Cirebon yang berarti caruban atau bersatu padu, yakni bersatu padunya masyarakat yang beragam latar belakang. Sunda, Jawa, Arab, Tionghoa, semuanya melebur membentuk budaya sendiri.

Tak heran jika budaya campuran ini menghasilkan kekayaan budaya yang besar. Mulai dari bahasa sampai dengan kulinernya.

Nah, bicara tentang kuliner, tentu keragaman budaya Cirebon juga mempengaruhi cita rasa dan jenis kuliner Cirebon yang begitu beragam. Dan berbagai kuliner Cirebon kini banyak yang terkenal di nusantara.

Tahu gejrot adalah salah satu kuliner Cirebon yang paling dikenal luas di Indonesia. Kini banyak rumah makan di Indonesia yang menjajakan tahu gejrot sebagai hidangan utamanya.

Bahan-bahan tahu gejrot terdiri dari tahu yang sudah digoreng kemudian dipotong kecil-kecil. Nah, yang spesial adalah kuah sambal kecap yang dibuat dari cabe, bawang putih, bawang merah, dan gula.

Makanan tambah unik karena biasanya disajikan di layah kecil agar meresap dengan bumbu, juga dimakan dengan tusuk lidi kecil.

Pengen tahu lebih detail bagaimana cara membaut tahu gejrot? Ikuti resep membuat tahu gejrot berikut ini.

Resep Tahu Gejrot Asli Cirebon

youtube.com
youtube.com

Bahan-Bahan:

  • Tahu goreng pong atau tahu yang sudah digoreng sebanyak 10 buah.
  • 2 buah tomat yang sudah dipotong-potong
  • Gula jawa secukupnya
  • Garam secukupnya atau 1/2 sendok teh
  • Asam jawa secukupnya
  • Cabe rawit merah sesuai selera
  • Cabe rawit hijau sesuai selera
  • 4 siung bawang putih
  • 3 butir bawang merah
  • Kecap manis secukupnya atau kira-kira 50 ml
  • Air putih secukupnya atau kira-kira 400 ml

Cara Membuat:

youtube.com
youtube.com

Dalam membuat tahu gejrot, bahan yang dibutuhkan paling utama tentunya adalah tahu. Siapkan tahu goreng pong atau tahu yang sudah digoreng sebanyak 10 buah.

Untuk bumbunya siapkan gula merah secukupnya, tomat 2 buah yang sudah diiris-iris menjadi beberapa potong, garam secukupnya, asam jawa secukupnya, bawang putih kurang lebih sebanyak 4 siung saja, bawang merah juga 4 butir.

Bumbu selanjutnya adalah gula jawa separuh bagian yang berbentuk silinder, atau satu bagian untuk yang berbentuk bundar. Cabe rawit hijau dan cabe rawit merah jumlahnya sesuai selera, terakhir kecap manis secukupnya.

youtube.com
youtube.com

Pertama kali yang perlu dikerjakan dalam membuat tahu gejrot adalah membuat kuah. Siapkan air putih dalam panci. Ambil 2 siung bawang putih dan garam, lalu haluskan. Tumbuk bawang putih dengan garam secukupnya sampai halus.

Setelah halus, masukkan tumbukan itu ke dalam air yang akan dipergunakan untuk kuah. Selanjutnya adalah menghaluskan atau menumbuk bumbu lain dengan menggunakan ulek atau cobek.

youtube.com
youtube.com

Mulai dengan memasukkan bawang merah, sisa bawang putih, cabe rawit merah, dan cabe rawit hijau sesuai selera ke dalam cobek, tumbuk atau haluskan. Setelah bumbu menjadi halus, masukkan kembali bumbu tersebut ke dalam air di panci tadi.

Tambahkan sisa bahan bumbu, yakni asam jawa, juga gula merah ke dalam panci, aduk-aduk sebentar. Pindahkan panci ke perapian atau kompor, lalu direbus. Sambil direbus, aduk-aduk kuah agar semua bumbu tercampur dengan kuah.

youtube.com
youtube.com

Disela-sela sebelum mendidih, tambahkan kecap secukupnya. Aduk-aduk kembali dan tunggu sampai mendidih. Setelah mendidih, angkat kuah itu dan pindahkan.

Langkah selanjutnya adalah memotong tahu menjadi persegi, jika sebelumnya bentuk tahu memanjang.

youtube.com
youtube.com

Siapkan wajan dan minyak goreng, dan goreng kembali tahu pong itu agar tahu semakin menjadi renyah. Karena aslinya sudah matang, jangan terlalu lama-lama agar tidak menjadi gosong. Angkat dan pindahkah ke piring.

Setelah tahu kita goreng, masukkan buah tomat yang sudah diiris ke dalam piring. Langkah terakhir, siram tahu tersebut dengan kuah yang sudah dibuat tadi. Tahu gejrot siap untuk disajikan.

youtube.com
youtube.com