Urang Bandung atau kamu yang pernah berkunjung ke Bandung, pasti tak asing dengan seblak. Makanan yang berbahan dasar kerupuk aci mentah ini bahkan menyebar ke seantero nusantara.

Cara memasak kerupuk yang unik, yaitu direndam air panas menjadikan seblak memiliki tempat trersendiri di hati urang Bandung. Kamu dapat mengkreasikan seblak dengan berbagai bahan makanan tambahan seperti telur, sayuran, ceker, bakso, sosis, seafood dan lain-lain.

Bumbu kreasi seblak juga mudah dijumpai di dapur. Bumbu tersebut diantaranya bawang merah, bawang putih, kencur, cabe rawit, asam jawa, tomat segar dan bahan-bahan lain sesuai kreativitasmu.

ceritaperut.com
ceritaperut.com

Sebelum dimasak, kerupuk mentah di rendam ke dalam air panas sampai melunak kemudian ditiriskan. Bumbu seperti bawang putih, bawang merah dan kencur ditumis hingga harum.

Tumisan bumbu ditambahkan air disesuaikan jumlah seblak yang dimasak, namun jangan terlalu banyak. Seblak yang telah lunak dimasukan ke dalam tumisan bumbu. Tambahkan bahan-bahan makanan yang kamu kreasikan seperti bakso, dosis, telur dan lain-lain.

Jangan lupa tambahkan gula, garam dan penyedap rasa untuk memantapkan rasa seblak. Berikut ini ada 5 kreasi unik seblak yang semakin meningkatkan cita rasa kuliner khas Bandung.

1Seblak Ceker Ayam Saus Tomat Mantap

dapurrazka.blogspot.com

Ceker ayam biasanya hanya dipandang sebelah mata. Selain air rebusan ceker memberikan kaldu yang khas, cara memakan ceker akan memberikan sensasi tersendiri dalam menikmati seblak. Saus tomat yang dibuat sendiri semakin memperkuat kelezatan seblak.

Bagi kamu penyuka pedas, kamu dapat menambahkan cabe sesuai selera kamu. Seblak ceker akan lebih mantap diberikan sedikit kuah.

2Seblak Makaroni Bakso

syakrey.wordpress.com

Kreasi kedua adalah tentang mengombinasikan tekstur dari hidangan seblak. Makaroni yang direndam air panas akan menjadi seperti bubur. Seblak lembek menjadi terasa lebih kenyal saat dikunyah bersama bubur makaroni.

Tambahkan bakso untuk menambah tekstur yang berbeda, sekaligus menambah cita rasa dan nilai gizi seblak. Kamu juga dapat membuat makaroni yang kenyal.

3Seblak feat Mie Instan

mayumichigo.wordpress.com

Bagi kamu anak kost ataupun bujangan yang tak memiliki cukup waktu memasak, seblak featuring mie instan menjadi alternatif kreasi seblak. Hidangan ini tak memerlukan bumbu yang ribet dan waktu yang lama untuk memasak. Pilihlah mie instan varian rasa favoritmu.

Masukan seblak yang sebelumnya telah direndam dan ditiriskan ke dalam rebusan mie instan. Jangan lupa tambahkan telur dan sayuran hijau agar lebih sehat. Tambahkan tomat dan irisan cabai bersamaan dengan bumbu mie instan yang sudah berada di mangkuk.

Setelah mie instan dirasa cukup matang, angkat dan seblak siap dihidangkan.

4Seblak Kuah Kaldu Ayam

sarirasamgl.blogspot.com

Bagi kamu penggemar berat ayam, seblak kuah kaldu ayam dapat menjadi cara baru dalam menikmati ayam. Sebelumnya rebus daging ayam hingga beberapa saat. Sisihkan air rebusan daging ayam.

Tumis bumbu seperti bawang merah dan bawang putih sesuai selera. Setelah harum masukan air tebusan ayam dan ayam ke dalam penggorengan. Aduk hingga merata.

Seblak dan sayuran lain dimasukan ke dalam penggorengan. Terakhir sebelum dihidangkan, jangan lupa koreksi rasa dengan menambahkan garam dan penyedap rasa.

5Seblak Kriuk

rendiemalia.wordpress.com

Biasanya seblak Bandung dihidangkan dengan sedikit kuah. Namun di Karawang terdapat seblak yang digoreng atau disebut seblak kriuk. Cara memasak seblak kriuk ini berbeda dengan seblak yang biasanya.

Kerupuk aci dimasukan ke dalam minyak dingin hingga basah semua. Kerupuk kemudian digoreng dengan api kecil sampai mengapung.

Bumbu-bumbu diulek bersama kacang tanah goreng hingga halus. Seblak goreng kemudian dicampur dengan bumbu sampai merata.

Seblak adalah kekayaan kuliner nusantara. Oleh karena itu sudah sepantasnya kita melestarikannya. Kalau belum mencicipi seluruh harta kuliner milik bangsa sendiri, jangan coba-coba mencicipi makanan luar negeri.

Selamat berkreasi!