Italia adalah salah satu negara yang kuliner khas-nya cukup terkenal di seluruh dunia, satu di antaranya adalah pizza. Membuat olahan berbahan dasar tepung ini memang susah-susah gampang guys.

Bagi kamu yang pernah membuatnya, biasanya akan mengalami kendala ketika membuat adonan roti pizzanya. Entah bantat, nggak mengembang atau terlalu kering saat di panggang. Tapi, itu keseruannya, kamu jadi bisa belajar dari kesalahan kan?

Nah, walaupun di Indonesia sudah terdapat banyak sekali tempat makan yang menjual pizza sebagai menu utamanya, membuat pizza di rumah lebih menyenangkan. Karena, kamu bisa memberikan topping kesukaanmu di atas roti pizza.

www.seriouseats.com
www.seriouseats.com

Selera makanmu pasti akan bertambah jika membuat pizza dengan topping favorit. Selain itu, harga pizza yang cukup mahal di pasaran bisa kamu tekan dengan membeli bahan-bahan yang pasti jauh lebih murah.

Tak hanya satu loyang pizza untuk keluarga, tapi kamu bisa membuat dua hingga tiga loyang sekaligus. Jadi, keinginan untuk makan pizza akan terpuaskan kalau sudah begitu. Nggak ada kata “ngidam” pizza lagi deh nantinya.

Terus, kalau ada yang tanya nih, “aku nggak ada oven nih buat bikin pizza di rumah”. Tenang aja guys, ide kreatif dan inovatif semakin bermunculan kok setiap harinya. Tak ada rotan, akar pun jadi deh.

Mau tahu caranya bikin pizza tanpa oven? Lihat aja resepnya berikut ini.

1Membuat Roti Pizza

mymedinamecca.wordpress.com

Jika ingin membuat pizza, harus pakai rotinya kan? Kalau begitu, siapkan beberapa bahan berikut ini untuk bikin roti pizzanya ya.

  • 3 sdm mentega
  • 250 gram tepung terigu
  • 1 butir telur
  • 200 ml susu cair
  • 4 gram ragi instan
  • 3 sdm minyak goreng

Setelah semua bahan telah siap, kamu bisa memulai untuk membuat adonan roti pizza. Pertama-tama, siapkan sebuah wadah yang cukup besar untuk mencampurkan ragi dan tepung terigu. Kemudian, tambah mentega dan aduk hingga merata.

www.youtube.com
www.youtube.com

Setelah adonan rata, masukkan minyak goreng dan kembali diaduk hingga semuanya tercampur dengan baik. Tuangkan susu cair dan satu butir telur ayam, lalu aduk sampai adonan menjadi lembut.

Apabila saat mencampur adonan dirasa kurang lembut, bisa ditambah lagi cairannya sedikit demi sedikit sampai adonan benar-benar lembut. Berikutnya, diamkan adonan kurang lebih 15-29 menit agar adonan mengembang.

Tutup wadah menggunakan kain yang lembab ya. Sisihkan terlebih dahulu sampai nanti akan digunakan.

2Membuat Saus Pizza

www.theluckypennyblog.com

Selanjutnya adalah mempersiapkan bahan untuk membuat saus dan topping pizza. Beberapa bahan yang dibutuhkan adalah:

  • 2 siung bawang putih
  • 2 siung bawang bombay ukuran sedang
  • 1/2 buah paprika merah
  • 1/2 buah paprika hijau
  • 3 buah sosis
  • 2 buah tomat
  • 150 gram daging cincang
  • 3 buah cabai merah
  • Oregano kering secukupnya
  • Daun basil kering secukupnya
  • Saus tomat secukupnya
  • Air bersih secukupnya
  • Keju mozzarella parut
  • Keju cheddar parut
www.kaskus.co.id
www.kaskus.co.id

Langkah pertama untuk membuat saus pizza dengan menumis bawang putih cincang dan bawang bombay, cabai merah hingga layu dan menjadi harum. Lalu, masukkan irisan paprika merah dan hijau dan aduk kembali hingga tercampur rata.

Tambahkan daging cincang, sosis yang sudah dipotong-potong ke dalam wadah dan masak kembali hingga daging berubah warna. Baru kemudian masukkan dua buah tomat yang telah dicincang halus dan sedikit air ke dalam tumisan daging tersebut.

Apabila tomat sudah mulai lembek dan air sedikit menyusut, tambahkan saus tomat, oregano dan daun basil ke dalamnya. Aduk kembali hingga semua tercampur rata.

Masak sampai saus matang dan air kembali menyusut. Jika sudah matang, matikan api dan angkat.

3Membuat Pizza Tanpa Oven

bhawishkitchen.blogspot.com

Kalau kamu sudah penasaran alat apa yang digunakan untuk membuat pizza selain oven, jawabannya adalah “teflon”. Ya, kamu hanya butuh teflon saja kok. Jadi, siapkan saja teflon dan garpu untuk membuat pizza ini.

Ambil adonan roti yang sudah didiamkan dan remas-remas menggunakan tangan. Setelah itu, masukkan ke dalam teflon dan ratakan ke semua bagian. Selanjutnya, gunakan garpu untuk menusuk-nusuk adonan roti agar adonan bisa mengembang dengan baik.

www.youtube.com
www.youtube.com

Barulah masukkan saus tomat ke adonan bersama dengan isinya ya. Ratakan saus ke semua bagian dan setelah itu taburi dengan keju mozzarella parut serta keju cheddar parut.

Kemudian, siapkan kompor dengan api kecil dan panggang adonan pizza selama 15 menit atau hingga mengembang dan matang. Pastikan untuk menutup teflon rapat-rapat ya, agar matangnya merata guys.

Jika sudah matang, maka pizza tanpa oven pun siap untuk disajikan. Mudah dan nggak ribet kan? Selamat mencoba.