tablemat.wordpress.com

Cara Membuat Telur Asin Air Garam yang Masir Meski Sederhana

Posted on

Apa kamu memiliki teman yang berasal dari Brebes? Pasti kerap dibawakan oleh-oleh berupa telur asin olehnya. Telur asin adalah salah satu olahan telur yang begitu digemari oleh masyarakat.

Mengasinkan telur pun dapat kamu lakukan jika di rumah ada begitu banyak stok telur. Karena masa simpan telur yang tidak terlalu lama mudah membuatnya cepat busuk.

Nah, dengan membuatnya menjadi telur asin, kamu ada alternatif baru untuk mengurangi resiko kebusukan telur. Dan yang paling penting, kamu tidak akan pernah rugi dengan kehilangan telur yang menjadi busuk.

Apabila kamu ingin membuat stok telur yang kamu miliki untuk asinkan, tidak perlu repot lagi lho ibu-ibu. Ikuti saja cara untuk membuat telur asin air garam yang mudah dan praktis berikut ini. Hanya menggunakan sedikit bahan saja kamu sudah bisa membuatnya.

Dijamin, kamu bakal mempromosikannya kepada tetangga terdekat untuk ikut-ikutan buat telur asin. Yuk, disimak baik-baik.

Bahan untuk Membuat Telur Asin

puyuhjaya.wordpress.com
puyuhjaya.wordpress.com

Cara untuk membuat telur asin itu bermacam-macam, salah satunya dengan menggunakan air garam. Cara ini dikenal lebih mudah dan praktis untuk mengasinkan telur yang begitu banyak.

Meski mudah, jangan khawatir, telur yang dihasilkan pun akan masir nantinya. Kamu perlu menyiapkan beberapa bahan terlebih dahulu ya, seperti 10 hingga 30 butir telur bebek yang masih segar.

Akan lebih baik jika telur yang dipakai masih berusia 1 sampai 2 hari agar telur asin yang dihasilkan nanti lebih berkualitas. Apabila tak ada telur bebek, kamu bisa menggantinya dengan telur ayam, asalkan pilih yang berkualitas baik ya.

avinuweb.com
avinuweb.com

Kemudian, siapkan garam dapur sebanyak 500 gram. Kamu juga bisa menggunakan garam kotak atau garam kosok. Lalu, air bersih sebanyak 1,5 sampai 2 liter untuk merendam si telur nantinya.

Jangan ketinggalan si stoples kaca atau plastik dengan penutupnya yang masih rapat. Kalau kiranya telur yang akan kalian buat sangat banyak, bisa juga menggantinya dengan ember. Namun, pastikan terlebih dahulu bahwa si ember punya penutup ya.

Cara Membuat Telur Asin

tkpertiwikarangcegak.blogspot.com
tkpertiwikarangcegak.blogspot.com

Jika semua bahan telah siap tersedia, sekarang saatnya untuk membuat telur asin rumahan yang sangat sederhana dan mudah. Pertama-tama, rendam telur ke dalam wadah berisi air.

Kemudian, seleksi telur yang akan diasinkan. Apabila telur melayang, maka singkirkan, karena tak layak diolah. Selanjutnya, bersihkan kulit telur dengan cara menggosoknya. Hal ini dilakukan untuk menghilangkan kotoran dan membuka pori-pori dari kulit telur.

pradiayanfirmansyah.blogspot.com
pradiayanfirmansyah.blogspot.com

Jika sudah bersih, maka tiriskan telur dan simpan dalam wadah yang telah disiapkan. Langkah berikutnya ialah buat larutan perendam berupa campuran air dan garam. Gunakanlah air dingin untuk membuat larutan ini.

Apabila kamu mau menggunakan air panas, tunggu air larutan menjadi dingin terlebih dahulu sebelum digunakan. Setelah air garam siap, tuangkan secara perlahan ke dalam wadah yang telah berisi telur tadi.

zawiahdiari.blogspot.com
zawiahdiari.blogspot.com

Pastikan bahwa larutan air garam merendam semua telur secara sempurna. Jika ada yang tidak terendam dengan baik, kamu bisa mengambil kantong plastik dan diisi dengan air. Kemudian, kantong plastik tersebut digunakan untuk menimpa telur agar terendam.

Setelah itu, tutup rapat wadah. Lakukan perendaman selama 12 hingga 15 hari. Untuk mempermudah kamu dalam mengingat, kamu bisa menuliskan tanggal pembuatan telur asin ini di tutup toples yang kamu gunakan.

Nah, dengan perendaman yang dilakukan selama 12 hingga 15 ini, kamu sudah bisa mendapatkan telur yang masir. Namun, jika ingin memiliki telur yang lebih awet, kamu bisa merendamnya lebih lama lagi hingga 3 minggu kok.

dapur-alifi.blogspot.com
dapur-alifi.blogspot.com

Apabila masa perendaman sudah selesai, maka kamu bisa mengeluarkan telur dari dalam stoples maupun ember yang berisi air garam. Setelah itu, kamu bisa merebus telur asin tersebut sampai matang dan siap untuk disantap sebagai lauk-pauk yang kaya protein.

Mudah bukan cara membuatnya? Selamat mencoba.

[td_smart_list_end]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *