Siapa tak kenal omelet? Makanan berbahan dasar telur ini bisa disebut sebagai sayuran cuci gudang. Isi dari omelet dapat disesuaikan dengan selera dan persediaan bahan makanan di dapur.

Omelet di Indonesia di sebut juga sebagai telur dadar. Secara umum cara memasaknya memang demikian. Telur di aduk bersama bahan lain untuk kemudian digoreng.

Omelet memiliki rasa yang enak sehingga di sukai anak-anak. Orang dewasa juga banyak yang menyukainya. Makanan ini biasa disajikan sebagai menu sarapan atau menu bekal anak di sekolah.

Di beberapa negara cara memasak omelet sedikit terdapat perbedaan. Ada yang menambahkan susu, krim, atau baking powder sehingga omelet dapat mengembang dan terasa lembut saat dimakan.

Ada juga yang menggunakan keju, daging, atau sayuran. Kemudian omelet di lipat menjadi setengah lingkaran.

www.dishmaps.com
www.dishmaps.com

Di negara-negara lain, omelet juga sangat populer sebagai menu makan. Di Filipina omelet di sebut sebagai torta. Isi yang digunakan pun bervariasi dari sayur, kismis, daging-dagingan, dan makanan yang tidak dimakan kemarin.

Di Thailand, Omelet disebut Kha Yat Sai. Sedangkan di China omelet tiram disebut sebagai Fu Yung Hai.

Bunda dapat membuat omelet dengan mudah tanpa takut rasanya tidak enak. Berikut ini cara membuat omelet mudah dan bergizi.

1Siapkan Bahan-Bahan

www.itafera.wordpress.com

Siapkan 4 butir telur ayam sebagai bahan utama untuk membuat omelet.

Kemudian siapkan 150 gram daging sapi, 2 buah sosis, 2 sendok makan mentega, 15 gram buncis, 30 gram wortel, 1 siung bawang bombay, 20 gram susu bubuk, bawang goreng, 1 potong keju, merica secukupnya, dan garam secukupnya.

Adapun bahan-bahan yang digunakan dapat menyesuaikan selera keluargamu. Jika keluargamu menyukai pedas, tambahkan potongan-potongan cabai ke dalam isian omelet.

Daging sapi akan lebih baik jika direbus terlebih dahulu untuk kemudian di cincang-cincang. Sosis juga dipotong-potong kecil. Adapun bawang bombay diiris tipis untuk dijadikan sebagai bumbu.

Keju sebagai toping diparut menjadi serutan kecil-kecil.

Pastikan semua bahan telah dicuci sampai bersih sehingga bebas dari cemaran-cemaran makanan yang dapat mengganggu kesehatan.

2Siapkan Bahan Isian Omelet

www.saboridades.net

Panaskan penggorengan dan tambahkan margarin ke dalamnya. Tumislah bawang bombay sampai harum. Kemudian tambahkan wortel, buncis, serta daging cincang. Tumis sampai semua bahan benar-benar matang.

Setelah matang matikan kompor dan pindahkan isi omelet ke dalam wadah lain agar penggorengannya dapat digunakan untuk menggoreng omelet.

Di mangkuk lain pecahkan telur ayam. Kemudian tambahkan susu bubuk, garam, dan merica bubuk secukupnya. Aduk-aduklah sampai kuning telur hancur dan merata ke dalam semua bagian mangkuk.

3Goreng Omelet

www.thekittchen.com

Panaskan kembali penggorengan dengan sedikit margarin. Masukan adonan telur ke dalam penggorengan. Tambahkan isi omelet yang sebelumnya telah di tumis ke dalam penggorengan.

Tunggulah sampai telur matang kemudian baliklah agar di sisi atas ikut matang. Setelah matang, angkat omelet dari penggorengan.

4Sajikan untuk Keluarga Tercinta

www.nutricionistaflorianopolis.com

Sajikan omelet bersama nasi dan segelas susu hangat. Orang-orang barat biasanya mengonsumsi omelet sebagai menu sarapan tanpa nasi.

Kandungan gizi yang banyak dari bahan-bahan untuk membuat omelet cukup sebagai suplai energi menjalani aktivitas sehari-hari.

www.daminhacozinha.net
www.daminhacozinha.net

Jika kamu ingin membawakan omelet sebagai bekal anak-anak, masukan ke dalam toples makanan. Jangan lupa untuk membungkus toples makanan dengan plastik, agar minyak yang tercecer tidak menodai buku pelajaran anak.

Selamat mencoba membuat omelet di rumah. Kreasikan resep di atas sesuai dengan kretifitas kamu.

SHARE