ahlisusu.blogspot.com

Orang Tua Harus Tahu! 4 Cara Memilih Susu Formula yang Baik untuk Bayi

Posted on

Bayi yang sudah memasuki umur 6 bulan memerlukan asupan nutrisi tambahan. Ada sebagian ibu yang memberikan tambahan nutrisi, selain MPASI, berupa susu formula.

Meskipun saat ini lebih banyak ibu yang memilih memberikan ASI eksklusif sampai usia anak menginjak 2 tahun.

Jika ingin memberikan susu formula, para orang tua harus cermat dalam memilih jenis yang bagus untuk pertumbuhan dan kecerdasan otak bayi.

Jangan sembarangan memberi susu formula kepada bayi, sebab bisa saja si bayi terkena alergi susu. Pemberian susu formula bukannya menyehatkan, tapi hanya akan menambah masalah kesehatan pada si kecil.

Bagi ibu yang bingung bagaimana cara memilih susu formula yang tepat untuk si buah hati, maka tidak perlu khawatir. Silahkan simak 4 cara jitu memilih susu formula di bawah ini.

Sesuaikan dengan Usia Anak

abiummi.com
abiummi.com

Setiap kelompok usia membutuhkan komposisi gizi yang berbeda satu sama lain. Semakin tinggi usia anak, semakin banyak kalori yang dibutuhkan.

Perhatikan Apakah Bayi Alergi Susu

katalogibu.com
katalogibu.com

Rata-rata susu formula yang dikonsumsi berasal dari susu sapi. Tidak semua bayi mempunyai daftar riwayat kesehatan yang sama dengan bayi-bayi lainnya.

Ada bayi yang alergi terhadap susu sapi, ada yang tidak. Ada yang alergi terhadap susu kedelai, ada yang tidak.

Namun, perlu diketahui bahwa pemberian susu kedelai tidak diperbolehkan bagi bayi di bawah 1 tahun karena dikhawatirkan muncul alergi yang lebih parah.

cintakuliner.wordpress.com
cintakuliner.wordpress.com

Ada baiknya setiap bayi harus diperiksa terlebih dahulu ke dokter sebelum diberikan susu formula, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Perhatikan Cara Pembuatan

solusisehatku.com
solusisehatku.com

Baik susu bubuk dan cair, kandungan gizinya tak jauh berbeda. Perbedaan kecil hanya ada pada produknya saja. Sebenarnya proses pembuatan susu bubuk pun berasal dari susu cair. Airnya dihilangkan supaya menjadi bubuk.

Nah, kalau kemudian dicairkan kembali, proses pencairannya harus tepat seperti yang disarankan dalam kemasan agar kandungan gizinya setara dengan susu cair.

Perhatikan Komposisinya

panduanhidupsehat.com
panduanhidupsehat.com

Pada umumnya, setiap susu formula bayi yang dijual di pasaran harus mendekati komposisi ASI dengan kandungan sesuai standar yang telah ditetapkan oleh WHO.

Akan tetapi, tetap saja susu formula tidak dapat menyamai ASI, namun setidaknya komposisi di dalam susu formula harus terdapat gizi dan nutrisi yang dibutuhkan bayi, yaitu:

Kandungan AHA – bermanfaat sebagai perangsang kecerdasan otak anak, dan perkembangan syaraf mata sehingga mata bayi akan sehat.

Kandungan DHA – hampir sama dengan AHA yaitu berfungsi untuk perkembangan otak dan mata.

Kandungan LA – menjaga kesehatan mental dan perkembangan otak.

Kandungan FOS dan GOS – agar pencernaan bayi semakin sehat sebab dapat meningkatkan kekebalan tubuh, meningkatkan jumlah bakteri baik, dan mengurangi jumlah bakteri jahat yang terdapat di dalam tubuh.

gayahidupku.com
gayahidupku.com

Kandungan omega 3 dan omega 6 – menjaga kesehatan dan pertumbuhan fisik seperti rambut, kuku, kulit, dan mencegah kerusakan sel.

Beta karotene dan Lactoferin – anti oksidan, meningkatkan daya tahan, dan kekebalan tubuh.

Kolin – mencegah membran sel agar tidak mudah bocor atau rapuh, sehingga proses peremajaan sel-sel dapat berjalan dengan baik.

[td_smart_list_end]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *