Dulu robot erat kaitannya dengan mainan anak kecil, khususnya anak laki-laki. Banyak juga serial film animasi anak yang menjadikan robot sebagai tokoh di dalamnya. Ada robot yang memiliki peran protagonis, ada juga yang berperan antagonis.

Sebenarnya, kata robot itu sendiri berasal dari bahasa Cheko robota yang berarti pekerja atau kuli yang tidak mengenal lelah atau bosan. Dalam kamus Webster, robot memiliki definisi sebuah alat otomatis yang melakukan fungsi berdasarkan kebutuhan manusia.

Sedangkan dalam kamus Oxford disebutkan bahwa robot adalah sebuah mesin yang mampu melakukan serangkaian tugas rumit secara otomatis, terutama yang diprogram oleh komputer.

Namun, bagi organisasi yang membidangi robot di Amerika Serikat, yaitu Robot Institute of America mendefinisikan robot sebagai sebuah manipulator multifungsi.

Yang mampu diprogram, didesain untuk memindahkan material, komponen, alat atau benda khusus lainnya melalui serangkaian gerakan terprogram untuk melakukan berbagai tugas.

Bagi kamu yang mulai suka dengan dunia robotik, mungkin masih bingung bagaimana cara membuat robot yang sederhana sekalipun. Sesederhana apapun robot yang telah kamu buat, hal itu akan memberikan pengalaman dan ilmu baru bagimu.

Kali ini kamu bisa mencoba membuat robot sederhana yang dapat berjalan tanpa program. Terbuat dari barang bekas. Sangat tepat bagi kamu yang masih pemula dalam hal robotika. Penasaran?

Robot sederhana yang dimaksud di sini adalah robot avoider atau robot halang rintang. Robot ini bekerja dengan sensor atau disebut juga limit switch yang diletakkan di bagian depan.

Fungsinya berjalan ketika bagian depan robot menyentuh dinding atau benda lainnya, maka motor akan berputar sesuai dengan keadaan relaynya. Dia akan berbelok ke arah kiri atau ke arah kanan.

Bahkan dapat mundur apabila kedua limit switch sama-sama menyentuh halangan yang lain.

1Memanfaatkan Mainan Bekas

robot-id.com

Bagi kamu yang memiliki adik atau keponakan yang masih kecil, biasanya memiliki mainan mobil-mobilan yang sudah tidak terpakai alias bekas. Nah, motor dan rodanya dapat kamu manfaatkan untuk robot sederhana.

Bodynya nanti dapat dibuat dari papan triplek atau jika kamu memiliki modal berlebih, dapat membeli acrylic.

2Rangkaian Komponen

robot-id.com

Seluruh rangkaian komponennya dapat dengan mudah dibeli di toko elektronik. Berikut ini komponen yang perlu kamu siapkan untuk membuat robot halang rintang sederhana.

Triplek atau acrylic ukuran 20×20 cm
Mobil-mobilan bekas 2 unit (dipotong as-nya) 1 robot butuh 2 unit
Relay 5 volt 8 pin 2 unit
Limit switch 2 unit
IC Regulator 7805 1 unit
Transistor TIP31 atau dapat menggunakan transistor lain 2 unit
Variabel resistor 2 unit
PCB Polos ukuran 8×5 cm
Speser atau baut 4 unit
Header pin hitam
Resistor dan kapasitor
Kabel, timah, baterai (bisa 3xAA) atau Lippo 7,4 V

3Menyiapkan PCB

robot-id.com

Setelah seluruh komponen telah siap, selanjutnya kamu bisa menyiapkan PCB dengan skema seperti gambar diatas.

Agar tidak repot, kamu bisa menggunakan gambar rangkaian di bawah ini. Tampak PCB dari atas dan bawah.

Nah, mudah bukan?

4Rangkai Komponen di PCB

robot-id.com

Jika kamu telah selesai proses mencetak desain PCB di printer, tinggal setrika hasil print out-nya ke PCB polos. Selanjutnya rangkailah komponen-komponennya dengan rapi seperti tampak pada foto di bawah ini.

robot-id.com
robot-id.com

Terakhir, sambungkan PCB dan baterai di atas rangka mobil-mobilan yang sudah kamu siapkan di awal tadi seperti tampak pada foto di bawah ini.

robot-id.com
robot-id.com

Demikian mudahnya cara membuat robot sederhana dari barang bekas. Tidak perlu susah-susah dan menghabiskan banyak waktu untuk membuat program khusus robot. Apalagi bagi kamu yang masih awam soal robotika.