Salah satu sumber protein nabati yang sangat digemari oleh banyak orang adalah tahu. Semua kalangan mulai dari anak-anak sampai orang tua pun menyukainya. Teksturnya yang lembut dan rasanya yang gurih lah yang membuat tahu sangat disukai.

Selain digoreng biasa, tahu pun bisa dibuat olahan lainnya, misalnya dibuat pepes tahu, tahu kecap, semur tahu, perkedel tahu, dan lain sebagainya. Bahkan semakin hari, makin banyak saja inovasi dari makanan berbahan tahu.

sajianistimewa.com
sajianistimewa.com

Salah satu bentuk inovasi yang banyak disukai adalah tahu crispy. Bagaimana tidak disukai, tahu yang kita kenal lunak dan lembut itu tiba-tiba berubah menjadi crispy, tentu saja hal ini membuat banyak orang tertarik.

Dengan mengolahnya menjadi tahu crispy, kita bisa merasakan sensasi makan tahu yang berbeda dari biasa. Tapi, bagaimana caranya membuat tahu menjadi crispy begitu?

Kamu pasti penasaran? Supaya kamu tidak tambah penasaran, sebaiknya kita lihat saja yuk proses pembuatan tahu crispy tersebut. Siapa tau kita bisa membuatnya sendiri di rumah.

1Sekilas tentang Tahu Crispy

rickreykey.wordpress.com

Pada dasarnya tahu crispy adalah tahu seperti biasanya, namun, karena diberi tambahan bahan dan perlakuan tertentu sehingga permukaan tahu ini menjadi crispy. Biasanya tahu seperti ini suka dijual di abang gorengan di pinggir jalan.

Satu fakta yang perlu kita ketahui, bahwa tahu crispy ini baru mulai muncul di Indonesia sekitar tahun 2013-an. Entah, siapa yang awal mulanya memperkenalkan, tahu jenis ini pun terkenal dengan sendirinya.

2Bahan untuk Membuat Tahu Crispy

berrykitchen.com

Pasti kita tahu, bahwa bahan utama untuk membuat tahu crispy ini adalah tahu. Namun, ada bahan lainnya yang perlu kita persiapkan, agar kita mendapatkan tahu yang teksturnya crispy tersebut. Bahan-bahannya sebagai berikut.

indonesianalibaba.com
indonesianalibaba.com
  • 10 buah tahu putih segitiga, yang dikukus selama 15 menit
  • 3/4 kg tepung terigu cakra
  • 2 bungkus penyedap rasa, bisa digunakan bisa juga tidak
  • 2 sendok teh baking powder
  • Minyak goreng dan garam secukupnya

Selain bahan-bahan di atas, kita pun membutuhkan bumbu-bumbu lainnya yang sudah dihaluskan, agar kita bisa mendapatkan tahu crispy yang gurih dan lezat. Bumbu-bumbu yang dimaksud adalah sebagai berikut.

  • 4 siung bawang putih
  • 1 bungkus penyedap rasa, boleh digunakan boleh tidak
  • Merica dan garam seperlunya

Jika kita sudah menyiapkan bahan dan bumbu-bumbunya, langkah selanjutnya yang bisa kita lakukan adalah membuat tahu crispy tersebut. Siap-siap yuk!

3Langkah-Langkah Membuat Tahu Crispy

kreasiumbiku.blogspot.com

Langkah pertama yang perlu kita lakukan dalam pembuatan tahu crispy ini adalah mengukus tahu. Jika tahu sudah dikukus, kemudian kita bisa memotong-motongnya. Ukurannya bisa disesuaikan dengan selera kita.

Jika sudah dipotong, langkah selanjutnya adalah merendam potongan tahu tersebut ke dalam air yang sudah diberi bumbu halus. Lalu simpan di dalam lemari es selama kurang lebih 1 jam.

Selama menunggu tahunya direndam, maka kita bisa buat adonan dengan mencampur tepung terigu, penyedap rasa, baking powder, dan garam. Lalu aduk rata sampai semua bahan tercampur.

jajanpinggiran.blogspot.com
jajanpinggiran.blogspot.com

Tahu yang sudah direndam selama satu jam itu kemudian kita keluarkan. Lalu kita balurkan di atas adonan tepung tadi. Jika sudah seperti itu, lalu bisa kita lanjutkan dengan menggorengnya dengan minyak panas sampai matang.

Tanda bahwa tahu sudah matang adalah warna tahunya kuning kecoklatan. Jika sudah demikian, maka bisa kita angkat dan kita tiriskan. Setelah itu, tahu pun siap untuk disajikan.

Bagaimana? Mudah sekali kan cara membuat tahu crispy ini? Karena tahu ini banyak yang suka, maka kita bisa jadikan tahu ini sebagai ladang usaha kita lho. Ada yang berminat?