa lah kalau repot sesekali.

Kita mulai buat yuk!

2Langkah Kedua: Proses Penyampuran Bahan

susilotypedpad.com

Langkah pertama yang perlu kita lakukan adalah memasukkan roti tawar ke dalam air matang, setelah roti mulai melunak, maka kita angkat rotinya dan kita peras air yang ikut bersama roti.

Roti yang sudah lunak tadi lalu kita campur dengan telur, bawang putih serta bumbu-bumbu lainnya. Aduk semua bahan tersebut hingga tercampur rata.

Setelah tercampur rata, kemudian kita masukkan adonan nugget tadi ke dalam loyang persegi yang sebelumnya sudah diolesi dengan minyak goreng. Mudahkan cara mencampurnya?

3Langkah Ketiga: Proses Pengukusan

jofanasha.wordpress.com

Jika adonan nugget sudah kita masukkan ke dalam loyang, maka saatnya sekarang mengukus adonan tersebut. Waktu untuk mengukus adonan menjadi nugget adalah selama 20 menit.

Setelah 20 menit, maka kamu bisa mengangkat nugget yang sudah matang tadi. Sebelum dilanjutkan ke proses selanjutnya, maka kamu perlu menunggu dingin terlebih dahulu.

Apabila nugget-nya sudah dingin, maka kamu bisa memotong nugget dengan ukuran sesuai selera kamu. Kemudian, nugget yang sudah dipotong itu bisa kamu masukkan ke dalam telur yang sudah dikocok dan dilumuri dengan tepung roti.

4Langkah Keempat: Pengemasan

fox43.com

Apabila kamu hendak langsung mengonsumsi nugget yang kamu buat, maka kamu bisa langsung menggorengnya di atas api kecil. Agar nugget matang merata hingga warnanya berubah menjadi kuning keemasan.

Namun, jika kamu mau menyimpannya sebagian, maka kamu bisa menggorengnya dulu setengah matang, lalu kamu masukkan ke dalam wadah yang kedap udara untuk kemudian disimpan di freezer.

Setelah semua langkah kamu ikuti, maka sekarang kamu sudah memiliki stok nugget untuk beberapa minggu ke depan. Selain praktis, nugget ini pun dijamin sehat.