Jika kamu di tanya siapa teman tempe, kamu pasti akan menjawab tahu. Tahu juga merupakan olahan kedelai yang sangat akrab menjadi lauk terutama masyarakat dengan ekonomi menengah ke bawah.

Tak seperti tempe di mana kedelainya masih dapat dilihat dengan jelas. Tahu hampir dikatakan tidak nampak sama sekali bahwa bahan baku yang digunakan adalah kedelai.

Beberapa isu yang sangat santer terdengar dari tahu adalah penggunaan formalin sebagai pengawet dan boraks sebagai pengenyal. Rasanya sulit mendapatkan tahu aman dikonsumsi terutama di kota-kota besar.

Isu yang banyak beredar tentang tahu yang kedua adalah kurang higienis saat membuatnya terutama di industri-industri kecil yang belum menjaga kualitas dari tahu.

Membuat tahu sebenarnya tak memerlukan peralatan yang rumit. Alat-alat sederhana yang biasa ada di dapur dapat digunakan untuk membuat tahu.

Kamu dapat membuat tahu home made yang higienis dan aman.

1Siapkan Bahan-Bahan

www.isknews.com

Bahan utama membuat tahu sangat mudah yaitu 1 kg kacang kedelai, air bersih, dan cuka makan 100 ml.

2Buatlah Tahu

www.solopos.com

Sebelumnya rendam kacang kedelai selama satu malam. Proses perendaman ini bertujuan agar kedelai lebih mudah dihancurkan.

Kemudian kedelai dipecah-pecahkan dengan cara meremas-remas pada baskom yang besar. Proses penghancuran masih berlanjut dengan memblendernya. Jangan lupa masukan air secukupnya agar lebih mudah diblender.

Pemblenderan di lakukan sampai kacang kedelai benar-benar halus seperti cairan susu.

Kedelai halus kemudian di rebus menggunakan panci besar sampai mendidih dan terbentuk buih-buih. Tambahkan air sedikit demi sedikit di saat terbentuk buih. Akan lebih baik jika api juga dikecilkan.

Tetap masak rebusan kedelai dengan api kecil selama kurang lebih 20 menit. Kemudian matikan kompor dan diamkan sampai rebusan kedelai dingin.

Gunakan kain saring yang sebelumnya telah di rebus untuk menyaring rebusan kedelai. Adapun perebusan kain saring bertujuan untuk benar-benar menjamin bahwa kain saring tersebut bersih dan higienis.

www.tasty-indonesian-food.com
www.tasty-indonesian-food.com

Bagian yang diambil dari hasil penyaringan adalah airnya. Ampas tahu biasa dimanfaatkan sebagai bahan dasar tempe gembus atau sebagai pakan ternak.

Rebuslah air hasil saringan ini dengan api sedang. Namun jagalah sampai rebusan tidak mendidih. Kemudian tambahkan air cuka ke dalam air rebusan dan di aduk sampai merata.

Diamkan air hasil saringan selama kurang lebih 30 menit. Calon tahu akan terlihat mengendap dengan perlahan.

Saring kembali air hasil saringan pertama. Namun pada bagian ini yang diambil adalah ampasnya. Masukan ampas hasil saringan kedua ke dalam cetakan tahu. Berikan pemberat di atasnya agar tidak ada lagi air yang tersisa.

www.iis-resep.blogspot.com
www.iis-resep.blogspot.com

Diamkan cetakan tahu selama kurang lebih 20 menit. Terakhir keluarkan tahu dari cetakan dengan perlahan-lahan.

3Kreasikan Tahu dengan Isi

www.bundamashka.wordpress.com

Agar lebih enak dan menambah nilai gizi, tambahkan bahan makanan seperti sayuran atau bakso ke dalam tahu. Kemudian berilah tahu dengan bumbu dari bawang putih, ketumbar, dan garam yang telah dihaluskan.

Tahu siap untuk di goreng dan dijadikan camilan untuk keluarga. Sajikan bersama cocolan saus sambal atau cabai segar.

Tahu juga dapat dikreasikan menjadi aneka masakan lain seperti mencampurkannya ke dalam sayur tumis, memasaknya bersama opor ayam, memasak dengan bumbu manis, dan lain-lain.

www.agroyasa.com
www.agroyasa.com

Tak perlu malu memasak tahu sebagai lauk pauk. Meskipun murah meriah, namun tahu mengandung protein nabati yang tinggi yang baik untuk melengkapi kebutuhan gizi keluarga tercinta.

SHARE