Jika sudah memasuki musim hujan, pasti kamu bawaannya laper terus kan? Oleh karena itu kita harus stock cemilan banyak-banyak tuh di rumah. Tapi selain cemilan kamu juga bisa menyimpan bahan-bahan mentahnya lho, seperti tepung terigu, telur, mentega, dan lain-lain.

Emang bahan mentahnya untuk apa sih? Bahan mentahnya bisa kamu gunakan sewaktu-waktu jika kamu mau mencoba membuat panganan tertentu. Bosan kan kalau makan cemilan yang kering-kering terus?

Tapi, buat panganan kan nggak mudah? Emang nggak mudah sih, tapi nggak sulit juga kok. Lalu, panganan seperti apa yang kira-kira bisa kita buat di rumah? Tentunya makananan yang lezat dan mudah membuatnya.

Ayo tebak makanan apa itu? Ya, kita bisa buat risoles sebagai salah satu alternatif pilihan.

Nah, untuk membekali kamu dengan kemampuan membuat risoles, maka ada baiknya langsung kita lihat saja yuk, bahan-bahan yang dibutuhkan dan cara membuatnya. Simak ya!

1Bahan-bahan yang Dibutuhkan

omakanan.blogspot.com

Dalam membuat risoles, ada dua paket bahan yang perlu kita siapkan. Paket yang pertama adalah paket bahan yang nantinya akan kita gunakan untuk membuat kulit risolesnya, dan paket yang kedua adalah bahan yang akan kita buat isi risolesnya.

boredpanda.com
boredpanda.com

Untuk membuat kulit risoles, maka kita membutuhkan bahan-bahan yang terdiri dari tepung terigu, telur, susu cair, dan juga margarin. Bahan untuk membuat kulit risolesnya mudah didapat, kan? Lalu, isi risolesnya bahannya apa?

superfoodsrx.com
superfoodsrx.com

Untuk bahan-bahan isiannya sebenarnya bisa bervariasi, tergantung kita mau membuat risoles isi apa. Kalau kita mau buat risoles isi sayuran ya kita perlu menyediakan sayuran seperti buncis maupun wortel. Tapi selain itu kita pun bisa buat risoles yang lain, contohnya saja risoles isi mayonaise.

siegelsbagels.com
siegelsbagels.com

Untuk membuat risoles isi mayonaise, yang benar-benar harus kita siapkan ya mayonaise-nya itu sendiri. Selain itu kita pun bisa menyediakan smoked beef dan potongan telur rebus sebagai campuran untuk isinya.

tokopedia.com
tokopedia.com

Nah, bahan lain yang tidak kalah penting dan tidak boleh kita lupakan dalam membuat risoles adalah tepung panir. Dengan tepung ini, warna risoles kita akan tampak lebih menarik dan lebih mengundang orang untuk memakannya.

2Cara Membuat Isi Risoles

youtube.com

Saat proses pembuatannya, sebenarnya sih kita bisa-bisa saja buat kulit risolesnya terlebih dahulu. Tapi kalau prosesnya dibalik pun tidak apa-apa. Kita bisa membuat isi risolesnya terlebih dahulu.

Untuk risoles mayonaise maka kita perlu mencampur mayonaise, smoked beef, telur, dan bumbu-bumbunya. Untuk bumbunya juga sebenarnya sangat sederhana, kita hanya perlu menaburkan sedikit garam dan lada saja.

3Cara Membuat Kulit Risoles

iis-resep.blogspot.com

Untuk membuat kulit risoles, maka kita perlu mencampur bahan-bahan yang sudah kita siapkan menjadi sebuah adonan, yaitu adonan risoles.

Setelah menjadi adonan yang cair, maka selanjutnya kita membuatnya menjadi lembaran-lembaran risoles menggunakan teflon.

Setelah jadi lembaran-lembaran maka langkah selanjutnya adalah mengisi kulit risoles itu dengan campuran mayonaise, smoked beef, dan lain-lainnya, kemudian setelah itu kita lipat menjadi bentuk risoles.

Setelah risoles diisi dan dibentuk, maka selanjutnya yang perlu kita lakukan adalah melumuri risoles dengan tepung panir. Namun sebelumnya kita perlu memasukkan risoles ke dalam telur yang dikocok lepas, agar tepung panirnya bisa nempel di risolesnya.

nyonyabesar.com
nyonyabesar.com

Nah, tahap terakhir yang pasti kamu nanti-nanti adalah proses penggorengan. Risoles yang kamu buat bisa kamu goreng dengan api sedang, sampai warnanya berubah menjadi kuning keemasan.