wisatabloid.com

Belajar Cara Membuat Sambal Ini di Rumah Yuk!

Posted on

Para pencinta pedas pasti mencari sambal, di mana pun mereka makan. Tapi tentunya bukan asal sambal. Satu hidangan dengan hidangan yang lain, tentunya berbeda jenis sambalnya.

Contohnya saja ketika makan soto dan ayam bakar, kalau sambalnya disamain kan jadinya nggak enak.

Wah, kalau setiap jenis hidangan punya pasangan sambalnya masing-masing, berarti para calon ibu atau yang sudah menjadi ibu rumah tangga, harus tahu dong cara membuatnya?

Nggak harus juga sih, tapi kalau kamu penyuka sambal, kamu pasti akan mencari tahu dengan sendirinya.

flickr.com
flickr.com

Tapi, daripada kamu bingung-bingung mencari cara membuat sambal, mungkin ada baiknya kami baca artikel ini sampai selesai, karena setelah ini kita akan membahas cara membuat sambal yang bisa membuat lidahmu bergetar karena kepedasan. Lihat yuk!

Sambal Mangga

gourmetestorie.com
gourmetestorie.com

Siapa sangka ya, buah mangga muda yang terasa asam ini bisa dijadikan sebagai sambal. Tapi, ternyata ketika sudah menjadi sambal rasanya lezat dan pedas luar biasa. Kalau nggak percaya, kamu perlu mencicipinya deh!

Biasanya sambal ini sering dihidangkan bersama ikan goreng, atau disiram di atas ikan yang sudah digoreng kering. Kebayang nggak rasanya seperti apa? Asam, manis, pedas, dan gurih seperti menari-nari di lidah kita lho.

infobenar.com
infobenar.com

Kira-kira cara membuat sambal ini seperti apa ya? Kamu mau tahu cara membuat sambal ini? Caranya mudah kok, kamu tinggal siapkan mangga muda lalu diiris tipis dengan bentuk memanjang.

Lalu kamu buat sambal seperti sambal rujak yang terbuat dari campuran gula merah, sedikit garam, kacang tanah, cabe serta asam jawa.

Setelah itu, ulek semuanya sampai halus dan merata. Terakhir, kamu bisa masukkan potongan mangga ke dalamnya, kemudian aduk rata.

Sambal Korek

ayamgorengnelongso.com
ayamgorengnelongso.com

Dari sambal mangga, kita beralih ke sambal korek. Bagi kamu yang benar-benar suka pedas, pasti suka dengan sambal ini, karena rasa pedasnya yang mantap. Rasa pedas yang luar biasa ini didapatkan dari penggunaan cabe caplak atau dikenal juga sebagai cabe setan.

Bahan lain yang dibutuhkan dalam pembuatan sambal ini terdiri dari bawang merah, bawang putih, cabe merah dan cabe rawit caplak, garam, serta sedikit gula. Semua bahan diulek sampai halus, kemudian disiram dengan minyak panas di atasnya.

Sambal Ijo

youtube.com
youtube.com

Kalau kamu pernah makan nasi padang, kamu pasti pernah makan sambal ijo. Sambal yang satu ini bikin nagih. Itulah kenapa sebagian orang akan kembali membeli nasi padang untuk menikmati sensasi pedasnya sambal ijo.

Kalau kamu mau buat di rumah, bisa juga kok, nggak harus ke Padang dulu lho! Kamu cukup menyiapkan cabe ijo, tomat ijo, bawang putih dan bawang merah, bisa juga ditambahkan kaldu atau ikan teri.

Sebelum membuat sambal ijo ini, kamu perlu merebus dulu semua bahannya. Baru setelah itu kamu haluskan dan kamu goreng supaya lebih tahan lama. Eh tapi jangan lupa dikasih garam dan sedikit gula ya!

Sambal Goreng

en.wikipedia.org
en.wikipedia.org

Sambal yang satu ini pastinya tidak pernah absen saat hari raya tiba. Biasanya jadi teman paling setianya opor ayam. Rasa gurih opor ayam bercampur sambal goreng yang nggak terlalu pedas, jadi hidangan yang ramah buat semuanya.

Cara membuat sambal goreng ini pun mudah sekali, kita hanya perlu menyiapkan cabe keriting, tomat sayur atau buah, bawang merah, bawang putih, dan garam dan gula. Semua bahan kita haluskan, kemudian digoreng deh!

[td_smart_list_end]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *