Kamu tentu tidak asing dengan sushi bukan? Sushi adalah makanan khas Jepang yang identik dengan daging ikan mentah tanpa dimasak. Namun, tahukah kamu bagaimana cara membuat sushi?

sushibarhuren.nl
sushibarhuren.nl

Sebenarnya di Jepang terdapat kira-kira 6 jenis sushi tradisional. Istilahnya adalah cirashizushi, inarizushi, makizushi, narezushi, nigirizushi, dan oshizhushi. Kalau kamu tertarik, kamu bisa menelusurinya lebih lanjut di internet.

Nah, di artikel ini kamu akan diajarkan cara membuat sushi sederhana yang praktis. Berikut beberapa cara membuat sushi yang bisa kamu praktekkan di rumah.

1Bahan Sushi

instructables.com

Kamu harus menyiapkan 540 gram beras Jepang atau beras Koshihikari. Atau kalau ingin lebih praktis, kamu bisa cukup menggunakan beras biasa dari Indonesia. Lebih pas kalau kamu kombinasikan dengan beras ketan.

Siapkan juga 935 ml air dingin, 125 ml cuka, ½ sendok teh garam, nori lembaran, dan 2 sendok makan gula kastor (caster sugar). Gula kastor adalah gula yang ukurannya lebih halus dari gula pasir, namun lebih kasar daripada gula halus.

2Pilih Isi Sushi Kesukaan Kamu

agilescout.com

Tentu saja kamu harus menyiapkan daging ikan segar untuk sushi kamu. Tetapi dalam artikel ini tidak ditentukan daging apa yang bisa kamu gunakan. Kamu bisa pilih daging ikan segar yang kamu suka.

Daging ikan yang lazim digunakan sebagai sushi di Jepang adalah daging ikan tuna, daging udang atau lobster, ikan sparidae (sejenis ikan bawal laut), dan cumi. Pada sushi modern juga umum digunakan daging ikan salmon.

Nah, kalau dalam beberapa reality show kuliner di Indonesia, sashimi dari daging ikan mentah juga kerap menggunakan ikan cakalang. Ikan asli Indonesia yang banyak tersebar di berbagai perairan Indonesia.

3Kulit Sushi

sacunslc.wordpress.com

Kulit sushi buatanmu juga bisa kamu sesuaikan sesukamu. Kulit bagian luar yang menyelubungi sushi yang paling umum tentu saja nori. Namun, kamu bisa menggunakan irisan tipis memanjang daging ikan sebagai kulit sushi.

4Cara Membuat Sushi

secretsofsushi.com

Pertama, cuci beras  dan ketan hingga bersih dan mulailah memasak beras menggunakan panci atau rice cooker. Masak beras dengan air yang pas hingga matang menjadi pulen dan teksturnya sempurna.

Kedua, campur cuka, gula, dan garam dalam mangkuk kecil. Pindahkan nasi ke wadah besar dan aduk nasi sembari kamu tambahkan campuran cuka tadi sedikit demi sedikit hingga merata. Diamkan hingga nasi dingin.

kitchenblau.blogspot.com
kitchenblau.blogspot.com

Ketiga, taruh alas sushi atau penggiling sushi pada talenan atau meja penyajian. Tempatkan lembaran nori di atasnya, bagian mengkilap menghadap ke alas sushi.

Sebarkan nasi secukupnya di atas nori / irisan daging salmon, beri jarak 3 cm pada tiap sisinya.

Keempat, taruh isian sushi di atas nasi. Kamu bisa menggunakan sashimi dari daging ikan tuna, ikan salmon, ikan cakalang, daging udang, daging lobster, atau daging cumi.

Selain sashimi, kamu dapat juga menambahkan isian lain pada sushi buatanmu. Di Jepang umumnya digunakan irisan daging buah alpukat sebagai isian sushi. Kalau sekiranya rasa alpukat justru tidak sesuai dengan lidah Indonesia kamu, ganti saja.

reallyrisa.com
reallyrisa.com

Kreasi yang mungkin pas dengan lidah Indonesia adalah dengan menyandingkan sashimi dengan sosis, nugget, wortel, dan berbagai sayuran warna warni masak yang kamu sukai.

Kelima dan yang terakhir, gulung sushi dengan hati-hati. Lalu potong gulungan sushi dalam ukuran kecil yang sesuai. Selesai. Sushi sederhana dan praktis buatan sendiri siap kamu hidangkan untuk keluarga tercinta.

SHARE