Ingin makanan sajian khas Indonesia? Sambal goreng kentang adalah salah satunya. Sajian ini merupakan masakan tradisional nusantara yang sangat sedap dan terkenal kenikmatannya.

Sambal goreng kentang ini bisa menjadi lauk utama yang dimakan dengan lontong opor dan makanan pelengkap lainnya. Olahan sambal goreng kentang, biasanya dicampur dengan beberapa bahan tambahan lain untuk menguatkan cita rasanya.

Nah, kali ini, kamu akan mendapatkan resep spesial sambal goreng kentang yang diolah dengan tambahan telur puyuh. Sambal goreng kentang buatanmu nanti dijamin akan menjadi masakan istimewa untuk keluarga di rumah.

Daripada berlama-lama, langsung saja yuk, simak resep dan cara membuat sambal goreng kentang telur puyuh berikut ini.

1Bahan Sambal Goreng Kentang Telur Puyuh

windydj.wordpress.com

Sebelum memulai memasak, persiapkan terlebih dahulu bahan-bahan yang akan digunakan untuk membuat sambal goreng kentang telur puyuh kali ini. Pastinya, bahan utama jangan sampai terlewatkan ya.

Siapkan 400 gram kentang dengan kualitas yang baik, lalu kupas dan cuci hingga bersih. Setelah itu, potong kotak-kotak atau berbentuk dadu, goreng dalam minyak panas hingga matang dan berwarna kuning kecoklatan, angkat dan tiriskan.

distributortelur.com
distributortelur.com

Kemudian, siapkan pula 200 gram telur puyuh rebus yang sudah dibersihkan cangkangnya, 50 gram kacang kapri, 300 ml santan dari 1/4 butir kelapa, dan mentega atau margarin secukupnya.

ahsanfile.com
ahsanfile.com

Untuk bumbu yang dihaluskan, kamu perlu menyiapkan 4 siung bawang putih, 9 butir bawang merah, 5 buah cabai merah besar, 4 butir kemiri yang telah disangrai, 1 ruas kunyit, dan 1/2 sendok teh terasi yang telah dibakar.

Bagi yang tidak suka sambal gorengnya nanti terlalu pedas, maka bisa mengurangi jumlah cabai yang akan digunakan. Tapi, jika kamu ingin menambah jumlah cabai, sesuaikan saja dengan selera.

Setelah itu, siapkan juga 2 lembar daun dalam, 1 ruang lengkuas, larutan air asam, garam, gula, dan lada putih bubuk secukupnya sebagai bahan pelengkap dalam masakan sambal goreng kentang.

2Cara Membuat Sambal Goreng Kentang Telur Puyuh

resepdapurmak.blogspot.com

Apabila bahan yang digunakan untuk membuat masakan spesial kali ini sudah siap, maka saatnya mengolah semua bahan tersebut. Langkah pertama, siapkan cobek yang akan digunakan untuk menghaluskan semua bumbu halus.

Atau jika ingin menggunakan cara yang lebih modern, kamu bisa menggunakan blender dan memasukkan semua bahan bumbu halus ke dalamnya. Langsung saja haluskan bumbu di dalam blender.

sweetandtastyfood.wordpress.com
sweetandtastyfood.wordpress.com

Kemudian, panaskan mentega atau margarin ke dalam penggorengan dan tumis bumbu halus hingga harum. Selanjutnya, tambahkan daun salam serta lengkuas dan tumis kembali.

Masukkan kacang kapri dan telur puyuh, lalu aduk hingga semua bumbu tercampur dengan baik. Tuangkan santan dan masak sambil terus diaduk hingga mendidih. Setelah itu, masukkan kentang goreng ke dalam santan dan masak kembali.

Jangan lupa untuk memberikan bumbu ke dalam masakannya ya. Tambahkan garam, gula pasir, lada putih bubuk, dan larutan air asam. Masak sambil terus diaduk hingga sambal goreng kentang mengering. Lalu, matikan api kompornya.

inirecipes.blogspot.com
inirecipes.blogspot.com

Sambal goreng kentang telur puyuh pun siap untuk disajikan. Siapkan piring saji dan pindahkan sambal goreng kentang ke dalam piring. Lalu, sajikan untuk segera disantap bersama keluarga di rumah.

Masakan ini semakin nikmat jika dimakan dalam keadaan yang masih hangat bersama-sama dengan seluruh anggota keluarga. Kamu juga bisa menambahkan kerupuk udang sebagai pelengkap dalam menikmati sajian ini.

Cukup menggoda untuk membuatnya bukan? Selamat mencoba ya guys.