indonesianfood21.blogspot.com

Cara Membuat Tempe Bacem Khas Sunda yang Praktis, Enak Dan Sederhana

Posted on

Bahan makanan yang terbuat dari kedelai ini adalah makanan yang paling sering ada di meja makan masyarakat Indonesia. Selain harganya yang murah meriah, rasanya juga enak.

Tempe sangat mudah didapat dan bisa diolah menjadi berbagai masakan, sesuai selera masing-masing. Dalam pembuatannya pun tidak butuh bahan atau cara yang sulit.

Salah satu olahan tempe yang enak dan mudah dibuat adalah tempe bacem. Berikut ini akan disajikan cara membuat tempe bacem khas sunda yang praktis, enak dan sederhana.

Bahan dan Bumbu yang Dibutuhkan

resep-masakan.website
resep-masakan.website

Sebelum memasak, sebaiknya dipersiapkan terlebih dahulu bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan.

Ciri khas tempe bacem Sunda ini adalah tidak menggunakan santan kelapa. Karenanya, digunakan air biasa sebanyak 750 ml. Bahan-bahan lain yang dibutuhkan adalah asam Jawa, sekitar satu bungkus.

annadinara.blogspot.com
annadinara.blogspot.com

Kemudian bawang merah 4 butir, bawang putih 5 siung, bubuk ketumbar 3 sendok makan, daun serai 2 batang, garam secukupnya, gula merah 2 buah, gula pasir secukupnya.

Dan bahan utama masakan ini adalah tempe mentah sekitar dua bungkus, atau sesuai selera.

en.wikipedia.org
en.wikipedia.org

Untuk mendapatkan tempe bacem yang enak, kamu bisa memilih tempe yang dibungkus daun. Rasa tempe yang terbungkus daun lebih enak dibandingkan tempe yang dibungkus plastik.

Cara Membuat Tempe Bacem

yukmasak.com
yukmasak.com

Setelah semua bahan dan bumbu siap, maka tahapan selanjutnya adalah memasak. Jangan lupa siapkan juga peralatan yang dibutuhkan.

Untuk memasak tempe bacem, kamu membutuhkan wajan atau panci dan juga serok.

Pertama, tempe yang telah dikupas tadi dipotong sesuai selera. Kamu bisa memotongnya berbentuk kotak, dadu, menyamping atau mendatar.

Setelahnya, haluskan bumbu-bumbu tadi. Dimulai dari ketumbar yang ditumbuk hingga benar-benar halus baru dilanjutkan dengan bawang putih dan bawang merah.

Agar bumbu cepat halus, tambahkan juga garam secukupnya. Setelah ketumbar dan bawang halus, tambahkan juga gula merah, gula pasir dan asam Jawa. Untuk serai, cukup dimemarkan saja, tidak perlu ditumbuk hingga halus.

annadinara.blogspot.com
annadinara.blogspot.com

Tahap berikutnya adalah panaskan air di dalam wajan atau panci. Kemudian dimasukkan bumbu-bumbu yang telah dihaluskan beserta tempe yang sudah dipotong tadi.

Jangan lupa tutup wajan tadi dan tunggu hingga airnya meresap dan menguap seluruhnya. Sesekali kamu juga perlu mengeceknya dan membaliknya agar seluruh tempe merata terendam air dan bumbu.

Untuk tempe bacem khas Sunda ini memang tidak menggunakan air kelapa. Berbeda dengan tempe bacem khas Jawa Tengah yang menggunakan air kelapa.

Selain itu, tempe bacem khas Sunda ini juga tidak memakai kecap. Selain agar warnanya tidak terlalu pekat, juga agar tidak terlalu manis. Ciri khas makanan Sunda adalah tidak terlalu manis.

Setelah rebusan tempe dengan bumbu airnya kering, matikan kompor. Biarkan tempe tadi menjadi dingin lalu dapat disimpan di dalam stoples atau wadah lainnya.

Proses ini belum selesai. Jika ingin menikmatinya, kamu masih perlu untuk menggorengnya terlebih dahulu. Tempe bacem sangat enak dinikmati dalam keadaan hangat ditemani cabai rawit pedas.

newcorners.party
newcorners.party

Tempe bacem khas Sunda ini merupakan salah satu cara pengawetan masakan. Tempe yang sudah dibumbu tetapi belum digoreng, dapat tahan disimpan hingga beberapa hari.

Jika ingin menikmatinya, tinggal digoreng saja tanpa harus menambahkan bumbu lagi.

Meski merupakan cara pengawetan, gizi yang terdapat pada tempe bacem tidak berkurang. Makanan ini juga aman dan enak untuk lauk bagi anak kecil. Karena proses memasaknya membuat tempe lebih lunak.

Mudah bukan? Demikianlah cara membuat tempe bacem khas Sunda atau Jawa Barat. Kamu bisa mempraktekkannya di rumah karena bahan-bahannya mudah dicari dan mudah dibuat. Selamat mencoba.

[td_smart_list_end]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *