Kulit wajah yang terlihat lebih putih dan bersinar menjadi dambaan bagi banyak orang saat ini pastinya ya, secara kulit putih memang terlihat lebih menarik.

Apalagi bagi para kaum hawa, mereka lebih merasa percaya diri dan lebih cantik dan pastinya mereka sering melakukan banyak cara untuk memutihkan wajahnya, tidak hanya cara alami saja yang mereka gunakan, tapi juga menggunakan produk-produk kecantikan yang tidak murah harganya, bahkan sampai ada yang menggunakan suntikan kulit yang harganya selangit.

Wanita biasanya memang ingin mendapat pujian dari teman-temannya karena memiliki kulit putih. Rasanya seperti menjadi pusat perhatian. Bagaikan seorang putri raja yang penuh dengan pujian dan penghargaan dari sekitarnya.

Memutihkan kulit memang tidak sepenuhnya salah. Namun kamu perlu kembali menata niat terlebih dahulu. Bahwa upaya yang kamu lakukan ini merupakan bentuk rasa syukur atas anugerah yang telah Tuhan berikan kepadamu.

Memutihkan kulit merupakan salah satu upaya menjaga kenikmatan Tuhan yang telah memberikanmu bentuk wajah yang indah.Tentunya dengan tetap senantiasa menjaga diri agar tubuh dan wajahmu tidak menjadi sumber kejahatan.

Yuuk mari sama-sama bahas tentang kulit dan cara memutihkan kulit secara alami.

1Penyebab Kulit Tidak Bisa Putih

hypeline.org

Sebelum kita bahas tentang bagaimana cara memutihkan kulit ada baiknya kita ketahui dulu tentang penyebab kulit tidak bisa putih.

Garis turunan atau genetika

Kulit memang berdasarkan keturunan, tidak mungkin orang tuanya mempunyai kulit hitam dan anaknya punya kulit putih. Faktor genetika merupakan faktor terutama dalam pembentukan warna kulit.

Tapi bukan berarti kulit hitam tidak bagus dan putih tidak selamanya bagus, jadi jangan minder bagi yang berkulit hitam.

Pola hidup kurang sehat

Faktor berikutnya kulit tidak bisa putih adalah pola hidup yang kurang sehat. Biasanya ini terjadi pada kamu yang jarang membersihkan wajah, selalu begadang, jarang berolahraga, makanan dan masih banyak lagi.

Faktor umur

Faktor umur juga bisa mempengaruhi kulit seseorang, Bagi kamu yang berumur kurang dari 11 tahunan, ada baiknya lebih bersabar. Faktor umur erat kaitannya dengan produksi kolagen pada kulit.

Senyawa ini akan banyak diproduksi ketika seseorang memasuki masa puber. Inilah alasan kenapa banyak anak remaja dan dewasa yang lebih mudah memiliki kulit putih.

2Jenis-Jenis Kulit

tokoonline94.com

Sebelum kita bahas cara memutihkan kulit ada baiknya kita ketahui jenis-jenis kulit yang juga penting bagi kita.

Kulit kering

Pada kategori jenis kulit yang kering bisa di sebabkan tidak cukup minyak yang di hasilkan oleh kelenjar yang menghasilkan minyak pada kulit, gunakan pelembab kulit, keuntungan kulit kering tidak mudah terkena jerawat. Namun jenis kulit ini akan terlihat kusam.

Kulit Sensitif

Kulit sensitif merupakan masalah yang perlu perhatian khusus, jenis kulit ini merupakan pengaruh factor genetis dan kulit akan sensitif terhadap hal perawatan, pemilihan produk untuk kulit dan dalam menghadapi perubahan cuaca dalam lingkungan.

Pada jenis kulit ini system perlindungan pada kulit kurang baik apalagi dalam menghadapi udara kotor atau polusi. Yang sering terjadi pada kulit sensitive adalan kulit terlihat cepat kering dan mudah terjadinya iritasi pada kulit.

Kulit Berminyak

Pada jenis kulit berminyak adalah kebalikan dari kulit kering, hal ini disebabkan kulit mengeluarkan minyak berlebih. Jenis kulit ini lebih mudah terkena jerawat, harus rajin membersihkan kulit terutama wajah dan untuk ke untungannya jelas kulit tidak kering dan pecah.

Cara Memutihkan KulitUntuk carmemutihkan kulit dalam tubuh manusia sebagian besar terbagi dalam 3 macam bagian. Wajah atau muka, badan, tangan dan kaki, kita akan bahas satu persatu dari ketiga bagian tersebut

3Memutihkan Wajah

doktergalau.com

Untuk memutihkan wajah ini lebih baiknya menggunakan cara-cara yang alami seperti hal-hal di bawah ini.

Dengan jeruk nipis

Antioksidan yang terkandung dalam jeruk nipis dapat berkhasiat memutihkan kulit wajahmu. Jeruk nipis juga berkhasiat mengecilkan pori-pori wajah.

Pertama siapkan satu buah jeruk nipis dan satu butir telur ayam. Potong dan ambil air perasan jeruk nipis.

Kemudian pecahkan telur ayam dan ambil putih telurnya. Selanjutnya campurkan keduanya dan oleskan ke seluruh permukaan wajah sebagai masker.

Diamkan selama 20 menit. Setelah itu, bersihkan wajahmu dengan air hangat. Lakukan cara ini secara rutin minimal satu hari sekali.

Dengan buah tomat

Buah yang matangnya berwarna merah ini banyak mengandung Vitamin A, Vitamin C,Vitamin E, anti-kuman, dan beberapa mineral yang baik untuk kulit. Tomat juga dapat berfungsi sebagai pemutih alami kulit bila benar cara penggunaannya.

Kamu cukup menyiapkan sebutir tomat dan sedikit jeruk nipis. Blender tomat dan jeruk nipis.

Kemudian gunakanlah sebagai masker pada seluruh permukaan kulit wajah dan leher. Pastikan kamu sudah membersihkan wajahmu terlebih dahulu.

Setelah 10 menit. Bersihkan menggunakan air dingin. Rutinkan cara ini pada malam hari menjelang kamu tidur.

Dengan minyak zaitun

Yup minyak zaitun merupakan minyak yang recomended banget. Kandungan yang begitu kaya dalam minyak zaitun banyak berguna bagi kesehatan tubuh kita. Selain sebagai campuran untuk banyak produk kecantikan dan produk kesehatan, minyak ini dapat diminum secara langsung.

Dapat juga dikombinasikan dengan buah sebagai masker alami, juga untuk bahan mengolah masakan.

Beberapa khasiat minyak zaitun bagi kulit adalah menghilangkan flek hitam dan membersihkan sel kulit mati serta melembabkannya.

Campurkan minyak zaitun dengan gula pasir secukupnya. Selanjutnya oleskan merata ke seluruh permukaan wajah sambil membuat gerakan memutar dan memijat secara ringan.

Hindari daerah mata karena dapat menyebabkan rasa perih.Lakukan selama kurang lebih 5 menit. Untuk mendapatkan hasil maksimal dapat kamu lakukan 3 kali sehari.

Dengan buah bengkoang

Bahan alami ini menjadi favorit sebagian besar wanita untuk dijadikan masker pemutih wajah. Kandungan vitamin B dan vitamin C didalamnya memiliki khasiat untuk memutihkan sekaligus mengangkat noda hitam pada wajah.

Pertama, siapkan bengkoang yang telah kamu kupas, cucilah hingga bersih. Kemudian parutlah dan peraslah. Ambil sarinya dan diamkan selama 20 hingga 30 menit.

Bila kamu telah melihat ada endapan sari bengkoangnya. Ambil dan gunakan sebagai masker wajah.

Aplikasikan sampai mengering. Lalu bilas dengan air hangat. Gunakan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Bisa pula kamu kombinasikan dengan madu.

Dengan putih telur

Tidak banyak yang tahu tentang putih telor ini, yang ternyata mampu memutihkan kulit di wajah, caranya seperti ini. Siapkan telur ayam/bebek, tapi usahakan kampung ya lalu pecah dan pisahkan dengan kuning telurnya. Kocok putih telur hingga berbusa dan putih dan tambahkan sedikit madu (optional).

Oleskan secara merata ke seluruh area wajah setelah selesai mandi lalu diamkan selama 30 menitan, lalu bilas dengan air hangt, lakukan itu secara rutin, hasilnya akan maksimal ketika dilakukan secara rutin minimal setiap hari 1 kali.

Dengan Yoghurt

Yogurht ternyata juga mampu memutihkan kulit wajah kita, yoghurt berguna untuk mempercepat pengelupasan sel-sel kulit mati. Caranya seperti ini

Sediakan yoghurt tawar secukupnya saja lalu campurkan dengan sedikit madu hingga agak mengental.

Bilas wajah dengan air hangat, kemudian oleskan masker tadi, agar meresap sempurna diamkan selama 30 menit kemudia bersihkan dengan air dingin hingga bersih sempurna.

Dengan Air Beras

Air beras yang selama ini dibuang begitu saja oleh para ibu-ibu yang mau memasak nasi ternyata mampu memutihkan kulit kamu lho, caranya seperti di bawah ini

Siapkan beras yang memiliki kualitas terbaik secukupnya, bisa 6 sdm, lalu masukan kedalam wadah yang udah diisi air sedikit, lalu kocok hingga air berubah seperti susu.

Celupkan kapas kedalamnya, kemudian oleskan keseluruh area wajah setelah mandi. Diamkan selama 1 jam sampai terasa kaku, setelah itu bilas air dingin.

Jika masih bingung, kamu bisa melihat video tutorial di bawah ini

Dengan Lobak

Lobak hanya dikenal sebagai bahan tambahan sayur atau masakan lain pada umumnya, tapi lobak ternyata juga mampu memutihkan kulit kita, ditambah dengan minyak zaitun dan jeruk nipis hasilnya akan luar biasa, caranya seperti ini.

Sediakan lobak 1-2 batang, minyak zaitun, dan jeruk nipis secukupnya.Setelah lobak dicuci bersih, blender atau parut hingga halus.

Campur dengan minyak zaitun dan jeruk nipis hingga membentuk krim mirip pasta. Oleskan ke area wajah yang sudah bersih. Setelah 30 menit bilas dengan air dingin sampai bersih.

Dengan scrup kopi dan gula

Kafein yang terkandung dalam kopi ternyata mampu mengangkat sel kulit mati,  dengan ditambahkan gula hasilnya akan lebih maksimal, caranya seperti di bawah ini.

Sediakan dulu kopi bubuk secukupnya saja kemudian campurkan dengan 2 sendok teh gula dan air hangat. Selanjutnya gosokan secara merata keseluruh area wajah, setelah 10-15 detik, bilas dengan air hangat sampai bersih.

Tapi ada beberapa hal yang perlu kita ketahui, agar proses memutihkan wajah ini bisa maksimal dan sesuai dengan apa yang kita harapkan. Ada baiknya ikuti perhatikan beberapa hal berikut ini :

Bersihkan selalu sisa make up setiap mau tidur, cucilah muka saat mau tidur, hindari makanan-makanan yang berlemak dan sering pakailah masker dalam ruangan.

Hindari asap rokok, debu dan asap-asap lainnya, jangan sering begadang, olahraga rutin dan cukupi kebutuhan air.

Karena akan percuma saja kita rajin menggunakan bahan-bahan seperti diatas tapi kita malas menjaga kulit, hasilnya akan sia-sia, untuk itu perlu sekali disiplin dalam merawat wajah.

4Cara Memutihkan Badan

caratipskesehatan.com

Memutihkan badan memang serasa tidak terlalu penting ya guys, secara rata-rata memang badan atau tubuh sudah putih karena jarang sekali terkena debu atau sinar matahari, kecuali mereka yang suka gak pakai baju.

Untuk ramuan atau cara memutihkan badan sebenernya tidak  jauh dengan menggunakan ramuan campuran alami seperti yang digunakan untuk memutihkan wajah, tapi ada beberapa hal yang perlu kita tahu dalam memutihkan badan atau tubuh.

Pilih sabun yang tepat.

Tentu ini menjadi hal yang harus diperhatikan jika kamu ingin mempunyai tubuh yang putih, secara sabun hampir tiap hari digunakan ntuk tubuh saat mandi.

Dalam memilih sabun haruslah sabun yang tepat, maksudnya tepat adalah sabun yang cocok dengan jenis kulit kita, biasanya atau rata-rata untuk kulit tubuh kita (orang di negara timur) cocoknya memakai sabun yang mempunyai Ph rendah.

Fungsi dari memilih sabun yang lembut (tidak keras) dan ph rendah adalah untuk melembutkan kulit kita, jika kulit kita terasa kering sesudah mandi itu bisa jadi kita menggunakan sabun yang keras yang membuat kulit kita terasa kasar atau kering. Kita dapat memilih sabun yang halus untuk mandi, jangan sampai inginnya dapat kebaikan dari sabun tapi malah tidak cocok dan mendapat kerugian.

Konsumsi air putih secara teratur

Tubuh kita memerlukan air putih setiap harinya paling tidak 2 liter , itu setara 9 gelas air dan salah satu fungsinya adalah menjaga kulit agar tetap segar.

9 gelas dalam sehari ini tidak diminum secara langsung, tapi diatur tiap jam nya, kalau bisa diperkirakan selisih sekitar 2 jam minum air putih segelas dan seterusnya.

Menjaga kulit dari terik matahari

Sinar matahari memang mempengaruhi warna kulit, kulit yang terkena sinar matahari saat panas, pori-pori kulit akan terbakar dan membuat kulit menjadi hitam.

Gunakan sun block saat keluar rumah, sun block ini mampu melindungi kulit kamu agar tidak terasa panas atau lebih aman kamu memakai pakain yang panjang yang mampu melindungi tubuh dari sengat sinar matahari secara langsung.

Menjaga kulit agar tetap lembab

Kulit bisa rusak jika terkena cuaca yang buruk, sinar matahri yang terlalu panas atau debu yang tidak sehat, maka dari itu untuk menjaganya harus menggunakan lotion.

Kamu bisa pilih lotion yang cocok dengan kulit kamu, jangan sembarang lotion karena bisa saja lotion itu gak cocok sama kulit kamu dan akhirnya malah merusak.

Saat mandi

Saat mandi gunakan air hangat minimal 1 minggu sekali, air hangat bisa membuat kulit terasa segar, jangan mandi dengan air yang terlalu panas dan terlalu dingin, karena itu akan membuat kulit rusak.

Kalau ada shower gunakan untuk mandi, lebih baik gunakan shower daripada berendam, karena shower itu lebih bisa membersihkan kotoran di kulit daripada berendam.

Konsumsi makanan mengandung vitamin untuk kulit

Konsumsilah makanan yang banyak vitamin dan bergizi agar tubuh dan kulit kita lebih sehat, beberapa makanan yang bisa kita konsumsi adalah daging merah, sayuran hijau.

Selain kita harus menjaga dari luar tentu dari dalam pun juga harus dilakukan dan salah satunya adalah menutrisi tubuh dengan makanan yang bervitamin yang bagus untuk kulit.

Rawat tubuh dengan lulur

Untuk merawat kulit kita juga bisa melakukan luluran dengan bahan alami, lulur juga bisa untuk memutihkan kulit kita lho, kalau bisa usahakan dalam 3 bulan sekali lulur, lebih baiknya lulur dibuat sendiri dengan bahan-bahan alami.

5Cara Memutihkan Tangan dan Kaki

portalremaja.co.id

Untuk berikutnya setelah kita bahas cara memutihkan wajah dan tubuh, kita akan bahas cara memutihkan tangan dan kaki, secara jika wajah sudah putih, badan juga putih, tapi jika tangan dan kaki hitam ya gak selaras guys, lucu dong jadinya. Jadi baiknya yang diputihin semua.

Berikut cara memutihkan tangan dan kaki dengan cara alami.

Menggunakan buah bengkoang

Yup, betul sekali bengkoang memang merupakan buah yang recomended dan banyak disukai banyak orang, karena kandungan vitamin b nya sangat bagus untuk memutihkan kulit.

Hebatnya bengkoang tidak hanya untuk wajah saja, tapi juga bisa untuk seluruh tubuh, termasuk tangan dan kaki., begini cara memutihkan tangan dan kaki dengan bengkoang:

Sediakan bengkoang secukupnya saja lalu kupas, cuci bersih, dan parut bengkoang tadi hingga halus kemudia peras parutan tersebut sampai menghasilkan air berwarna putih.

Selanjutnya diamkan air perasan tadi semalaman sampai membentuk endapan. Ketika pagi harinya, kamu bisa menggunakan sebagai masker selama 30-60 menit, setelah itu bersihkan dengan membilas menggunakan air dingin.

Lakukan itu paling tidak sehari 1 kali untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Dengan jeruk nipis

Sudah familiar banget ya guys dengan buah satu ini. Yup, jeruk nipis mengandung senyawa asam yang cukup tinggi lho. Kandungan asam tersebut bisa membantu mengangkat sel kulit mati dan mencerahkan kulit secara alami.

Jeruk nipis bisa kamu manfaatkan untuk memutihkan kaki dan tangan. Bahkan dengan perawatan rutin, kulit kaki dan tangan kamu akan lebih halus. Begini cara memutihkan kaki dan tangan dengan jeruk nipis:

Siapkan 1 buah jeruk nipis yang masih cukup segar lalu belah menjadi dua bagian kemudian peras dalam wadah, peras sampai airnya habis.

Oleskan perasan tadi merata keseluruh bagian tangan lalu diamkan kurang lebih 30 menit sambil sedikit dipijat terakhir bilas dengan menggunakan air hangat sampai bersih.

Cara ini bisa kamu lakukan setiap hari minimal 1 kali, bisa saat pagi, siang ataupun malam.

Perpaduan gula, pisang, dan madu

Perpaduan gula, pisang dan madu bisa mengangkat sel kulit mati yang ada pada tangan dan kaki, tentu dengan cara membuat jadi scrub, pastinya ini scrub alami guys, jadi aman bagi kulit kamu. Begini cara memutihkan tangan dan kaki dengan scrub alami

Sediakan 2 sendok makan gula, pisang, dan madu secukupnya lalu campur bahan-bahan tadi. Kemudian oleskan merata keseluruh tangan dan kaki, gosok dengan gerakan melingkar selama kurang lebih 10 detik, lalu bilas dengan menggunakan air hangat sampai bersih.

Lakukan itu paling tidak sehari sekali agar mendapat hasil yang maksimal.

Dengan Beras

Tidak banyak yang tahu tentang kehebatan beras untuk kulit, terutama tangan dan kaki. Beras mempunyai manfaat yang sama dengan bengkoang, kandungan vitamin B1 nya cukup tinggi.

Banyak orang Indonesia yang tidak tahu akan hal ini padahal kandungan nutrisi tersebut sudah banyak dimanfaatkan oleh para wanita Jepang untuk memutihkan kulit tubuh mereka. Begini cara memutihkan kulit kaki dan tangan dengan beras.

Siapkan beras secukupnya saja lalu tumbuk beras tadi sampai halus dan menjadi tepung kemudian tambahkan sedikit air hangat sampai membentuk pasta/krim. Setelah jadi oleskan secara merata keseluruh bagian tangan dan kaki dan diamkan selama 1 jam, lalu bilas dengan air hangat sampai bersih.

Perlu diperhatikan jika menggunakan beras, beras haruslah beras yang baik, yang alami, bukan beras yang banyak disemprot dengan pestisida atau mungkin beras raskin, usahakan beras alami, biasanya bisa beli dari petani kuno atau petani desa.

Perpaduan susu dan yoghurt

Sebenernya yoghurt adalah produk dari susu. Meski demikian, yoghurt mengandung serat dan nutrisi lebih tinggi dari susu. Kandungan serat tersebut bisa memicu produksi kolagen pada kulit, sehingga akan membuat kulit kamu nampak lebih putih dan cerah alami. Begini cara memutihkan tangan dan kaki dengan susu:

Campurkan susu dan yoghurt secukupnya saja lalu oleskan keseluruh bagian tangan dan kaki, usahakan setelah mandi ya kemudia pijat sebentar selama kurang lebih 10 detik, lalu diamkan selama 30 menit.

Bilas dengan menggunakan air dingin sampai bersih dan lakukan itu minimal 1 hari sekali agar dapat hasil yang maksimal.

Dengan pepaya

Yup, pepaya adalah buah yang sudah banyak diketahui orang dan menjadi salah satu buah favorit orang di desa. Buah satu ini mengandung serat tinggi yang bisa membantu melancarkan sistem pencernaan dan mengatasi diare.

Namun selain itu, ternyata kandungan vitamin E dalam pepaya juga bisa membantu memutihkan kulit tangan dan kaki kamu lho, begini cara memutihkan kulit tangan dan kaki dengan pepaya.

Sediakan pepaya secukupnya, (bila ada) tambah sedikit madu kemudian campur kedua bahan sampai membentuk krim/pasta.

Setelah selesai mandi, oleskan secara merata keseluruh bagian kulit tangan dan kaki. Urut atau pijat selama 10 detik, lalu diamkan 30 menit, terakhir bilas dengan menggunakan air dingin sampai bersih.

Menggunakan kunyit

Tidak banyak orang tahu manfaat kunyi untuk memutihkan, yang banyak diketahui dari kunyit hanyalah sebagai bumbu, penyedap atau obat alami keluarga.

Kunyit yang diperkaya dengan pigmen kuning yang bisa membantu memutihkan kulit kaki dan tangan, begini cara memutihkan kaki dan tangan dengan kunyit

Haluskan rempah kunyit secukupnya saja. Oleskan secara merata keseluruh bagian tangan dan kaki. Kemudian diamkan sebentar selama 10 detik, lalu bilas air hangat sampai bersih.

Perpaduan putih telur dan jus lemon

Perlu kamu tahu ya guys, putih telur dikenal sebagai sumber protein yang baik untuk menjaga kesehatan organ-organ tubuh. Selain mengandung sumber protein, putih telur juga memiliki berbagai mineral lengkap yang baik untuk meningkatkan produksi kolagen pada kulit.

Tak hanya putih saja, tapi kulit kamu pun akan terlihat semakin kencang dan bersinar. Begini cara memutihkan tangan dan kaki dengan telur:

Sediakan telur dan lemon, campur 1 butir putih telur bersama dengan lemon secukupnya kemudian kocok campuran tadi hingga berbuih dan agak memutih.

Gunakan keseluruh area tangan dan kaki selama 30 menit dan bilaslah dengan menggunakan air hangat sampai bersih.

Gunakan batu halus

Mungkin cara yang terakhir ini terdengar aneh di jaman sekarang, tapi cara ini sudah dilakukan oleh orang-orang terdahulu ketika tidak ada sabun mandi, mereka membersihkan badan saat mandi dengan batu halus.

Percaya atau tidak, batu halus paling ampuh untuk memutihkan kulit. Batu halus bekerja dengan menangkat kotoran, sisa keringat, dan sel-sel kulit mati di area permukaan kulit. Proses pengangkatan kotoran akan semakin maksimal apabila kamu gunakan ketika mandi.

Begini cara memutihkan tangan dan kaki secara alami:

Siapkan sebuah batu yang benar-benar halus permukaannya agar tak melukai kulit nantinya. Rendam batu tersebut selama semalam dan pastikan tak ada kotoran yang menempel.

Ketika pagi hari, gosokan perlahan-lahan batu tersebut sambil mandi. Bila perlu tambahkan sabun agar kotoran cepat terangkat, selain bisa digunakan untuk tangan dan kaki, batu halus juga bisa mengangkat kotoran pada tubuh, tapi jangan gunakan untuk area wajah kemudia bilas dengan air dingin dan lihat hasilnya sekarang lebih cerah.

Untuk batu halus ini lakukan minimal seminggu 3x selama 3 bulan. Tanpa perlu bahan alami dan pemutih kulit kamu akan mendapatkan hasil maksimal.

Perlu diperhatikan bahwa ketika ingin memutihkan kulit tangan dan kaki, semua bulu paling tidak dihilangkan, paling tidak dicukur diminimalisir, karena bulu jika tidak dicukur akan berpengaruh pada proses pemutihan tangan dan kaki.

Itulah ulasan lengkap tentang kulit dan cara memutihkan kulit secara alami, bagi kamu yang ingin memutihkan kulit pakai cara alami saja ya, selain mudah tanpa efek samping yang bahaya buat kulit kamu.

Semoga bermanfaat ya