Kita pasti sudah tahu, jeruk nipis punya khasiat menyembuhkan jerawat dan komedo membandel di wajah kita. Eits, tapi bukan itu saja. Jeruk nipis juga bisa menyegarkan wajah kusam, mengurangi keriput halus, dan mengecilkan pori-pori wajah.

Satu lagi, memutihkan wajah! Sudah paket komplit bukan? Ahaa, pasti kamu sudah mulai tergiur dengan manfaat yang ditawarkan jeruk satu ini ya.

Tingginya kandungan zat antioksidan serta vitamin C yang pada jeruk nipis mampu mengangkat lapisan sel kulit mati sekaligus meregenerasi sel. Selain itu, terdapat kandungan AHA (alpha hydroxy acids) yang berperan untuk membuka pori-pori kulit.

Apa positifnya? You must know, membuat pori-pori bernapas lebih bebas, akan mendorong pembentukan kulit baru yang lebih sehat, kenyal dan lebih elastis.

Setelah kita tahu itu, lalu bagaimana cara memutihkan wajah dengan jeruk nipis ini? Penggunaannya pun bisa dengan jeruk nipis itu sendiri, bisa juga dengan rumus lain yaitu dimix dengan bahan yang juga punya manfaat bagus bagi wajah kita.

Penasaran bukan? Dibaca yuuuks!

1Pakai Jeruk Nipis Saja

peterparkerblog.com

Bagi kamu yang ingin simple, sederhana, tidak mau repot, kamu bisa pakai jeruk nipis. Caranya, kita siapkan beberapa butir jeruk nipis segar, jangan lupa dicuci bersih lalu belah jeruk nipis itu menjadi dua bagian.

Perlu kamu tahu, sebelum menaplikasikan jeruk nipis ke wajah, wajah harus steril lhoh yaa. Artinya dibersihkan dulu, jangan langsung pakai jeruk nipis ke wajah. Jika tidak dalam keadaan bersih, justru akan memperparah masalah pada wajah.

What’s next? Kita oleskan bagian tersebut pada seluruh kulit wajah. Diamkan selama 30 menit agar nutrisi pada sari jeruk nipis terserap sempurna pada kulit wajah. 30 minutes later, bilas wajah dengan air bersih dan keringkan dengan handuk lembut.

Perawatan ini bisa dilakukan dua atau tiga kali seminggu untuk mendapatkan hasil maksimal.

2Jeruk Nipis dan Telur

cantikalamiah.com

Sebelumnya, cara ini nggak cocok buat wajah yang berjerawat lho. Jadi jika wajahmu berjerawat, tidak dianjurkan untuk memakai cara ini. Tapi, buat kamu yang wajahnya mulus tapi pengen cerah, cara ini sangat amat boleh dicoba.

Caranya, jeruk nipis dibelah menjadi dua bagian, sedangkan telurnya cukup dipecahkan dan diambil bagian putih telurnya saja. Kenapa? Karena kuning telur bisa menyebabkan jerawat. Jadi be careful ya misahnyaa.

Nah kemudian kocok putih telur ini sampai berbusa, sementara jeruk nipis diperas hingga mendapatkan sarinya.

Campur kedua bahan hingga merata lalu oleskan pada wajah dan leher. Ingat, pengaplikasian masker hanya untuk wajah yang sudah dibersihkan ya. Diamkan hingga masker mengering lalu bilas sampai bersih.

It’s so easy, right?

3Jeruk Nipis dan Pepaya

Kedua bahan ini dikenal dapat memutihkan kulit semua lho, makin tokcer deh pasti. Wajib dicoba! Nah caranya nih, Guys. Kita siapkan buah pepaya yang masih mentah dan jeruk nipis. Pepaya dihaluskan, sedangkan jeruk nipis diperas diambil air sarinya.

Kita mix kedua bahan, dioleskan ke wajah secara merata, tubuh juga bisa lho! Diamkan minimal 15 menit agar meresap, bilas dengan air bersih. Beres deh! Cara ini bisa dilakukan 2 kali dalam seminggu jika ingin kulit bersih dan kinclong.

4Jeruk Nipis, Madu dan Minyak Zaitun

hello-pet.com
minyakzaitunasli.com
minyakzaitunasli.com

Cara ini sedikit ribet sih, sedikit mahal juga karena perlu madu dan minyak zaitun. But, boleh lah ya kita tahu caranya? Pertama, ambil satu buah jeruk nipis berukuran besar, belah menjadi dua, kemudian peras airnya.

Campurkan air jeruk nipis dengan madu dan minyak zaitun. Kemudian dioleskan pada permukaan kulit wajah, diamkan sekitar 20 menit hingga meresap pada wajah.

Setelah itu, bilas dengan air hangat sebagai bilasan pertama untuk lebih membuka pori-pori dan mengangkat sisa masker. Terakhir bilas dengan air dingin untuk menutup kembali lapisan pori-pori kulit.

Krim pemutih wajah kini memang sudah menjamur, tapi apa salahnya kita coba yang alami? Toh, yang alami lebih murah dan aman tanpa efek samping. Benar bukan?

5Manfaat Jeruk Nipis

kameradroid.com

Jeruk nipis biasanya hanya digunakan untuk bumbu dapur, menyegarkan masakan atau menghilangkan rasa amis pada daging.

Jeruk nipis juga bisa digunakan untuk mengobati saat batuk. Selain kegunaan itu, buah yang kecil ukurannya ini juga bermanfaat untuk kecantikan. Jeruk nipis ini ternyata baik sekali untuk kesehatan wajahmu

Membantu Mengurangi Jerawat. Jerawat sering kali muncul pada wajah. Jerawat timbul karena kotoran yang menyumbat pada pori-pori wajah. Dengan jeruk nipis, kamu bisa menghilangkan jerawat di wajah dengan cepat.

Zat yang terkandung pada jeruk nipis ternyata ampuh untuk mengobati jerawat. Caranya, iris jeruk nipis lalu peras hingga air jeruknya keluar. Setelah itu oleskan pada wajah yang memiliki jerawat.

Lalu diamkan beberapa saat. Setelah kering, kamu bisa membilasnya menggunakan air dingin. Memang akan terasa sedikit perih saat mengoleskan jeruk nipis pada wajah. Tapi setelah itu akan mempercepat jerawat untuk menghilang.

Mencerahkan Wajah. Tidak hanya untuk mengurangi jerawat, ternyata jeruk nipis juga bisa untuk mencerahkan wajah.

Bagi yang tidak suka menggunakan kosmetik, bisa menggunakan cara ini. Penggunaan jeruk nipis untuk mencerahkan wajah juga tidak mengandung efek samping.

Cara membuatnya, iris jeruk nipis menjadi dua bagian lalu peras hingga keluar airnya. Setelah itu campurkan madu hingga tercampur rata. Lalu oleskan pada wajah.

Biarkan selama beberapa saat sehingga khasiat madu dan jeruk nipis bisa diserap maksimal oleh pori-pori wajah. Sebelum mengoleskan, bersihkan wajah terlebih dahulu agar hasilnya maksimal.

Mengusir Kulit Kusam. Wajah yang kusam pasti akan mengganggu penampilan. Buah berasa asam ini ternyata juga bisa untuk mengusir kulit kusam.

Jeruk nipis sangat berguna untuk menghilangkan kotoran pada wajah dan mengurangi produksi minyak pada wajah yang membuat wajah terlihat kusam.

Selain mengusir kulit kusam, jeruk nipis juga bisa menghilangkan noda bekas jerawat pada wajah. Untuk mengusir kulit yang kusam dan noda bekas jerawat, bisa menggunakan jeruk nipis ini setiap hari.

Caranya pun juga mudah, hanya perlu memeras jeruk nipis dan mengoleskan airnya ke seluruh wajah. Setelah mengoleskannya, bisa mengusapnya dengan kapas.

Memutihkan Wajah. Salah satu manfaatnya yang paling manjur adalah untuk memutihkan atau mencerahkan kulit. Hal ini dapat dilakukan oleh jeruk nipis karena kandungan vitamin C-nya yang dapat merangsang proses regenerasi sel kulit.

Caranya cukup mudah, kamu bisa memakannya atau mengonsumsinya secara langsung dengan dicampur dengan segelas air hangat, dan diminum setiap pagi. Kamu pun dapat mengaplikasikannya langsung pada kulit wajah.

Pertama, potong tipis-tipis jeruk nipis hingga terbagi menjadi beberapa bagian, dinginkan sebentar saja di kulkas, lalu usap-usapkan potongan jeruk nipis tersebut pada kulit wajah secara merata.

Melembabkan dan Mengencangkan Wajah. Khasiat berikutnya dari jeruk nipis adalah dapat melembabkan dan mengencangkan kulit wajah agar tetap terlihat awet muda, dan menghindarkan dari garis-garis halus atau kerutan karena kering.

Langkah pertama, campurkan 1 sdt madu, air perasan jeruk nipis secukupnya dengan perbandingan 1:1, dan tambahkan juga dengan sedikit saja minyak zaitun.

Aduk semua bahan hingga merata, lalu aplikasikan langsung pada wajah yang sebelumnya sudah dibersihkan.

Setelah rata, diamkan saja selama kurang lebih 20 menit atau hingga mengering, baru setelah itu bilas wajah hingga bersih menggunakan air hangat, kemudian basuh dengan air dingin setelah bersih.

Mengatasi Kulit Berminyak. Kandungan astringent aktif di dalam jeruk nipis dapat membantu untuk mengatasi kulit berminyak yang agak mengganggu. Langkah merawat wajah secara alami dengan jeruk nipis ini cocok bagi tipe kulit berminyak.

Caranya pun sederhana. Siapkan 1 ruas kunyit yang kira-kira sebesar ibu jari, kemudian parut kunyit hingga halus. Setelah itu, campurkan kunyit yang sudah halus dengan 1 sdt madu dan 1/2 sdt air perasan jeruk nipis.

Setelah teraduk rata, oleskan campuran tadi pada kulit wajah, lalu biarkan selama 20 menit atau terasa mengering. Bilas wajah hingga bersih menggunakan air hangat, lalu basuh dengan air dingin setelah bersih.

Menghaluskan Wajah. Khasiat terakhir dari jeruk nipis yang akan kami ulas adalah dapat menghaluskan wajah. Hal ini menyambung dari manfaat jeruk nipis sebelumnya yakni melembabkan kulit wajah.

Jeruk nipis dapat membantu menghaluskan wajah yang sedang dihinggapi oleh kotoran atau debu yang bertransformasi menjadi jerawat atau tonjolan kecil.

Nah, langkah ini akan membutuhkan 1/4 gelas susu segar dan 4 sdt air perasan jeruk nipis. Langkah pertama, campur kedua bahan kemudian diamkan sebentar hingga campuran membentuk endapan dari susu.

Setelah terbentuk endapan, celupkan kapas khusus wajah ke dalam campuran tersebut untuk diusap-usapkan pada seluruh permukaan wajah.

Setelah sudah merata, diamkan dulu sebentar selama 15 menit saja sebelum dibilas dengan air bersih. Lakukan perawatan ini minimal 1 kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal.

Manfaat utama dari jeruk nipis ini adalah mengurangi kandungan minyak pada wajah dan juga membantu mengecilkan atau merapatkan pori-pori kulit wajah.

Karena pori-pori yang lebar dapat dengan mudah dimasuki oleh kotoran yang selanjutnya akan mengendap bersama dengan minyak pada kulit.

Hal inilah yang merupakan penyebab timbulnya jerawat pada permukaan kulit. Selain itu pori-pori yang lebar juga dapat berakibat terjadinya penuaan dini pada kulit.

Jeruk nipis yang digunakan sebagai masker juga dapat dimanfaatkan untuk mencerahkan dan menghaluskan kulit.

Jadi daripada mengeluarkan biaya yang besar untuk membeli berbagai krim, serta melakukan perawatan salon untuk mendapatkan kulit putih cerah, mengapa tidak coba memanfaatkan saja masker jeruk nipis ini.

Selain murah juga menggunakan bahan alami yang terbebas dari efek bahan kimia.

Walaupun masker jeruk nipis ini mempunyai manfaat yang sangat besar bagi kecantikan kulit wajah, namun kamu wajib mengetahui secara benar, bagaimana cara menggunakan jeruk nipis sebagai masker.

Air jeruk nipis tidak dapat langsung digunakan dengan cara mengoleskannya pada wajah, karena air jeruk nipis memiliki kandungan asam yang tinggi.

Apabila dioleskan secara langsung pada wajah tanpa campuran bahan lain sebagai penetralisir asam, akan membuat iritasi pada kulit wajah.

Madu adalah bahan campuran yang tepat untuk melunakkan rasa asam jeruk nipis, sehingga tidak berbahaya bagi kulit wajah.

Kecantikan Kulit. Buah jeruk dikenal karena efeknya yang menguntungkan pada kulit. Air jeruk nipis, apakah dikonsumsi langsung atau dioleskan memberikan manfaat berikut pada kulit :

Menghilangkan Noda Hitam. Air jeruk nipis dianggap sebagai agen pemutih alami karena sifatnya yang ringan pada kulit. Jeruk nipis dapat digunakan untuk meringankan bintik-bintik gelap. Berikut ini beberapa cara menerapkan manfaat jeruk nipis :

Terapkan air jeruk nipis pada kapas dan oleskan ke bagian gelap pada kulit dan biarkan selama 30 menit.

Jerawat dan Bekas Noda. Jerawat dan noda yang disebabkan oleh kotoran, minyak dan sel kulit mati yang menyumbat pori-pori wajah.

Jerawat adalah masalah yang sering terjadi pada orang dengan kulit yang cenderung berminyak. Selain itu, bakteri yang hadir pada pori-pori wajah akan memperburuk peradangan, meningkatkan kemerahan dan nyeri.

Sifat antibiotik jeruk nipis menghambat pertumbuhan bakteri yang menyebabkan jerawat. Untuk menjaga jerawat, dapat dikombinasikan dengan madu.

Sementara manfaat madu memiliki sifat anti bakteri yang mencegah pertumbuhan bakteri, sifat asam dari jeruk nipis akan mengontrol kelebihan minyak.

Lakukan perawatan wajah ini setiap minggu untuk menghilangkan jerawat Bekas luka jerawat, dapat diringankan dengan memijat bagian kulit wajah dengan air jeruk nipis segar.

Anti Penuaan. Perkembangan usia dan juga paparan sinar UV matahari, membentuk melanin yang berpengaruh terhadap warna pada kulit.

Kemudian akumulasi melanin pada kulit ini, menimbulkan bintik-bintik gelap dan menimbilkan tanda-tanda penuaan. Untuk mendapatkan menfaat jeruk nipis untuk menghambat produksi melanin, dapat dilakukan seperti berikut :

Kupas jeruk nipis dan gosok pada kulit atau terapkan masker alami dengan kulit jeruk nipis, yang secara signifikan mengurangi pigmentasi berlebihan

Mengecangkan Pori-pori. Astringent efektif dalam mengecangkan otot-otot sementara. Itulah alasan mengapa mereka sering digunakan dalam produk kecantikan dan perawatan kulit untuk meningkatkan penampilan kulit wajah.

Minyak jeruk nipis memiliki sifat astringent dan dapat digunakan untuk mengencangkan pori-pori, sehingga mengurangi produksi minyak untuk memberikan kulit yang lebih cerah dan sempurna.

Menghapus Kulit Mati. Asam sitrat hadir dalam kulit jeruk nipis, yang sangat berguna untuk mengelupaskan sel kulit mati. Jeruk nipis sering digunakan dalam perawatan kecantikan di spa serta pengobatan rumah untuk meningkatkan kesehatan dan penampilan kulit wajah.

Kulit Bersinar. Untuk kulit bercahaya, semua yang perlu dilakukan adalah mengoleskan kulit, dengan segelas air hangat yang dicampur madu dan perasan jeruk nipis setiap pagi secara teratur. Hal ini akan memberikan cahaya alami kulit.

Mengatasi Flek Hitam. Paparan sinar matahari yang berlebihan dapat menimbulkan flek hitam kulit. Jeruk nipis dapat digunakan untuk menghapus flek ini secara efektif.

Yang perlu dilakukan adalah mencampur tepung dengan menambahkan beberapa air jeruk nipis ke dalam campurannya.

Oleskan pasta ini secara merata pada kulit dan biarkan hingga kering. Cuci muka dengan air dan keringkan. Perawatan wajah ini harus dilakukan setiap minggu untuk hasil yang lebih baik.

Meningkatkan Pertumbuhan Rambut. Jeruk nipis bermanfaat dalam meningkatkan pertumbuhan rambut. Hal ini telah digunakan untuk mengobati kebotakan, rambut menipis dan kerontokan rambut masalah untuk usia sekarang.

Nutrisi utama yang mendorong pertumbuhan rambut adalah vitamin C, yang hadir dalam jeruk nipis dalam jumlah besar. Air jeruk nipis dapat digunakan untuk mengoptimalkan pertumbuhan rambut.

Membuat Rambut berkilau. Rambut yang berkilau sangat diinginkan oleh semua wanita dan jeruk nipis dapat membuat rambut menjadi apa yang banyak orang inginkan.

Air jeruk nipis yang digunakan bersama dengan madu dan campuran minyak zaitun sebelum mencuci rambut, dapat memberikan kilau rambut alami.

Jeruk nipis yang tergabung dalam shampoo bersama dengan bahan penting lainnya dapat membuat rambut halus dan bersinar.

Mencerahkan Warna Rambut. Seperti yang dinyatakan sebelumnya, air jeruk nipis memiliki sifat keringanan alami. Jika ingin warna rambut menjadi lebih cerah tanpa menggunakan bahan kimia, air jeruk nipis bisa menjadi pilihan.

Yang perlu diakukan adalah menerapkan air jeruk nipis pada rambut dan duduk di bawah sinar matahari selama satu jam atau mengekspos rambut pada sinar matahari. Kemudian, bilas rambut. Treatment ini akan membuat rambut menjadi lebih cerah.

Menghilangkan Ketombe. Khasiat jeruk nipis banyak digunakan untuk masalah rambut seperti ketombe dan kerontokan. Caranya cukup mudah, basuhlah rambut dengan air hangat yang sudah dicampur dengan air perasan jeruk nipis.

Diamkan rambut sebentar dan bilas lagi dengan air dingin sampai bersih, dianjurkan untuk membilas rambut dengan sampo yang mengandung jeruk nipis, untuk menambah kesegaran.

6Manfaat untuk Pria

imamrogersi11.wordpress.com

Lelaki pun bisa menggunakan jeruk nipis untuk merawat wajah mereka. Jika kamu seorang pria, pasti kurang percaya diri bukan bila memiliki wajah kusam dan berminyak. Kamu bisa menggunakan jeruk nipis untuk mengatasinya.

Untuk pria, jeruk nipis ini sangat bermanfaat untuk mengurangi minyak pada wajah dan bisa juga digunakan untuk mengecilkan serta mencegah jerawat.

Selain itu jeruk nipis juga bisa memberikan rasa segar pada kulit wajah pria. Jadi jika kamu seorang pria, kamu bisa mencoba tips ini.

Lakukan perawatan wajah ini minimal tiga kali seminggu. Setelah itu rasakan perubahan yang terjadi pada wajah.

Selain untuk penyegar dan obat, ternyata buah kecil berkulit hijau ini memiliki banyak manfaat untuk kulit bukan? Mulai dari mencerahkan wajah hingga menghilangkan jerawat.

Lelaki dan wanita pun bisa mencobanya. Disarankan untuk melakukan perawatan wajah dengan jeruk nipis ini secara teratur agar hasilnya lebih cepat dan maksimal. Demikianlah tips dan manfaat dari jeruk nipis.

7Cara Membuat Masker Jeruk Nipis

tipkecantikan.com

Ambil beberapa buah jeruk nipis yang cukup tua, agar airnya lebih banyak diperoleh. Potong-potong dan peras buah jeruk nipis untuk mendapatkan airnya, kemuadian saring hasil perasan tersebut.

Tambahkan air perasan jeruk tadi dengan satu sendok the madu, kemudian aduk sampai tercampur merata.

Untuk mendapatkan khasiat yang lebih baik dari masker ini, tambahkan sedikit minyak zaitun, aduk kembali hingga ketiga bahan tercampur sempurna. Nah sekarang kamu sudah memiliki masker jeruk nipis yang siap digunakan.

Selanjutnya bagaimana mengimplementasikan masker jeruk nipis ini ke kulit wajah.

8Cara Menggunakan Masker Jeruk Nipis

tipkecantikan.com

Sebelum menggunakan masker jeruk nipis, terlebih dahulu bersihkan wajah dengan air bersih, agar kotoran yang masih menempel pada wajah sirna. Kemudian keringkan wajah dengan menggunakan handuk yang bersih dan lembut.

Selanjutnya gunakan kuas untuk menyapukan masker kulit jeruk pada wajah. Oleskan secara merata pada seluruh permukaan kulit, jangan sampai ada bagian kulit yang tidak terlewatkan ya! Agar wajah tidak belang-belang nantinya.

Kemudian biarkan masker mengering pada wajah selama kurang lebih setengah jam, sampai terasa mengencang pada kulit wajah. Langkah terakhir, bilaslah wajah dengan air hangat hingga bersih.

Semikianlah cara membuat masker jeruk nipis dan bagaimana memperoleh manfaatnya dengan mengaplikasikannya pada kulit wajah. Bila dilakukan secara rutin dan telaten, maka pasti akan memperoleh kulit wajah cerah yang sehat alami.

Bahan membuat masker yaitu jeruk nipis dengan putih telur sangat mudah. Siapkan jeruk nipis 1 buah saja, putih telur 1 butir saja.

Cara membuat masker yakni kocok putih telur sampai muncul busa atau sampai berbentuk seperti busa. Peras jeruk nipis kedalam kocokan putih telur tadi. Kemudian aduk hingga rata.

Cara menggunakan masker, pertama kamu harus membersihkan wajah terlebih dahulu dari berbagai macam kotoran yang menempel, agar nantinya ketika menggunakan masker jeruk nipis dan putih telur ini dapat terserap secara sempurna ke dalam lapisan kulit.

Setelah membersihkan wajah dan memastikan bahwa tidak ada lagi kotoran yang menempel pada wajah, kini saatnya oleskan masker jeruk nipis dan putih telur tadi secara merata ke seluruh bagian wajah.

Kamu bisa menggunakan bantuan kuas, akan tetapi pilihlah kuas yang steril dan lembut agar kulit tidak rusak.

Agar masker jeruk nipis dan putih telur meresap secara sempurna ke dalam lapisan kulit. Kamu perlu mendiamkanya selama 30 menit atau bisa sampai 1 jam untuk hasil yang lebih maksimal.

Setelah masker jeruk nipis dan putih telur meresap secara sempurna, sekarang kamu bisa membersihkanya dengan menggunakan air yang dingin.

Jika kamu punya tipe kulit yang berminyak, maka dianjurkan menggunakan air hangat, agar minyak pada wajah mudah larut juga.

Keringkan wajahmu dengan menggunakan handuk yang lembut dan bersih.
Untuk mendapatkan hasil maksimal dari penggunaan masker jeruk nipis dan putih telur, kamu dapat menggunakanya secara rutin setiap hari.

Maka dalam waktu sebulan, kamu akan mendapatkan kulit yang cerah dan putih.

9Kandungan Gizi dan Nutrisi Jeruk Nipis

pospopulers.blogspot.com

Jeruk nipis kaya dengan berbagai vitamin, mineral serta zat-zat lain. Tak heran bila buah ini sering dijadikan simbol berbagai produk vitamin atau suplemen makanan.

Rata-rata dalam sebutir jeruk nipis mengandung 30 mg vitamin C. Jumlah tersebut bisa mencukupi hingga 30% kebutuhan harian vitamin C tubuh manusia.

Vitamin C peranannya amat sentral bagi pertumbuhan dan perkembangan tubuh kita. Vitamin C mudah terbawa keluar dari tubuh lewat urin. Jadi, setiap hari tubuh memerlukan asupan vitamin C secara terus menerus.

Vitamin C dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perbaikan jaringan tubuh yang rusak. Penting untuk membantu proses pembentukan kulit, otot dan pembuluh darah dalam tubuh. Juga memelihara kekuatan tulang dan gigi.

Vitamin C juga merupakan zat antioksidan yang bisa menangkal radikal bebas. Seperti sudah diketahui, zat radikal bebas berperan terhadap proses penuaan dan juga dituduh sebagai salah satu penyebab kanker dan berabagai penyakit lain.

Tidak hanya vitamin C, jeruk nipis juga merupakan salah satu sumber vitamin A, vitamin B dan folat. Fungsi vitamin A yang paling terkenal adalah menjaga kesehatan mata. Disamping itu membantu pembentukan sel-sel baru dan penyembuhkan peradangan.

Sedangkan vitamin B mempunyai manfaat untuk membantu kinerja sistem saraf pusat sampai mendukung sistem kekebalan tubuh kita.

Kandungan folat pada jeruk nipis juga bermanfaat bagi ibu hamil dimana kebutuhan akan asupan asam folat diperlukan untuk mencegah risiko kecacatan pada bayi.

Dalam khasanah pengobatan tradisional, jeruk nipis banyak dimanfaatkan untuk mengobati atau meredakan berbagai gangguan kesehatan. Berikut ini beberapa manfaat jeruk nipis untuk kesehatan dan kecantikan tubuh:

1 cangkir air jeruk nipis segar mengandung 1 gram protein, 0,17 gram total lemak, yang merupakan 2 persen dari nilai harian yang ditetapkan oleh Amerika Serikat Food and Drug Administration berdasarkan diet 2.000 kalori per hari.

Mengandung sekitar 20 gram karbohidrat, 1 gram serat dan 60 kalori. Selain itu, air jeruk nipis memiliki jumlah sejumlah lemak yang bebas kolesterol.

Jeruk nipis kaya akan vitamin C. 1 cangkir air jeruk nipis segar mengandung 73 miligram, yang lebih dari 100 persen nilai harian vitamin C yang dibutuhkan tubuh.

Vitamin C sangat penting untuk pengembangan jaringan ikat tubuh, untuk penyembuhan luka dan mendukung dinding pembuluh darah.

Jeruk nipis mengandung mikronutrien penting lainnya dalam jumlah yang lebih kecil, termasuk kalsium, magnesium, kalium, fosfor, vitamin A dan vitamin B.

Jeruk nipis juga kaya flavonoid. Flavonoid adalah pigmen yang memberikan warna tanaman mereka. Buah jeruk dan jus mereka kaya flavonoid, yang bertindak sebagai antioksidan kuat.

Antioksidan membantu melindungi tubuh dari radikal bebas, yang merupakan molekul tidak stabil yang merusak sel-sel sehat.

Menurut Linus Pauling Institute, diet kaya flavonoid terkait dengan penurunan risiko penyakit kardiovaskular, penyakit saraf degeneratif seperti Alzheimer dan penyakit Parkinson, dan kanker tertentu.

Kandungan asam sitrat pun ada juga lho di dalam jeruk nipis.Asam sitrat inilah yang membuat rasa asam getir jeruk nipis yang mungkin memberikan perlindungan berharga bagi tubuh.

Dalam sebuah studi yang menyelidiki aktivitas antibakteri dari air jeruk nipis terhadap spesies bakteri berbahaya, air jeruk nipis efektif dalam mengurangi penyebaran bakteri karena asam sitrat dalam jus.

Menurut sebuah artikel yang diterbitkan dalam “Journal of Science Gizi dan Vitaminology “pada bulan April 2006. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jeruk nipis segar efektif dalam mencegah infeksi bakteri tertentu.

Jeruk nipis mengandung sejumlah mineral sehat seperti besi, tembaga, kalium, dan kalsium. Kalium dalam sebuah komponen penting dari sel dan cairan tubuh membantu mengontrol detak jantung dan tekanan darah.

10Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesehatan

kawaiibeautyjapan.com

 

Menurut American Diabetes Association, jeruk nipis dan buah jeruk lainnya dianggap sebagai makanan super untuk diabetes.

Terutama, serat larut yang tinggi ditemukan dalam jeruk nipis membuat bantuan makanan yang ideal untuk membantu mengatur penyerapan tubuh dari gula ke dalam aliran darah.

Jeruk nipis juga mampu mengurangi terjadinya lonjakan gula darah yang merupakan risiko serius untuk pasien diabetes.

Jeruk nipis dan buah jeruk lainnya memiliki indeks glikemik rendah, yang berarti bahwa mereka tidak akan menyebabkan lonjakan tak terduga dalam kadar glukosa, selain manfaat efek serat larut itu.

Serat larut yang sama dapat membantu penderita diabetes, juga menjaga kadar gula darah. Membuat tekanan darah juga lebih rendah dan menghilangkan keberadaan kolesterol LDL (kolesterol jahat).

Selanjutnya, serat larut dapat mengurangi peradangan pada pembuluh darah, yang merupakan tindakan pencegahan yang dikenal terhadap penyakit jantung, serangan jantung, dan stroke.

Gangguan pernapasan. Minyak flavonoid yang diekstrak dari jeruk nipis secara luas digunakan dalam obat-obatan anti-kongestif seperti balm, alat penguap, dan inhaler karena adanya kaempferol.

Hanya dengan menghirup aromanya, dapat membantu mengatasi rasa sesak dan mual.

Radang sendi. Salah satu dari banyak penyebab radang sendi adalah kelebihan asam urat yang menumpuk di tubuh. Asam urat adalah salah satu produk limbah yang buang air kecil yang normal akan membersihkan tubuh.

Tapi sayangnya, bila terlalu banyak itu bisa membuat rasa sakit dan peradangan dari arthritis bahkan lebih buruk.

Asam sitrat ditemukan dalam buah jeruk seperti jeruk nipis adalah pelarut dimana asam urat dapat larut, meningkatkan jumlah yang dieliminasi dalam urin.

Buah jeruk pada umumnya memiliki sifat anti inflamasi, dan dapat digunakan untuk sejumlah isu peradangan.

Demam.Jika seseorang menderita demam, air jeruk nipis dapat menjadi obat alternatif. Buah jeruk pada umumnya mampu mengurangi dan demam sangat tinggi, pasien harus mengkonsumsi jus lemon dan air.

Namun, jika demam ringan sampai sedang, jus buah lainnya, terutama jus jeruk seperti jeruk nipis, dapat diberikan untuk mengatasi demam kembali menurun.

Vitamin C, ditemukan dalam konsentrasi tinggi dalam buah jeruk, secara alami menurunkan suhu tubuh.

Asam Urat. Ada 2 penyebab utama asam urat. Sumber pertama adalah akumulasi radikal bebas dalam tubuh dan yang kedua adalah akumulasi racun dalam tubuh, asam urat terutama.

Jeruk nipis dapat membantu mencegah kedua penyebab ini. Ini adalah sumber antioksidan dan pendetoks (vitamin-C & Flavonoid) yang mengurangi jumlah radikal bebas serta detoksifikasi tubuh.

Gangguan kemih. Kandungan kalium yang tinggi dari jeruk nipis sangat efektif dalam menghilangkan zat beracun dan endapan yang bisa disimpan di ginjal dan kandung kemih.

Sifat disinfektan jeruk nipis juga membantu menyembuhkan infeksi pada sistem kemih. Selain itu, dapat membersihkan penyumbatan air seni yang dapat berasal dari endapan kalsium dalam saluran kemih.

Anti kanker. Jeruk nipis merupakan buah yang kaya akan kandungan zat anti kanker yaitu flavonoid yang berperan membunuh dan mencegah kerusakan sel.

Jadi tidak ada salahnya jika mencoba mengkonsumsi jeruk nipis secara rutin untuk mendapatkan hasil terbaik.

Jeruk nipis mengandung zat herbal alami, yang baik untuk pengobatan berbagai penyakit. Himpunan pengobatan tradisional dan akupuntur Indonesia, memberikan beberapa resep pengobatan penyakit dengan jeruk nipis.

 

 

11Penyimpanan Jeruk Nipis

lepidoptera.butterflyhouse.com.au

Pilih buah yang besar dan memiliki berat yang sesuai dengan ukurannya. Pilih buah yang berwarna kuning cerah, dengan aroma jeruk segar.

Hindari buahnya yang berwarna hijau gelap karena belum matang dan tidak akan memiliki banyak air. Selain itu, hindari buahnya dengan bintik-bintik gelap dipermukaannya.

Di rumah, untuk menyimpannya dalam kantong plastik di dalam lemari es, akan membuatnya tetap awet sampai seminggu.

Simpan perasan lemon di dalam kompartemen freezer untuk digunakan nanti. Toko kering semangat dalam sejuk dan kering dalam gelas wadah kedap udara jauh dari kelembaban.

12Efek Samping Jeruk Nipis

peterparkerblog.com

Jeruk nipis kemungkinan akan aman dikonsumsi bagi kebanyakan orang dewasa, dalam jumlah yang ditemukan dalam makanan.

Namun aplikasi air jeruk nipis langsung ke kulit mungkin tidak aman. Beberapa orang sensitif terhadapnya bila diterapkan secara langsung pada kulit.

Hal ini dapat menyebabkan kulit menjadi sangat sensitif terhadap sinar matahari. Kenakan tabir surya dan pakaian pelindung luar, terutama jika berkulit terang.

Air jeruk nipis sangat rendah PH, sekitar 2,0. Pada beberapa orang yang sensitif, jus asam yang asam terkadang menimbulkan sensasi terbakar jika bersentuhan dengan mulut, lidah, dan bibir.

Selain itu, jika dikonsumsi dalam jumlah besar, dapat memperburuk penyakit dan ulkus lambung kondisi asam lambung.

SHARE