Wifi. Siapa sih yang ngga kenal dengan wifi? Mungkin kamu sudah sangat sering menyebutkan kata wifi, tapi apakah kamu tahu kepanjangan dari wifi itu?

Wifi merupakan kependekan dari Wireless Fidelity yaitu sebuah media penghantar komunikasi data tanpa kabel yang bisa digunakan untuk komunikasi atau mentransfer program dan data dengan kemampuan yang sangat cepat.

Kenapa bisa bekerja sangat cepat? Karena media penghantarnya menggunakan sinyal radio yang bekerja pada frekwensi tertentu.

Siapa sih yang ngga suka dapet internet gratis? Apalagi nebeng wifi temen, tetangga, bahkan resto tempat makan. Ini udah jadi hal yang lumrah kan?

Alat-alat yang menggunakan wifi misalnya PC atau laptop, smartphone, video game, dan lain sebagainya.

Kamu pasti sering mendapati nama-nama wifi yang konyol, ngeselin, ngga penting dan lain sebagainya. Mulai dari nama wifi “MODAL WOI” sampai “JOMBLO YA?” mungkin pernah kamu dapati. Yah, tapi kamu bisa apa. Kan yang penting dapat gratis.

So guys, biasanya koneksi wifi sering lambat atau loading lama. Nah, yuk simak tips agar koneksi wifi cepat dan lancar jaya.

1Cek Posisi Router

www.bedahtekno.com

Mungkin ini terkesan hal sepele, tetapi ternyata ini memiliki efek yang cukup besar. Router bekerja mengirimkan sinyal kesemua arah, karena itu sebaiknya letakkan router di bagian tengah ruangan.

Bila router diletakkan disamping jendela, maka akan ada sinyal yang dikirim keluar ruangan. Ini akan membaut wifi mu sia-sia dan tidak menjangkau ke seluruh ruangan.

Apalagi jika tidak terpasang password, kecuali kamu memang ingin sedekah wifi. Hehehe.

2Atur Antena Agar Berdiri

tokokomputer007.com

Atur agar antena router berada di posisi vertikal. Posisi ini akan membuat sinyal terpancar secara horizontal sehingga sinyal WiFi lebih mudah menjangkau seluruh bagian ruangan.

Antena itu hal paling penting yang harus kamu perhatikan.

3Jauhkan dari Elektronik Lain

septiabelajar.blogspot.com

Terutama jauhkan dari setrikaan ya. Khawatir panas. Wkwkw.

Mungkin salah satu masalah koneksi wifi dirumah mu lemah adalah karena posisi router yang berdekatan dengan alat elektronik lain. Misal nya microwave, telepon nirkabel dan televisi.

Perangkat apapun yang menghasilkan sinyal elektromagnetik bisa mengganggu dan melemahkan kinerja sinyal WiFi. Wah, segera pindahkan posisi routermu jika ia masih berdekatan dengan benda-benda yang memancarkan sinyal.

4Letakkan Router Ditempat Khusus

jalantikus.com

Sinyal WiFi akan terpancar lebih kuat di dalam ruangan tempat kamu menyimpan router tersebut. Atas dasar itu, sebaiknya kamu meletakkan router tersebut dalam ruangan yang sering ditempati saat menggunakan internet.

5Jangan Letakkan Dilantai

teknologi.metrotvnews.com

etakkan router di tempat yang tinggi, misalnya meja atau lemari. Di resto atau mall biasanya router diletakkan di langit-langit. Posisi yang lebih tinggi akan menguntungkan karena router dirancang untuk mengirimkan sinyal ke bawah.

Selain itu, lantai mengandung bahan semen, beton dan logam ternyata cukup sulit ditembus oleh sinyal WiFi.

6Pilih Tempat Terbuka

www.yokeepo.com

Ada banyak bahan yang bisa menyerap sinyal router dan mengurangi kinerjanya. Untuk menjaga agar kinerja sinyal tetap optimal, sebaiknya kamu tidak meletakkan router di antara mebel berukuran besar dan dinding, atau di dalam lemari.

Pilihlah posisi yang bebas himpitan serta membuat router tersebut dapat terlihat dari manapun.

7Lembiru

pasukanoranges.blogspot.com

Nah, tahukah kamu apa itu lembiru? Dia bukan jenis alat elektronik tetapi mampu menjadi salah satu cara ampuh dalam mempercepat koneksi wifi dirumahmu.

Lempar Beli Baru! Yap. Cara terakhir jika koneksi wifi mu masih saja lambat adalah dengan membeli router baru. Move on guys. Haha.

SHARE