doktersehat.com

5 Cara Memilih Pembalut yang Aman Bagi Wanita

Posted on

Semua wanita pasti mengalami siklus haid setiap bulan. Pada saat haid, tentu para wanita menggunakan pembalut untuk menampung darah yang keluar.

Sayangnya, penggunaan pembalut yang aman, sehat, dan baik masih kurang diperhatikan. Ada yang acuh, ada juga yang memang tidak mengetahui jenis pembalut seperti apa yang sebaiknya digunakan.

Wanita lebih mengenal dan memperhatikan merk serta harga pembalut daripada memperhatikan resiko apabila salah memilih jenis pembalut. Urusan perempuan yang satu ini memang susah-susah gampang.

Lalu, bagaimana cara memilih pembalut wanita yang tepat, sesuai dengan standar kesehatan?

Berdaya Serap Tinggi

news.okezone.com
news.okezone.com

Pembalut yang memiliki daya serap tinggi akan membantu proses penyerapan darah pada saat haid keluar lebih banyak. Hal ini juga mencegah pembalut menjadi bocor dan menodai pakaian.

Pastikan bahwa bahan di dalam pembalut adalah kapas, bukan koran bekas. Mengapa? Karena sempat beredar produk pembalut dengan bahan dasar koran bekas di dalamnya yang tentu sangat membahayakan organ kewanitaan.

Nyaman Dipakai

dailymoslem.com
dailymoslem.com

Pilih pembalut yang nyaman dipakai sehingga tidak mengganggu aktivitas sehari-hari. Sekarang sudah banyak jenis pembalut yang dikhususkan penggunaannya pada siang hari dengan aktivitas tinggi, serta pembalut malam hari.

Tidak Berbau

palembang.tribunnews.com
palembang.tribunnews.com

Ada baiknya pilih pembalut wanita yang tidak mempunyai aroma tertentu. Wangi-wangian pada pembalut justru membuktikan bahwa pembalut tersebut mengandung bahan kimia tertentu yang belum tentu cocok bagi semua jenis kulit.

Bagi wanita yang memiliki kulit sensitif, hal ini justru akan membuat organ kewanitaan menjadi gatal dan iritasi. Lebih baik pilih pembalut yang tanpa aroma apapun.

Pilih yang Berkualitas

peterparkerblog.com
peterparkerblog.com

Pembalut yang terbuat dari bahan berkualitas akan terasa lembut di kulit. Bahan yang lembut ini akan mengurangi faktor iritasi pada daerah organ kewanitaan. Jangan korbankan kesehatan demi alasan harga murah ya.

Produk Baru

doktersehat.com
doktersehat.com

Pembalut wanita adalah produk sekali pakai. Oleh karena itu, para produsen terkadang sering mendaur ulang bahan baku kertas bekas dan pulp kemudian menjadikannya bahan dasar pembuatan pembalut wanita untuk menghemat biaya produksi.

Bahan baku yang dipakai tersebut mulai dari kertas koran, kardus, karton bekas, yang sudah pasti penuh dengan bakteri, kuman, serta bermacam pewarna sintetis.

Pada proses daur ulang, pasti banyak bahan-bahan kimia yang mengandung khlor, Bahan kimia tersebut digunakan untuk proses pemutihan bahan baku. Khlor juga digunakan untuk proses sterilisasi kuman serta untuk menghilangkan bau pada bahan baku hasil daur ulang.

makassar.tribunnews.com
makassar.tribunnews.com

Proses pemutihan tersebut akhirnya menimbulkan senyawa baru yang dinamakan dioxin yang bisa menjadikan pembalut wanita menjadi berbahaya jika digunakan.

Wah, hati-hati ya bagi para wanita. Kesehatan adalah nomor satu, prioritas utama, agar kelak tidak akan muncul penyakit serius.

[td_smart_list_end]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *