brisbanedevoured.com

2 Cara Istimewa Membuat Puding Coklat yang Menggugah Selera

Posted on

Kamu tahu puding? Kamu tahu agar-agar? Mungkin menurutmu puding dan agar-agar sama saja, namun sebenarnya berbeda. Puding yang biasa dijadikan dessert dalam hidangan makan ini ternyata berasal dari Perancis.

Kata pudding dipercaya berasal dari kata boudin dalam bahasa Perancin yang berarti small sausage. Merujuk pada makanan dengan sedikit saus sebagai pelengkap rasa puding.

bevcooks.com
bevcooks.com

Nah, kali ini kamu akan mebuat puding coklat bukan? Beberapa referensi resep ini munkin bisa jadi pilihanmu yang tepat. Hidangan santai untuk quality time bersama keluarga diakhir pekan yang panjang.

Selamat berkumpul ceria dan bahagia bersama puding coklat kreasi kamu sendiri.

Puding Coklat Panggang

pretoria.getitonline.co.za
pretoria.getitonline.co.za

Kalau kamu pikir semua puding disajikan dalam bentuk segar, dingin, dan basah. Kali ini kamu bisa mencoba kreasi baru yang sangat berbeda. Puding coklat istimewa, puding coklat panggang.

Resep ini diunggah oleh Ina Garten di laman internet goodhousekeeping. Kamu hanya memerlukan butter, bubuk coklat yang bagus, tepung serbaguna, 4 telur, 2 sendok gula, dan es krim vanila.

Kamu juga bisa tambahkan kacang almond atau kismis sebagai taburan. Selain itu bisa kamu kreasikan dengan sirup perasa yang kamu suka. Nah, bagaimana cara membuatnya?

frankleehealthy.com
frankleehealthy.com

Pertama, panaskan butter di dalam oven dengan suhu 160 ⁰C. Campurkan bubuk coklat dan tepung serbaguna di wadah kecil. Campurkan 4 telur dan gula kemudian mixer selama 5-10 menit hingga warnanya berubah kuning terang.

Masukkan taburan kacang atau kismis, perisa makanan dan campuran bubuk coklat tadi ke wadah besar sambil terus dilakukan mixer dengan kecepatan rendah. Campur hingga benar-benar merata.

revel.in
revel.in

Tuangkan adonan ke loyang berbagai bentuk yang lucu sesuai kesukaan anak kamu. Lalu panggang dalam oven selama satu jam. Hidangkan dengan es krim vanila. Bagaimana? Mudah bukan? Coba sendiri di rumah!

Puding Rempah Coklat Hitam

theartfuldesperado.com
theartfuldesperado.com

Resep yang dibuat oleh Artful Desperado ini aslinya bernama mayan dark chocolate pudding with salted caramel pistachios. Sangat bernuansa Amerika Latin yang mungkin asing buat kamu.

Namun jangan kira membuatnya akan serumit namanya. Kamu cuma perlu kreasi sederhana untuk membuat puding ini menjadi luar biasa sempurna. Kamu bisa menambahkan aroma rempah yang menggoda dan menarik selera.

Kamu butuh coklat hitam (dark chocolate) chip, atau jika tidak ada kamu bisa juga mengiris coklat batang menjadi potongan kecil tak beraturan. Selain itu kamu juga butuh bubuk kakao.

Pati jagung, garam, krim, 3 kuning telur, susu cair, gula, perisa vanila, dan taburan hancuran kacang sesukamu. Kamu bisa gunakan kacang almond, kacang mete, atau jenis kacang lainnya sesuai selera kamu.

theartfuldesperado.com
theartfuldesperado.com

Nah, bahan inti yang tidak boleh kamu lupakan adalah kulit kayu manis. Rempah asli Indonesia yang bahkan mengundang Belanda dan seantero Eropa belajar bercocok tanam rempah selama lebih dari 350 tahun.

Pertama, panaskan campuran bubuk kakao, pati jagung, kayu manis, dan garam di dalam panci. Pelan-pelan masukkan krim dan kuning telur sambil terus mencampur adonan hingga merata.

Kedua, panaskan susu dan gula hingga gula larut sempurna. Ingat jangan sampai mendidih. Masukkan campuran susu dan gula ke campuran bubuk kakao dan telur. Seluruh campuran tersebut sebut saja adonan puding.

Masak adonan puding dengan api sedang. Kamu bisa mengaduknya menggunakan pengaduk berbahan kayu. Biarkan mendidih selama 3 menit dan segera pindahkan ke wadah sajian.

theartfuldesperado.com
theartfuldesperado.com

Nah, saat sajian masih panas, kamu bisa tambahkan chocolate chips atau hancuran irisan kecil coklat batang yang sudah kamu siapkan di awal tadi. Selesai, sempurna, menggoda, dan menarik selera.

Kamu bisa percantik dengan menambahkan taburan kacang yang kamu suka atau blueberry. Atau apapun yang disukai anak kamu dan pasangan kamu. Selamat berkreasi dengan rempah asli Indonesia.

[td_smart_list_end]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *