waluwah.com

Inilah Cara Membuat Susu Kedelai yang Kaya Protein

Posted on

Agar tubuh kita selalu sehat, maka daya tahan tubuh kita pun harus selalu dalam kondisi baik dan prima. Untuk itu, kita memerlukan asupan makanan yang mencukupi kebutuhan tubuh kita.

Tentunya asupan yang diperlukan tubuh kita harus seimbang ya, supaya metabolisme tubuhnya berjalan dengan baik. Oiya, kebutuhan protein dalam tubuh pun perlu kita perhatikan.

makananuntukdietsehat.com
makananuntukdietsehat.com

Nggak harus mahal kok untuk mendapatkan kebutuhan protein untuk tubuh kita. Kan selain protein hewani, ada juga protein nabati. Nah, sumber protein nabati ini pun beragam contohnya saja susu kedelai atau sari kedelai.

p2tel.or.id
p2tel.or.id

Selain kita bisa mengonsumsi sari kedelai untuk kebutuhan tubuh kita sendiri, kita pun bisa menjadikan susu kedelai sebagai salah satu komoditi bisnis kita. Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika kita belajar membuat susu kedelai sendiri.

Untuk membantu kamu dalam proses pembuatannya, bagaimana kalau kita lihat bagaimana resep membuat susu kedelai ini? Kalau kamu mau, langsung kita lihat saja yuk!

Bahan dan Alat untuk Membuat Susu Kedelai

manfaatbagus.com
manfaatbagus.com

Sebelum kita membuat susu kedelai, maka langkah pertama yang bisa kita lakukan adalah menyiapkan bahan-bahannya terlebih dahulu. Apa saja ya bahan untuk membuat susu kedelai? Yuk kita cek bahan-bahannya di bawah ini!

  • Kacang kedelai setengah kilogram
  • Garam dan gula pasir
  • Vanili satu bungkus

Wah, mudah sekali kan bahan untuk membuat susu kedelainya! Lalu, untuk membuatnya kita butuh alat-alat apa saja ya? Oiya, kita perlu menyiapkan alat-alat juga ya. Alat-alat yang kita butuhkan bisa kita lihat di bawah ini.

kenwoodworld.com
kenwoodworld.com
  • Blender
  • Kain serbet tipis atau saringan
  • Panci
  • Kompor

Di rumah kamu pasti ada kan alat-alat seperti yang tertera di atas? Alat-alatnya merupakan alat-alat yang biasa kita pakai sehari-hari. Jadi siapapu bisa-bisa saja membuat susu kedelai di rumah.

Cara Membuat Susu Kedelai

integralkuadrat.blogspot.com
integralkuadrat.blogspot.com

Setelah kita menyiapkan bahan dan peralatan membuat susu kedelai, maka saatnya kini kita masuk ke dalam proses pembuatannya. Kira-kira apa yang bisa kita lakukan pertama kali? Yang perlu kamu lakukan pertama kali adalah memilih kacang kedelai.

Pilihlah kacang kedelai dengan kualitas yang baik. Sisihkan kacang kedelai yang kualitasnya buruk. Lalu setelah itu kamu bisa mencucinya, untuk kemudian merebusnya selama 15 menit.

Nah, agar kacang kedelainya lunak dan mudah dikupas, maka kita perlu melakukan perendaman ke dalam air terlebih dahulu. Waktu untuk merendam ini kurang lebih 10 sampai dengan 12 jam.

Langkah selanjutnya, setelah kacang kedelai direndam adalah meniriskannya kembali dan mencucinya di air yang bersih. Sambil dicuci, kamu bisa sambil meremas-remas kacang kedelainya, sampai kulitnya terkelupas.

happyfoodforyou.wordpress.com
happyfoodforyou.wordpress.com

Jika seluruh kulit kacang kedelai sudah terkelupas, maka kamu bisa menghaluskan kacang kedelai menggunakan blender. Saat proses penghalusan, tambahkan air secukupnya dan tambahkan pula air panas.

Tahap terakhir dalam pembuatan susu kedelai ini adalah menyaringnya, agar tidak ada partikel-partikel kasar yang tercampur di susu kedelai. Walaupun di tahap ini susu kedelai sudah jadi, namun kita perlu merebusnya kembali, agar lebih awet.

Saat merebus kacang kedelai, usahakan untuk menggunakan api kecil. Selain itu usahakan untuk terus mengaduk susu kedelainya. Kenapa hal ini perlu kita lakukan? Agar sari kedelainya tidak mengendap di dasar panci.

Proses perebusan kita lakukan selama 15 menit, jika sudah matang, maka jangan lupa untuk menambahkan gula dan garam sesuai selera. Selain itu, kamu pun bisa menambahkan vanili atau perisa tertentu agar susu kedelainya lebih harum.

[td_smart_list_end]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *