Buat kamu pecinta sambal nusantara, adalah hal yang mustahil jika kamu belum pernah mencicipi sambal terasi. Nah, jika kamu sudah sering makan sambal terasi, tahukah kamu cara membuat sambal terasi?

Sebenarnya cara membuat sambal terasi tidaklah sulit. Entah kamu laki-laki atau perempuan, kamu bisa bisa membuatnya dengan mudah dan sangat praktis. Namun, selalu ada sisi yang identik dan khas serta sangat spesifik sesuai selera.

Begitu juga tentang sambal terasi, berbagai jenis dan kondisi terasi dapat memberikan citarasa yang benar-benar completely different, beda banget. Jadi sambal terasi macam apa yang kamu suka?

1Terasi, Belacan, Shrimp Paste

en.wikipedia.org

Terasi adalah bumbu masak asli Asia Tenggara, kerap juga digunakan dalam beberapa masakan Chinese. Di luar asia memang bumbu jenis ini tidak terkenal atau bahkan tidak digunakan.

Terasi yang disebut shrimp paste atau pasta udang dalam bahasa Inggris ini adalah produk bioteknologi konvensional asli Asia Tenggara yang paling populer di Indonesia dan Malaysia.

2Terasi Kamu

refic.wordpress.com

Nah, terasi yang cocok dengan kamu terasi yang seperti apa? Banyak sekali jenis terasi yang beredar di pasar rakyat Indonesia hingga merambah ke minimarket dan supermarket besar dalam bentuk kemasan.

Ada terasi kualitas super yang benar-benar menggunakan udang kualitas kelas atas. Udang yang digunakan terutama adalah udang rebon yang berbentuk kecil dan putih. Tentu saja terasi jenis ini mahal dan agak susah didapatkan.

kedai.me
kedai.me

Ada terasi kualitas rendah yang konon katanya memang dibuat menggunakan udang juga. Namun bukan daging udang rebon, tetapi kepala udang yang dicampur sedikit daging udang. Harganya tentu murah dan mudah didapatkan di pasar.

Ada juga terasi dalam kemasan sachet. Nah, kalau terasi jenis ini tidak dapat ditelusur apakah menggunakan udang rebon berkualitas tinggi atau hanya campuran seperti terasi kualitas rendah. Biasanya tersedia dalam bentuk kering.

3Sebelum Terasi Menjadi Sambal

tokopedia.com

Selain jenis terasi dari bahan yang berbeda-beda. Selera orang tentang pengondisian awal terasi sebelum dijadikan bumbu masakan juga sangat bervariasi.

Ada yang suka terasi basah dan mentah, sehingga membuat sambal terasi pun dalam bentuk terasi yang semacam ini. Ada juga yang suka terasi kering sehingga harus mengirisnya tipis menggunakan pisau.

Ada pula yang menggandrungi terasi goreng. Terasi goreng umumnya digoreng sendiri di rumah. Terasi jenis ini awalnya adalah terasi basah yang kemudian digoreng hingga tercium aroma harum yang menggoda.

Yang paling unik tentu terasi bakar. Terasi basah atau kering yang dibakar terlebih dahulu sebelum digunakan sebagai bumbu. Konon cara ini dapat meningkatkan citarasa atau flavor terasi hingga level paling enak dan sedap.

Kalau selera kamu? Terasi mentah, kering, goreng, atau terasi bakar?

4Cara Membuat Sambal Terasi

cookingwithmamamiyuki.wordpress.com

Cara yang konon paling ‘ampuh’ untuk menghasilkan sambal terasi yang nikmat dan sedap adalah dengan menggunakan uleg. Bahan yang harus kamu siapkan tentu saja terasi sesuai selera kamu.

Selain terasi, siapkan cabe merah, cabe rawit, bawang merah, gula merah, dan garam. Jika ingin lebih sempurna, kamu harus siapkan tomat, daun salam, serai, dan lengkuas.

Cara membuat sambal terasi pertama haluskan cabai bersama garam, gula merah, bawang dan terasi. Uleg hingga mencapai tingkat kehalusan sambal yang kamu kehendaki.

resepmasakansederhana.info
resepmasakansederhana.info

Bahan-bahan lainnya sebenarnya harus ditumis agar aroma harumnya muncul. Nah, kamu bisa memilih akan membuat sambal terasi mentah atau matang. Kalau matang, maka semua bahan yang ditumis, terutama tomat harus ikut kamu uleg.

Atau kamu dapat juga memasukkan sambel mentah tadi ke dalam tumisan hingga sambel terasi kamu kini ditumis hingga matang. Mau cara membuat sambal terasi yang manapun, hasilnya akan tetap nikmat dan sedap.

Tidak percaya? kamu bisa coba sendiri di rumah. Selamat membuat sambal terasi!