Kamu tidak akan temukan perkedel, bergedel, atau begedil ini di luar negeri. Barangkali makanan di luar negeri yang paling menyerupai perkedel adalah mashed potatoes.

Tetapi bentuknya beda, mashed potatoes hanyalah halusan kentang yang diberi bumbu, tidak dibentuk, tidak digoreng. Biasanya digunakan sebagai sandingan makanan utama lainnya.

Sedangkan perkedel, kamu tentu tahu sendiri bagaimana biasanya kamu menemukan perkedel di Indonesia. Nah, mari menegok cara membuat perkedel kentang yang beda dari biasanya.

Kamu mungkin pernah memasak perkedel jagung, perkedel tahu, atau perkedel ikan. Namun, beberapa resep ini cukup berbeda dari yang pernah kamu ketahui sebelumya. Berani mencobanya di rumah? Ayo masak!

1Perkedel Kentang Padang

diahdidi.com

Kamu mungkin selalu menemukan perkedel kentang di warung makan padang. Coba perhatikan, rasakan dengan hati-hati, apa kamu bisa tahu apa bedanya dengan perkedel kentang yang kamu buat sendiri?

Kalau kamu tidak bisa membedakannya, berarti kamu harus membuatnya agar tahu bedanya. Semua bahannya hampir sama, bawang merah, bawang putih, telur ayam, garam, merica, daun bawang, daun seledri, dan tentu saja kentang.

Apa yang membedakan perkedel kentang biasa dengan perkedel kentang ala padang adalah dagingnya. Kamu harus gunakan ati dan ampela sebagai daging campuran, cukup sebanyak setengah dari jumlah kentang yang kamu gunakan.

dapuronlinequ.blogspot.co.id
dapuronlinequ.blogspot.co.id

Goreng dan cincang halus ati serta ampela, lalu campurkan ke dalam adonan halus kentang rebus yang sebelumnya telah tergabung bersama semua bahan lainnya. Campur kuning telur ke dalam adonan, sisihkan putih telur.

Gunakan putih telur sebagai pencelup bulatan perkedel, dan goreng. Cicipi sendiri dan rasakan bedanya.

2Perkedel Kentang Panir

ita-thediffusionofexperience.blogspot.com

Kamu butuh 250 gram kentang, 1 sendok teh bawang goreng, ½ sendok teh garam, ¼ sendok teh lada halus, 1 butir telur, kocok lepas, dan tentu saja kamu butuh tepung panir.

Ini adalah resep dengan porsi kecil, kamu bisa memperbanyak perkedel kentang panir buatanmu dengan mengalikan takaran bahan di atas sesuai kebutuhan. Sekarang, ayo buat perkedel spesial panir ini.

indotrading.com
indotrading.com

Kupas kentang dan iris tipis, cuci bersih, goreng dan haluskan. Tambahkan bawang goreng, lada dan garam, aduk hingga rata. Bentuk bulat atau sesuai selera kamu, celupkan pada telur kocok.

Sekarang gulingkan bulatan perkedel pada tepung panir lantas kamu dinginkan dalam kultas selama 30 menit. Kemudian kamu bisa goreng perkedel kreasi kamu sekarang. Angkat jika sudah kuning kecoklatan.

Resep perkedel kentang panir ini diunggah oleh Fatmah Bahalwan di laman Natural Cooking Club Indonesia, perkumpulan pecinta kuliner yang saling berbagi resep kreasi pribadi. Kamu tertarik untuk bergabung?

3Perkedel Kentang Kornet

youtube.com

Kalau kamu pernah makan di salah satu restoran KFC, kamu mungkin akan menjumpai menu ini. Perkedel kentang kornet ayam, kalau belum pernah coba, kamu bisa bayangkan rasanya kornet sapi dan daging ayam dalam bentuk perkedel kentang.

Kalau tidak juga bisa kamu bayangkan, kamu bisa memasaknya sendiri di rumah. Tentu saja kamu butuh kornet sapi dan daging ayam giling. Bumbu lainnya hampir sama persis dengan resep perkedel padang di atas.

deli-charcuterie.co.uk
deli-charcuterie.co.uk

Pertama, kamu harus campurkan kentang goreng yang telah dihaluskan dengan bumbu halus, telur ayam, kornet sapi, dan daging ayam giling. Aduk hingga tercampur rata.

Bentuk adonan sesuai selera kamu lantas celupkan dalam kocokan telur. Goreng adonan perkedel dengan minyak panas hingga matang sempurna. Jadilah perkedel kentang kornet ayam yang beda dari perkedel yang biasa kamu buat.

Sajikan semua jenis perkedel kentang di atas dalam satu meja makan, kamu bisa rasakan bedanya, kamu bisa rasakan enaknya kreasi dapur kamu dengan keluarga tercinta. Selamat berkreasi!

SHARE