Kreativitas masyarakat Indonesia dalam mengolah makanan memang pantas diacungi jempol. Siapa sangka kerupuk yang biasanya digoreng dengan minyak panas dapat berubah menjadi makanan berkekstur kenyal dan memiliki rasa enak.

Resep makanan ini diwariskan secara turun temurun dari zaman dahulu di wilayah Bandung. Kemudian makanan ini terus menyebar ke daerah sekitar Bandung seperti Bogor, Cianjur, dan Depok.

www.kuliner123.com
www.kuliner123.com

Makanan unik dan berasal dari kerupuk aci tersebut adalah seblak. Ada beberapa orang yang mengatakan bahwa seblak berasal dari daerah Sumpiauh, Jawa Tengah.

Konon katanya seblak mirip dengan kerupuk godog yang sudah populer sejak tahun 1940-an. Meskipun demikian, tetap saja banyak orang lebih mengenal seblak sebagai makanan khas Kota Bandung.

Seblak bukanlah makanan elit dengan bahan baku yang mahal. Seblak adalah makanan sederhana yang dibuat dari kerupik aci berwarna jingga atau kerupuk udang berwarna putih.

Ada berbagai variasi pemasakan seblak bandung ini di antaranya seblak basah dan seblak kering. Jika penasaran bagaimana rasa seblak tersebut, kamu dapat mencoba memasaknya sendiri di rumah.

www.youtube.com
www.youtube.com

Cara pemasakannya cukup mudah dan sederhana, sehingga dapat dilakukan oleh kamu yang masih amatiran masalah dapur sekalipun.

Seblak basah kaya karbohidrat yang berasal dari kerupuk aci sebagai bahan bakunya. Agar lebih bergizi, tambahkan bahan makanan ke dalam olahan seblak basah sebagai sumber protein seperti telur, sosis, ceker, sea food, dan bakso.

Berikut ini cara membuat seblak basah yang lezat dan menggugah selera.

1Sediakan Bahan-Bahan

www.raissa-sabrina.blogspot.com

Bahan-bahan yang disiapkan diantaranya 500 gram kerupuk aci mentah berwarna jingga, 4 butir telur ayam, bawang putih 10 siung, cabai merah sesuai selera, cabai rawit sesuai selera, daun bawang 2 batang, tomat 2 buah, dan kencur 1 cm.

Adapun sebagai perasa siapkan garam dan gula secukupnya. Jangan lupa untuk menyiapkan sedikit minyak goreng untuk menumis bumbu seblak basah sebelum diberikan kuah.

2Masaklah Seblak Basah

www.youtube.com

Langkah pertama rebuslah kerupuk sampai lunak, kemudian angkat dan tiriskan. Kerupuk tersebut selanjutnya direndam dengan air panas. Setelah beberapa saat tiriskan seblak sebelum dimasak.

Kemudian haluskan beberapa bumbu seperti bawang putih, tomat, kencur, dan cabai. Setelah semua bumbu lembut sisihkan sebentar.

Selanjutnya panaskan penggorengan dengan diberikan minyak goreng sedikit saja. Masukan bumbu yang telah dihaluskan untuk ditumis hingga tercium aroma harum.

Pecahkan telur ayam dan masukan ke dalam penggorengan. Aduklah semua bahan di dalam penggorengan.

Proses berikutnya pemasukan seblak yang telah ditiriskan ke dalam penggorengan. Tambahkan air sesuai selera sebagai kuah. Masukan juga garam dan gula. Aduk semua bahan di dalam penggorengan.

Sebelum diangkat, koreksi rasa dengan menambahkan sedikit penyedap rasa. Setelah semua rasa sudah pas, taburkan daun bawang yang telah di iris. Aduk sampai merata.

3Sajikan untuk Keluarga

www.resepbunda.platechno.com

Tuang seblak basah ke dalam mangkuk untuk dihidangkan pada keluarga tercinta. Seblak basah hangat sangat nikmat dinikmati di musim hujan sebagai alternatif pengganti mie instan rebus.

Agar semakin menggugah selera, tambahkan juga perasan jeruk limau untuk memberikan rasa asam.

Rempah kencur yang ditambahkan ke dalam seblak berkolaborasi dengan tekstur kenyal pada seblak memberikan sensasi rasa tersendiri.

www.sarirasamgl.blogspot.com
www.sarirasamgl.blogspot.com

Sebenarnya rasa khas dari seblak adalah pedas dan menyegarkan. Namun, tingkat kepedasan seblak tersebut dapat diatur sesuai selera keluarga jika kamu memasak sendiri di rumah.

Jika kamu menginginkan sensasi yang lebih unik, masaklah seblak tersebut menjadi seblak rendang. Cara memasaknya sama dengan seblak basah di atas, hanya saja ditambahkan bumbu rendang.

SHARE