Pempek adalah salah satu bukti kekayaan bangsa Indonesia dalam dunia kuliner. Makanan pempek berasal dari Palembang.

Hampir seluruh daerah di Sumatera Selatan memproduksi pempek. Meskipun demikian, pempek lebih dikenal sebagai makanan khasnya Palembang. Pusat pembuatan dan pemasarannya ada di Palembang.

Pempek dihidangkan bersama saus berwarna hitam kecoklatan. Dalam bahasa Palembang saus tersebut disebut cuko.

Cuko terbuat dari air mendidih yang dicampur dengan gula merah, udang ebi, cabe rawit tumbuk, bawang putih, dan garam. Orang Palembang biasa menggunakan cuko pedas sebagai penambah nafsu makan.

Tidak semua cuko rasanya pedas. Ada juga yang rasanya manis. Selain itu, cuko juga bermanfaat untuk kesehatan gigi. Ia dapat melindungi gigi dari kerusakan lapisan email dan dentin.

Setiap 1 liter kuah pempek mengandung 9-13 ppm fluor. Itulah sebabnya mampu mengatasi masalah karies pada gigi.

Bahan pelengkap dalam sajian pempek lainnya, yakni irisan timun segar dan mie kuning.

Bentuk pempeknya pun macam-macam, antara lain pempek kapal selam, lenjer, dan bulat. Jenis pempek kapal selam paling digemari banyak orang.

Saat kamu berada di Palembang, kamu akan menemui pempek dengan mudah. Mulai dari warung kecil di pinggir jalan, penjual keliling hingga kelas restoran.

Harganya pun beragam, ada yang 3 ribuan per-potong kecil dan ada juga yang harganya puluhan ribu rupiah.

Bahkan hampir tiap kantin di sekolah, kampus, dan kantor daerah Palembang menjual pempek. Sejak tahun 1980-an pempek sudah terkenal dan biasa dijajakan oleh penjual keliling yang memikul satu keranjang pempek.

1Pempek Kapal Selam

windalifian.blogspot.com

Ini dia pempek favorit yang diincar kebanyakan orang. Pempek kapal selam yang berisi telur lezat. Daripada beli, mendingan buat sendiri saja. Bahan-bahan yang harus kamu sediakan yaitu, tepung sagu, ikan tenggiri, garam dapur, bumbu penyedap, dan air es matang.

Pertama, rebuslah air di dalam panci dan tambahkan 2 sendok makan minyak goreng. Setelah itu, angkat dan sisihkan.

dapoerjoglo.blogspot.com
dapoerjoglo.blogspot.com

Langkah berikutnya, campurkan ikan tenggiri yang sudah digiling dengan air es, garam, dan bumbu penyedap. Aduk adonan sampai tercampur rata. Masukan tepung sagu secukupnya pada adonan, lalu uleni hingga adonan terasa tidak lengket.

Tingkat kekenyalan adonan tergantung takaran sagu yang diberikan. Supaya rasa ikannya lebih terasa, usahakan jangan memberikan sagu terlalu banyak.

Bentuklah adonan dengan tangan. Sebaiknya, lumuri tangan dengan sedikit tepung agar tidak lengket saat membentuk adonan.

Jika adonan sudah terbentuk, masukan telur ke dalam masing-masing bentukan adonan.

Selanjutnya, rebuslah adonan yang sudah terbentuk tadi. Kalau adonan pempek terlihat mengapung, angkat adonan dan tiriskan.

pharmatechno.wordpress.com
pharmatechno.wordpress.com

Sekarang, kamu tinggal membuat cuko atau cuka. Bahan-bahannya yaitu, gula aren, asam jawa, air minum bersih, bawang putih, garam, ebi, dan cabe rawit.

Caranya, campurkan gula aren, asam jawa, dan air. Kemudian, masak sampai mendidih. Terakhir, campurkan bawang putih, ebi, garam, dan cabe rawit ke dalam larutan gula aren. Rebus kembali sampai mendidih.

Jika telah matang, angkat dan tiriskan cuka pempeknya. Kini, kamu sudah bisa menikmati cuka bersama pempek.

Kamu bisa menyantap pempeknya langsung atau digoreng terlebih dahulu. Keduanya sama-sama lezatnya.

2Pempek Praktis dari Ikan Sarden

trisdie.blogspot.com

Sulit mencari ikan tenggiri? Jangan khawatir. Kamu dapat memanfaatkan ikan sarden untuk membuat pempek.

Sediakan bahan-bahan tambahan selain sarden, yakni sagu, telur, terigu, dan garam secukupnya. Langkah pertama yang harus kamu lakukan yaitu, mencampurkan terigu dan garam dalam air mendidih.

Biarkan terigu menjadi bubur, lalu masukan telur dan ikan sarden giling. Aduk-aduk sampai rata. Setelah itu, angkat dan sisihkan.

Ambillah sedikit adonan ikan tadi dan campurkan dengan sagu di wadah berbeda. Uleni sampai adonan habis. Kemudian, bentuk adonan menjadi bentuk pempek lenjer.

anaktertua.wordpress.com
anaktertua.wordpress.com

Selanjutnya, rebus adonan dalam air mendidih. Jika adonan nampak mengapung, segera angkat dan tiriskan.

tokopedia.com
tokopedia.com

Sajikan pempek ini dengan cara digoreng terlebih dahulu. Selamat mencoba!