Ada yang menyebut durian sebagai rasa buah. Mungkin karena wujud buahnya yang besar dan berduri sehingga dapat dengan mudah menghancurkan buah lainnya. Selain itu harga durian juga terbilang mahal dibandingkan buah-buah tropis lainnya.

Banyak orang yang tergila-gila dengan durian, namun banyak juga yang sama sekali tidak menyukainya. Baunya yang menyengat membuat mereka langsung mual-mual saat mencium berdaging putih ini.

www.reps-id.com
www.reps-id.com

Namun, nyatanya banyak produk-produk makanan olahan yang menggunakan durian sebagai perasa. Entah mereka menggunakan durian asli, entah mereka hanya menggunakan esense durian dari bahan kimia.

Daging buah durian asli juga banyak diolah menjadi berbagai makanan seperti dodol durian, es durian, sampai pancake durian. Jika kamu suka membuat produk-produk cake, maka pancake durian dapat dimasukkan list uji coba.

www.travelblog.ticktab.com
www.travelblog.ticktab.com

Pancake durian dikenal sebagai makanan khas Medan. Meskipun demikian, saat ini banyak mall dan restoran yang menyediakan produk pancake durian dengan harga yang cukup mahal.

Oleh karena itu kamu dapat membuat pancake durian sendiri sehingga tidak merogoh kocek terlalu dalam.

Cara membuat pancake durian hampir sama dengan membuat cake-cake yang lain. Berikut ini cara membuat pancake durian lezat dan legit.

1Siapkan Bahan-Bahan

www.ceritasofi.wordpress.com

Buah durian yang digunakan sebagai bahan utama tidak harus durian Medan. Kamu dapat menggunakan Durian Bengkulu, Durian Bangkok, dan jenis Durian lainnya yang mudah kamu jumpai disekitar tempat tinggalmu.

Bahan yang perlu disiapkan diantaranya daging durian dari 4 buah biji saja, 500 gram tepung terigu, 4 butir telur ayam, garam 2 sendok teh, 750 ml santan kelapa, air perasan daun suji, dan whip cream secukupnya.

www.megaindah.web.id
www.megaindah.web.id

Jika kamu kesulitan mendapatkan daun suji untuk diambil ekstraknya, kamu dapat menggantinya dengan pewarna makanan biasa sebanyak 5 tetes. Pilihlah warna pewarna makanan sesuai dengan selera seperti merah, kuning, atau hijau.

2Buatlah Kulit Pancake Durian

www.ceritasofi.wordpress.com

Cara pertama adalah dengan mencampurkan telur ayam, tepung terigu, dan garam. Kemudian tambahkan santan kelapa sedikit demi sedikit sambil terus diaduk agar tidak menggumpal.

Selanjutnya tambahkan air perasan daun suji ke dalam adonan. Aduk sampai semua bahan benar-benar tercampur merata.

Setelah semua bahan tercampur merata, siapkan teflon yang telah diolesi dengan mentega. Tuangkan adonan kulit pancake dengan sendok sayur ke atas teflon hingga membentuk lembaran tipis.

Cara membuat kulit pancake hampir sama dengan membuat kulit sosis. Setelah kulit pancake matang, angkat dan pindahkan pada piring lebar.

3Buatlah Isi Pancake Durian

www.caramembuat123.blogspot.com

Jika semua kulit pancake sudah selesai dimasak, saatnya membuat isi pancake. Ambil satu lembar kulit pancake kemudian olesi dengan whip cream. Berikan potongan buah durian sesuai selera.

Tutup pancake tersebut seperti membungkus sosis. Pancake durian biasanya dibungkus menyerupai bantal. Namun, kamu juga dapat membuat bentuk panjang-panjang seperti sosis.

Setelah semua pancake durian terbungkus rapi, masukan pancake tersebut ke dalam kulkas. Pancake akan lebih lezat dinikmati dalam kondisi dingin.

Sebaiknya jangan masukan ke dalam freezer ya, karena dikhawatirkan akan membeku. Tunggu sampai beberapa saat agar pancake durian dingin.

4Sajikan untuk Keluarga Tercinta

www.resepdanmasakan.com

Keluarkan pancake dari kulkas kemudian sajikan diatas piring kue kecil. Pancake durian akan terasa nikmat saat disajikan bersama teh hangat di saat cuaca dingin di musim hujan.

Mudah bukan cara membuat pancake durian? Suami dan anak-anak akan menyukai pancake durian buatan bunda yang dibuat dengan cinta.

SHARE