Kalau kamu hendak menggunakan laptop namun, keyboard tidak bisa berfungsi sama sekali, bagaimana rasanya? Pasti sangat mengesalkan. Keyboard ternyata memang sangat berperan penting dalam mengoperasikan laptop atau PC.

Maka jika kamu menemukan keyboard laptopmu rusak, segera lakukan langkah-langkah perbaikan agar kamu tetap bisa mengoperasikan laptop dengan normal seperti sedia kala.

Bingung bagaimana memperbaikinya? Tenang saja. Kamu tidak perlu buru-buru memutuskan membawa laptopmu ke tempat service laptop. Kamu bisa memperbaikinya sendiri, tentu tanpa merusak komponen lainnya.

Caranya sederhana, kok.

1Diagnosis Masalah

preindo.com

Ketika kamu menekan tombol di keyboard laptop, maka pastikan apa saja yang membuat keyboard laptop tersebut tidak mampu beroperasi. Apakah hal itu hanya diakibatkan karena tombol keyboard yang macet?

Mengenai hal ini, maka pastikan kamu menekan semua tombol yang ada pada laptop. Pastikan bahwa ketika kamu menekan beberapa tombol, akan muncul respon dari laptop terhadap salah satu tombol keyboard yang kamu tekan.

Namun, jika semua tombol kunci tidak terpengaruh, tidak muncul respon sama sekali atau jika muncul, respon yang keluar berbeda dengan inputnya, maka kemungkinan yang terjadi adalah adanya kerusakan pada perangkat lunak di dalam laptopmu.

2Bersihkan Tombol yang Tidak Bekerja

webpcmag.com

Gunakan kain kering untuk membersihkan permukaan tombol yang rusak, bila kerusakan keyboard hanya terjadi pada bagian tombol tertentu. Kain berbahan serat tersebut jangan dibasahkan. Ingat, gunakan kain kering.

Kamu juga bisa membuka tombol keyboard yang macet akibat terkunci oleh sesuatu hal, seperti debu atau yang lainnya. Tapi kamu harus hati-hati ketika memperbaikinya supaya tidak terjadi kerusakan lebih lanjut pada tombol keyboard yang hendak kamu perbaiki.

3Lepaskan Tombol yang Tidak Bekerja

cybercomputerkdi.blogspot.com

Kamu bisa melakukan hal ini (melepaskan tombol) dengan bantuan gunting kuku. Caranya dengan menarik keluar tombol yang mengalami kerusakan. Gunakan hook kecil untuk menarik secara perlahan sampai kunci benar-benar telah tertarik keluar.

Angkatlah engsel plastik yang terlipat dibawah bagian tombol yang rusak tersebut, dan tombol keyboard siap dibersihkan. Hati-hati selalu ya saat membersihkan.

4Bersihkan Sensor Keyboard

annml.wordpress.com

Sensor adalah penggerak kecil yang berbentuk foil seperti sebuah baris. Berhati-hatilah membersihkan bagian ini, sebab perangkat ini sangat peka.

Jika memang telah rusak, maka kamu membutuhkan ongkos yang sangat mahal untuk membeli perangkat baru.

Lakukanlah pembersihan dengan cara lembut dengan kain serat untuk menghilangkan debu atau remah, mungkin juga ada partikel yang mengganggu fungi keyboard.

Jangan membersihkan dengan kain basah, sebab hal ini akan mempertinggi resiko kerusakan keyboard.

5Pasang Kembali Tombol

tokocentralpc.com

Pasang kembali tombol yang sudah kamu bersihkan tadi sesuai pada tempatnya semula, sebagaimana kamu membukanya tadi.

Tutup bagian tombol secara tepat, jangan sampai berubah dari posisi semula agar keyboard tidak eror akibat kesalahanmu meletakkan keyboard kembali ke laptop.

6Saatnya Uji Keyboard!

riaubox.com

Setelah pemasangan selesai dilakukan, maka langkah selanjutnya adalah menguji bagian keyboard yang sudah kamu bersihkan.

Bila dalam pengujian, tombol keyboard belum juga bekerja, maka coba restart laptopmu, atau mengaktifkan sistem restore. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa masalahnya bukan terjadi pada perangkat lunak.

Apabila kamu masih belum berhasil melakukan keenam cara di atas, itu artinya kamu harus membawa laptopmu ke tempat service laptop yang berlisensi dan terpercaya kualitas pelayanannya.

Jangan sampai kamu memaksakan diri untuk memperbaikinya sendiri. Bisa saja laptopmu malah menjadi rusak total.