fieldskill.co

10 Cara Mudah Membuat Software

Posted on

Sekarang ini, komputer program sudah diimplementasikan dan ada di mana-mana. Mulai dari mobil sampai ponsel pintar sekarang memiliki program komputer di dalamnya.

Dalam dunia yang semakin mendigital, kebutuhan akan program baru akan selalun meningkat. Jika kamu punya ide yang bagus, kamu sendiri juga sebenarnya bisa membuat program.

Tentu kamu sudah tahu pengertian software. Jika belum, kamu bisa membaca pengertian software yang sudah diulas sebelumnya.

Sesekali, cobalah membuat software yang mudah-mudah saja dulu. Berikut 10 tahapannya.

Cari Ide

areadewasa.com
areadewasa.com

Program yang bagus akan melakukan tugas yang memudahkan hidup penggunanya. Lihatlah program yang sekarang ini bisa melakukan tugas yang kamu inginkan.

Lalu lihat apakah ada cara untuk membuat prosesnya lebih mudah atau singkat. Sebuah program yang sukses adalah program yang berguna bagi penggunanya.

Analisis Kebutuhan

under30ceo.com
under30ceo.com

Dalam tahap proses analisis kita harus melakukan proses definisi masalah. Pada tahap ini pendefinisian masalah yang terjadi dalam pembuatan sistem dan program yang seperti apa yang akan di buat nanti untuk memenuhi user.

Kemudian melakukan analisis kebutuhan. Pada tahapan ini seorang analis melakukan pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, pengumpulan sample untuk mengetahui apa saja yang kebutuhan user untuk program yang akan di buat nanti.

Survei Program Lain

fieldskill.co
fieldskill.co

Periksa program lain. Apa yang dilakukan program tersebut? Apa saja yang bisa mereka tingkatkan pada program tersebut? Apa kekurangannya? Pertanyaan-pertanyaan ini bisa membantumu menemukan idemu sendiri.

Analisis Spesifikasi Software

brv.com.au
brv.com.au

Dalam tahapan ini seorang analyst harus tahu spesifikasi software seperti apa yang di inginkan sesuai pesanan user, agar tahu keinginan user maka dari itu data-data yang sebelumnya telah dikumpulkan dari tahap definisi masalah dan tahap analisis kebutuhan.

Data tersebut harus dipergunakan dengan baik agar bisa menetapkan spesifikasi software yang seperti apa yang terbaik bagi user nanti.

Tahap Perencanaan

darmansyah.weblog.esaunggul.ac.id
darmansyah.weblog.esaunggul.ac.id

Dalam membuat program di suatu sistem tertentu kita pun harus membuat perencanaan yang matang.

Perencanaan tersebut dimaksudkan agar bila nanti kita membangun suatu program terencana dengan baik dan terjadwal sesuai dengan perencanaan yang telah di buat demi mengefisiensikan waktu yang di butuhkan

Buat Desain Program

surianto.wordpress.com
surianto.wordpress.com

Buat desain programnya. Desain program yang dimaksud adalah gambaran besar fitur-fitur yang ingin kamu buat di dalam programmu.

Selalu mengacu pada desain ini pada proses pengembangan program akan membantu proyekmu tetap pada jalur dan fokusnya. Membuat desain program juga bisa membantumu menentukan bahasa pemrograman apa yang paling tepat untuk digunakan di proyekmu.

Desain/Perancangan Software

businesskorea.co.kr
businesskorea.co.kr

Dalam tahap ini seorang analyst mulai membuat desain yang nantinya akan di serahkan kepada programer untuk di buatkan program, maka untuk mendesain sistem yang di buat nanti seorang analyst harus membuat Flowchart, Flowmap, DFD, ERD, Workflow.

Lalu programer akan membuat pseudocodenya seperti apa dan bisa langsung di transformasikan ke dalam tahap coding.

Tahap Implementasi

ferventis.com
ferventis.com

Pada tahap ini setelah mendapatkan data yang cukup jelas tentang seperti apa program yang akan di buat saatnya seorang programer melakukan tugasnya dalam pembuatan program dan memulai coding, testing program dan penyerahan program.

Tahap Integrasi

semanticbits.com
semanticbits.com

Pada tahap ini proses yang dilakukan adalah melakukan penggabungan-penggabungan dari data yang telah dikumpulkan sebelumnya untuk membuat suatu program yang utuh dan maksimal dalam pembuatannya.

Maintenance

coigazette.net
coigazette.net

Belum cukup sampai disitu. Masih ada proses maintenance yang biasanya memakan waktu 50% dari kegiatan Sofware Life Cycle dan memakan waktu dan biaya yang cukup besar.

Dalam proses maintenance seorang programer melakukan pelatihan, perbaikan dan penambahan sesuai kebutuhan user dalam proses maintenance juga bisa juga dilakukan kegiatan peningkatan program.

Misalnya program Pepustakaan v.1.0, user ternyata memiliki kebijakan sistem baru dan menginginkan tampilan program yang lebih simple namun fleksible.

Lalu seorang programer melakukan peningkatan program dengan cara memperbaiki dan menambahkan source kode sebelumnya dan biasanya memakan waktu yang cukup lama.

Setelah program jadi lalu nama softwarenya di ubah menjadi Program Perpustakaan v.2.0 ini menandakan versinya di tingkatkan. Lalu melakukan testing program dan pelatihan program kepada user.

[td_smart_list_end]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *