Perkedel adalah makanan yang biasa dijadikan lauk pauk atau camilan dan dimasak dengan cara di goreng. Perkedel yang paling terkenal adalah perkedel kentang.

Namun, seiring dengan perkembangan kreativitas masyarakat ada variasi perkedel lain yang tak kalah lezat dibandingkan perkedel kentang. Salah satu variasi perkedel tersebut adalah perkedel jagung.

Makanan ini sebenarnya berasal dari tepung terigu dengan penambahan jagung manis. Ada beberapa daerah di Indonesia yang menyebutnya sebagai bakwan jagung.

www.drunnawannafree.wordpress.com
www.drunnawannafree.wordpress.com

Rasa gurih dari telur berpadu dengan rasa manis dari jagung manis menjadikan makanan ini memiliki banyak penggemarnya. Tak terkecuali suami dan anak-anak dirumah. Bunda dapat menyajikan perkedel jagung dengan memasak sendiri.

Selain lebih hemat, perkedel jagung buatan sendiri juga lebih enak disesuaikan dengan selera keluarga. Bahan-bahan yang digunakan sangat sederhana dan mudah dijumpai di dapur. Berikut ini cara membuat perkedel jagung gurih, manis, dan lezat.

1Siapkan Bahan-Bahan

www.picssr.com

Bahan-bahan yang perlu disiapkan diantaranya jagung manis segar 500 gram, cabe merah sesuai selera yang dipotong serong, 1 batang daun bawang, 2 batang seledri, 1 butir telur ayam, gula pasir secukupnya, dan minyak goreng.

Adapun untuk bumbu yang dihaluskan terdiri dari bawang putih 3 siung, bawang merah 5 butir, kunyit 2 cm, dan garam. Jika keluargamu tak menyukai rasa pedas, maka kamu dapat menghilangkan cabai merah.

Alternatif lain membuat perkedel jagung praktis adalah menghilangkan sayuran seperti daun bawang, daun seledri, dan kunyit. Kunyit selain memberikan warna kuning juga memberikan aroma yang sedap.

Namun, jika kamu menghilangkan kunyit dari bahan perkedel ini tak ada masalah. Perkedel jagung tetap lezat disantap.

2Buatlah Adonan

www.drunnawannafree.wordpress.com

Langkah pertama adalah mencuci tangan dengan sabun sebelum memulai memasak perkedel jagung. Jangan lupa juga mencuci beberapa bahan seperti cabai merah, daun bawang, dan daun seledri.

Kupas kulit jagung untuk kemudian di cuci. Jagung yang sudah bersih di sisir menggunakan pisau untuk melepaskan pipil-pipil jagung tersebut.

www.youtube.com
www.youtube.com

Tambahkan bumbu yang telah dihaluskan ke dalam irisan jagung manis. Jangan lupa untuk menambahakan juga irisan cabai merah, irisan daun seledri, dan irisan daun bawang.

Aduk semua adonan ini hingga tercampur merata. Selanjutnya tambahkan tepung terigu dan telur ayam ke dalam adonan. Tambahkan juga gula.

Agar mudah mencampurnya tambahkan air bersih sedikit demi sedikit sambil terus diaduk. Aduk sampai semua adonan sampai benar-benar tercampur.

3Goreng Perkedel Jagung

www.takenhere.wordpress.com

Panaskan penggorengan dengan ditambahkan minyak goreng. Kemudian ambil adonan bakwan jagung dengan sendok sayur untuk dimasukan ke dalam minyak yang telah panas.

Setelah berubah warna menjadi kekuningan, balik adonan tersebut agar seluruh sisi perkedel jagung matang. Kemudian angkat perkedel jagung dari penggorengan dan tiriskan.

Perkedel yang telah ditiriskan tampung di atas piring yang telah dialasi tisu makan. Tisu makan ini berfungsi untuk menyerap sisa-sisa minyak goreng dari perkedel jagung.

Perkedel jagung dapat menjadi camilan untuk keluarga tercinta lengkap dengan teh hangat dan beberapa buah cabai rawit.

www.resepmasakterbaru.com
www.resepmasakterbaru.com

Bunda juga dapat menyajikan perkedel jagung sebagai alternatif lauk pauk di rumah sebagai pengganti tempe goreng dan tahu goreng. Perkedel jagung lezat disajikan bersama sayur sup, sayur lodeh, atau sayur bayam berkuah.

Selain itu perkedel jagung juga tak kalah enak disajikan bersama sayur oseng-oseng.

Cukup mudah bukan cara membuat perkedel jagung? Di akhir pekan rencanakan untuk membuat makanan lezat ini ya.

SHARE