Memiliki wajah putih bercahaya pasti menjadi keinginan setiap pria dan wanita, secara wajah putih memang idaman, enak dipandang dan tentunya banyak yang suka, hehe.

Selain dapat meningkatkan kepercayaan diri, merawat wajah menjadi penting dan wajib sebagai upaya menjaga salah satu bagian tubuh yang memberi kesan pada orang lain, memang tidak bisa dipungkiri bahwa wajah putih memang beri kesan pertama yang baik pada orang lain, tapi bukan berarti yang gak putih gak baik lho.

Dalam kegiatan sehari-hari yang cukup padat menjadi satu dari sekian banyak penyebab wajah tampak gelap dan kusam. Tentu karena efek lingkungan, berupa polusi, radikal bebas, dan adaptasi jenis kulit terhadap sinar matahari.

Sebelum kita bahas bagaimana cara memutihkan wajah secara alami ada baiknya kita tahu dulu ya beberapa penyebab wajah menjadi kusam atau tidak bisa putih.

Faktor yang pertama adalah faktor genetika, tentu kita paham ya, bahwa turunan orang tua sangat mempengaruhi anaknya, termasuk warna kulit, jika orang tua berkulit hitam , maka mungkin sangat sulit sekali berubah jadi warna putih, tapi namanya bersinar tidak harus putih lho.

Faktor yang kedua adalah faktor pola hidup, nah ini dia yang menjadi masalah utama seseorang, secara pola hidupnya gak baik dan gak sehat, misal jarang membersihkan wajah, selalu begadang, jarang berolahraga, dan masih banyak lagi, ya akan sulit sekali jadi putih wajahnya.

Faktor yang ketiga adalah umur, bagi kamu yang berumur kurang dari 11 tahunan, ada baiknya lebih bersabar. Faktor umur erat kaitannya dengan produksi kolagen pada kulit. Senyawa ini akan banyak diproduksi ketika seseorang memasuki masa puber. Inilah alasan kenapa banyak anak remaja dan dewasa yang lebih mudah memiliki kulit putih.

Faktor yang keempat adalah pola makan, dimana biasanya orang kalau lagi senang-senangnya dengan makanan tidak akan memperhatikan apa yang dimakannya, alhasil makanan yang kurang baik bagi kesehatan kulit tetap saja dimakan, ditambah dengan kurangnya minum air putih juga mempengaruhi kesehatan kulit.

Faktor yang terakhir adalah salah memilih kosmetik, biasa ya guys, kosmetik memang menggunakan campuran bahan kimia dan tiap kulit berbeda-beda jenis dan keadaanya, akhirnya banyak kulit tidak cocok dengan kosmetik tersebut, yang awalnya pengen kulit menjadi halus, tapi malah sebaliknya.

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mewujudkan keinginan tersebut. Pilihan terbaik yaitu cara alami yang sudah tentu mudah, murah tapi tidak murahan, dan lebih menyehatkan, yuuk mari simak bersama.

1Kentang

sehatdanfit.com

Manfaat kentang untuk membantu mencegah sembelit, mengurangi penyerapan kolesterol makanan dan menurunkan kolesterol jahat LDL. Serat pada kentang juga membantu melindungi dari penyakit polip usus dan kanker.

Kentang juga mengandung vitamin B kompleks, vitamin seperti piridoksin (vitamin B6), thiamin, niacin, asam pantotenat, dan folat, membantu tubuh menjaga kekebalan tubuh terhadap infeksi dan dampak radikal bebas, karena kentang mengandung banyak antioksidan.

Banyak mineral penting seperti besi, mangan, magnesium, fosfor, tembaga dan kalium. Kentang kaya vitamin A, mengandung senyawa zat anti kanker. Antioksidan flavonoid dan quercetin pada kentang memiliki sifat anti-kanker dan kardio-protektif properti.

Adapun cara membuat cream pemutih wajah menggunakan kentang yaitu dengan menghaluskan potongan kentang secukupnya menggunakan blender. Campur dengan sedikit madu murni, dan oleskan ke wajah. Diamkan sampai kering, lalu bilas dengan air bersih.

Ulangi proses tersebut sampai 3x. Kentang cocok untuk jenis kulit normal, tidak begitu berminyak dan tidak begitu kering.

2Jeruk Nipis dan Buah Tomat

hello-pet.com

Tips memutihkan kulit dengan jeruk nipis dan buah tomat ini bisa diterapkan dijadikan sebagi masker. Jeruk nipis kaya akan kandungan antioksidan yang baik bagi kulit untuk hasil yang lebih maksimal. Jeruk nipis dapat dicampur dengan buah tomat.

Kandungan vitamin C dalam jeruk dan tomat mampu membuat kulit wajah menjadi lebih cerah an segar. Jeruk nipis juga berfungsi untuk mengecilkan pori-pori pada wajah.

Blender potongan tomat dan jeruk nipis bersama air putih 100ml. Setelah tercampur rata, oleskan campuran jeruk nipis dan tomat pada wajah sebagai masker, secukupnya. Biarkan mongering selama 5-10 menit. Setelah kering, bilas sampai bersih.

Lakukan cara ini secara rutih pagi dan sore hari sebelum mandi.

3Bengkoang

sehatdanfit.com

Bengkoang merupakan cara memutihkan wajah secara alami yang paling banyak dilakukan para wanita. Vitamin B dan C yang terkandung dalam bengkoang dapat digunakan untuk memutihkan wajah serta menghilangkan noda hitam pada wajah secara cepat.

Caranya adalah siapkan bengkoang secukupnya. Kupas lalu cuci hingga bersih. Parut bengkoang, kemudian peras dan ambil sarinya. Taruh air perasan bengkoang tadi ke dalam wadah bening dan diamkan kurang lebih selama 20-30 menit.

Tunggu sampai terlihat endapan putih, lalu gunakanlah endapan tersebut untuk masker di wajah sampai mengering. Terakhir, cuci wajah hingga bersih. Bengkoang cocok sekali untuk jenis kulit kering.

4Susu

facetofeet.com

Selain kalsium, susu memiliki fungsi penting dalam mengatur warna kulit. Susu bekerja merangsang melanosit, sel-sel kulit yang menghasilkan pigmen melanin. Mengkonsumsi susu membantu mempertahankan hilangnya kelembaban pada kulit.

Hal ini mencegah kulit kering yang dapat mempengaruhi warna kulit menjadi gelap. Susu juga mengandung asam laktat yang mengurangi pigmentasi kulit yang membuat kulit lebih ringan.

Caranya, siapkan susu sapi atau kambing (hangat, tidak perlu panas) – 1 mangkuk dan kain lap bersih. Rendam kain lap ke dalam susu. Ambil kain lap dan peras, gosokkan kain secara lembut pada kulit. Celupkan lagi dan gosok lembut, ulangi proses ini 4 – 5 kali.

5Madu

business-review.eu

Madu berkhasiat untuk memutihkan kulit dan sebagai pelembab alami. Madu memiliki sifat anti-bakteri yang bermanfaat untuk mengobati dan mencegah jerawat. Kandungan antioksidan dalam madu dapat membantu memperlambat penuaan dan menghilangkan bintik hitam di wajah.

Caranya, oleskan madu murni langsung ke wajah. Biarkan selama beberapa menit, lalu bilas dengan air hangat. Cara ini akan membantu menghilangkan sel-sel kulit mati, membuat kulit tampak lebih cerah dan segar. Lakukan sekali dalam sehari.

Madu juga bisa dibuat masker, yaitu dengan mencampur 1 sendok teh madu, jeruk nipis, 1 sendok teh susu bubuk dan 1½ sendok teh minyak almond. Aduk dan oleskan di wajah dengan pijatan lembut. Biarkan selama 15 menit, kemudian bilas dengan air dingin.

Madu cocok sekali untuk jenis kulit berminyak.

6Minyak Zaitun

perawatanyok.blogspot.com

Minyak zaitun sangat berguna untuk menghilangkan flek hitam, melembabkan, dan membersihkan sel-sel mati pada wajah. Caranya sederhana, campurkan minyak zaitun dengan sedikit gula pasir.

Lalu oleskan secara merata di wajah dengan gerakan memutar seperti halnya anda menggunakan sabun muka. Lakukan selama kurang lebih 5 menit, hati-hati jangan sampai terkena mata, karena akan terasa perih. Metode ini bisa dilakukan tiga kali sehari.

7Lobak

sehatjantungku.com

Banyak yang tidak tahu kalau lobak ternyata juga bisa memutihkan wajah, secara memang lobak biasanya dibuat masakan di dapur, apalagi kalau lobak sudah menjadi masakan favorit, tentu langsung dimasak begitu saja.

Tapi siapa sangka lobak ini ternyata tidak hanya untuk dimasak saja, tapi juga untuk perawatan dan pemutihan kulit, penampilannya memang gak meyakinkan ya, tapi jangan tertipu penampilan, lobak juga bisa kok, begini caranya.

Pertama sediakan lobak 1-2 batang, minyak zaitun, dan jeruk nipis secukupnya. Setelah lobak dicuci bersih, blender atau parut hingga halus, campur dengan minyak zaitun dan jeruk nipis hingga membentuk krim mirip pasta. Oleskan ke area wajah yang sudah bersih, setelah 30 menit bilas dengan air dingin sampai bersih.

Lakukan hal di atas berulang-ulang, asal kamu rajin pasti dech wajah kamu seputih dan sebersih lobak kayak irisan lobak, hehe

8Masker Campuran Kopi dan Gula

hariangadis.com

Yup, berikutnya yang bisa kamu manfaatin untuk pemutih wajah secara alami yaitu kopi dan gua, lhoh kok bisa? kaget kan, bisa kok, secara kopi dan gula mempunyai senyawa kafein, dimana kafein itu bisa mengangkat sel-sel kulit mati, keren kan?

Namun menggunakan kopi saja tak cukup. Kamu harus menambahkan gula agar menjadi scrub yang bisa mengangkat maksimal sel-sel kulit mati tersebut. Caranya gak sulit kok, buat masker campuran keduanya, seperti ini

Sediakan dulu kopi bubuk secukupnya saja, campurkan dengan 2 sendok teh gula dan air hangat. Selanjutnya gosokan secara merata keseluruh area wajah, setelah 10-15 detik, bilas dengan air hangat sampai bersih.

Gampang kan? jadi kalau kamu gak punya bahan semacam buah-buahan di rumah, kalau ada kopi dan gula ya dimanfaatin aja guys, lumayan kok efeknya. Gmana? pengen coba?

9Garam dan Lemon

kemanaajaboleeh.com

Yup guys bahan alami berikutnya yang dapat memutihkan wajah kamu yaitu garam dan lemon, kalau di atas kopi dan gula, sekarang garam, garam memang bisa digunakan kok. Masker campuran bahan ini bisa mengangkat jerawat, minyak dan keriput, selan itu akan bikin wajah kamu jadi segar banget gitu.

Caranya gampang kok s,iapkan garam secukupnya dan perasan lemon 2 sendok makan, lalu campur keduanya, lalu gosokan ke area kulit wajah melingkar. Lakukan selama 10-15 detik, kemudian bilas air hangat.

Lakukan itu berulang-ulang atau paling tidak dalam sehari  satu kali, pasti dech akan terasa beda wajah kamu.

10Yoghurt

anlene.com.my

Yoghurt yummy, yup, bahan alami berikutnya yang bisa kamu gunakan untuk memutihkan wajah kamu adalah yoghurt. Yoghurt yang biasanya cuma dimakan dengan tambahan buah, ternyata mempunyai manfaat yang keren untuk wajah.

Menurut Hema Sundaram, MD, seorang ahli Dermatologi asal Indonesia mengatakan bahwa “Pengelupasan lapisan atas kulit dapat membersihkan noda dan menyebabkan perubahan warna, bahkan dapat mengurangi kerutan-kerutan halus pada permukaan kulit”.

Yoghurt kaya akan asam laktat dan memiliki sifat pemutih yang memperlakukan hiper-pigmentasi kulit dengan menekan produksi melanin. Asam laktat mengandung alpha hydroxy acids (AHA, dalam hal ini yughurt bermanfaat untuk mempercepat pengelupasan sel-sel kulit mati.

Nah, itu dia guys, makanya jangan dimakan  aja ya yoghurtnya, caranya buat begini. Sediakan yoghurt tawar secukupnya saja, campurkan dengan sedikit madu hingga agak mengental, lalu bilas wajah dengan air hangat, kemudian oleskan masker tadi.

Agar meresap sempurna diamkan selama 30 menit, lalu bersihkan dengan air dingin hingga bersih sempurna.

Penggunaan yoghurt kalau buat orang yang kantongnya tebal oke-oke aja sich, gak masalah, tapi kalau kamu kantongnya tipis, ya semoga jadi tebal, hehe.

11Putih Telur

segiempat.com

Nah guys, kaget juga kan? secara putih telur ini biasanya buat makanan kita, tapi ternyata juga bisa jadi masker buat mutihin wajah kamu lho. Sebenarnya putih telur telah banyak dimanfaatkan sebagai masker wajah oleh para wanita di Jepang dan Korea, sayang di Indonesia sendiri, yang jumlah telurnya sangat banyak hanya dikonsumsi saja,

Telur meski baunya sangat amis, tetapi kandungan protein yang tinggi bisa membantu mempercepat regenerasi sel kulit baru, so bagi kamu yang sering kena luka, banyak makan putih telur, biar lukanya juga cempet sembuh.

Begini cara buatnya, siapkan telur ayam/bebek, tapi usahakan kampung ya. Pecah dan pisahkan dengan kuning telurnya, kocok putih telur hingga berbusa dan putih, tambahkan sedikit madu (optional) lalu oleskan secara merata keseluruh area wajah setelah selesai mandi dan diamkan selama 30 menitan, lalu bilas dengan air hangat.

12Buah Alpukat

sehatpedia.web.id

Buah yang segar dan enak ini juga bisa kamu jadikan sebagai pemutih wajah kamu lho, buah alpukat diperkaya dengan kandungan glutamin dan lemak baik yang cukup tinggi. Kandungan ini sangat bermanfaat untuk merawat kulit kering dan kusam, mengingat sifat glutamin sendiri adalah melembabkan kulit.

Tidak hanya cukup melembabkan saja lho guys, buah apukat ini diperkaya dengan kandungan vitamin A yang bisa meningkatkan kecerahan kulit dari dalam, mengangkat sel kulit mati, dan masih banyak lagi, pokoknya kalau ada alpukat gunakan aja sebagai masker pemutih wajah kamu.

Caranya begini ya, siapkan daging buah alpukat secukupnya, bisa satu cangkir, campur dengan sedikit madu sampai membentuk pasta.

Sebelum menggunakan, bersihkan dulu wajah kamu dengan air hangat lalu oleskan masker alpukat secara merata, kemudian diamkan 25 menit terakhir bilas dengan air dingin hingga bersih.

13Pisang dan Madu

m.looks.co.id

Yup buah berikutya adalah pisang, pasti dong sudah tahu betul buah ini, secara Indonesia negara gudangnya pisang, hampir tiap daerah ada pisang, pohon ini juga gampang banget tumbuhnya, gak heran di pasar-pasar banyak banget pisang.

Pisan ini mengandung anak, eh salah maaf, maksudnya mengandung banyak vitamin c, kandungan vitamin tersebut bisa membantu memutihkan wajah secara alami, apalgi ditambah dengan madu, wah hasilnya bisa maksimal guys.

Caranya mudah kok, sediakan buah pisang raja atau jenis lain dan madu secukupnya, lalu haluskan pisang dengan sendok sampai hancur, kemudian tambahkan madu. Usahakan adonan mirip pasta, lalu oleskan ke area wajah yang udah bersih lalu diamkan sekiranya 30 menitan, kemudian bilas dengan air dingin sampai bersih.

14Air Beras

jadimanfaat.com

Eh jangan salah ya guys, air beras yang selama ini sering dibuang ternyata mengandung vitamin b tinggi lho, vitamin ini bisa memutihkan kulit kamu. Vitamin B tinggi mampu meremajakan sel-sel yang mati, sehingga jika dipakai untuk masker kulit kamu akan terasa halus dan tampak lebih bersinar.

Caranya mudah, siapkan beras yang memiliki kualitas terbaik secukupnya, bisa 6 sdm lalu masukan kedalam wadah yang udah diisi air sedikit, lalu kocok hingga air berubah seperti susu. Celupkan kapas kedalamnya, kemudian oleskan keseluruh area wajah setelah mandi lalu diamkan selama 1 jam sampai terasa kaku, setelah itu bilas air dingin.

Jadi setiap hari kan masak nasi nih, jangan dibuang air berasnya ya, karena itu sama saja membuang manfaatnya, sayang kan, apalagi kamu suka beli produk pemutih yang harganya mahal-mahal, padahal air beras itu gratis plus tanfa efek samping yang membhayakan, nah lho pilih yang mana?

15Lidah Buaya

menudietcepatdansehat.com

Guys lidah buaya tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan rambut kamu lho, tetapi juga berguna untuk kelembaban dan kebersihan wajah, memang sich banyak yang menggunakan lidah buaya ini untuk rambut, tapi baik juga kok untuk wajah kamu.

Caranya cukup mudah, potong batang lidah buaya lalu oleskan lendirnya secara merata di wajah anda. Diamkan selama 5 s/d 10 menit lalu bilas dengan air bersih, kamu bisa melakukan cara ini pada pagi dan sore hari secara rutin.

16Susu

donatbakar.com

Bahan berikutnya yang bisa kamu gunakan untuk memutihkan wajah kamu adalah susu, wah pasti gak biasa banget ya, secara susu memang biasanya diminum gitu saja, apalagi ini termasuk minuman favorit banyak orang ya.

Tapi perlu diketahui guys susu adalah sumber yang kaya kalsium. Selain kalsium, susu memiliki fungsi penting dalam mengatur warna kulit kita. Susu bekerja merangsang melanosit, sel-sel kulit yang menghasilkan pigmen melanin.

Mengkonsumsi susu membantu mempertahankan hilangnya kelembaban pada kulit. Ini mencegah kulit kering yang dapat mempengaruhi warna kulit menjadi gelap. Susu juga mengandung asam laktat yang mengurangi pigmentasi kulit yang membuat kulit lebih ringan.

Cara membuatnya siapkan susu sapi atau kambing (hangat, tidak perlu panas) – 1 mangkuk dan kain lap bersih, lalu rendam kain lap ke dalam susu, lalu ambil kain lap dan peras, gosokkan kain secara lembut pada kulit. Celupkan lagi dan gosok lembut, ulangi proses ini 4 – 5 kali.

Tentu jika kamu rajin dalam melakukannya hasilnya akan terlihat dalam 1 minggu, cepat kan?

17Kunyit dan Tomat

ohgitu.id

Mungkin banyak orang heran ya, kunyit kok digunakan untuk memutihkan kulit, secara kunyit ini biasanya hanya digunakan untuk bumbu dan jamu.

Perlu kamu ketahui ya bahwa kunyit merupakan bahan alami yang sudah sejak lama dipercaya memiliki kandungan nutrisi yang baik bagi kesehatan baik tubuh dan juga kulit. Bahkan pada waktu dulu kunyit dikonsumsi secara langsung oleh para wanita.

Sedangkan tomat merupakan pasangan yang tepat jika dipasangankan dengan kunyit, tomat itu sendiri memiliki kandungan air yang cukup banyak dipilih dan dijadikan sebagai bahan untuk merawat kulit wajah karena dianggap aman dan tentu saja alami yang bisa digunakan sehari-hari.

Siapkan kunyit yang berukuran sekitar 1 centimeter kemudian dicuci dengan air lalu parut hingga kunyit menjadi halus. Setelah diparut kunyit hasil parutan tersebut dibiarkan agak mengering selama 5 menit.

Kemudian gunakan 1 tomat yang memiliki ukuran yang cukup besar lalu blender tanpa ditambahkan dengan air. Setelah tomat diblender kemudian campurkan kedua bahan tadi dan aduk hingga rata.

18Mentimun

pu-news.com

Yup, gak salah lagi, mentimun memang menakjubkan, tidak hanya buat kesehatan tubuh saja, tapi manfaatnya juga bisa untuk kebersihan wajah kamu lho.

Mentimun memiliki sifat diuretik, efek pendingin, dan pembersih yang bermanfaat bagi kulit. Kandungan air yang tinggi; vitamin A, B, dan C; serta mineral, seperti magnesium, kalium, mangan, dan silika; membuat mentimun menjadi bagian penting dalam perawatan kulit.

Masker wajah yang mengandung sari mentimun digunakan untuk mengencangkan kulit. Asam askorbat dan asam caffeic yang hadir dalam mentimun dapat menurunkan tingkat retensi air, yang pada gilirannya mengurangi pembengkakan di sekitar mata

Caranya menggunakan mentimun bisa dengan cara yang mudah kok, kamu hanya cukup menyiapkan parutan mentimun. Setelah itu gosokkan pada wajah dan diamkan selama beberapa 20 menit. Terakhir bersihkan dengan air, lakukan cara ini secara rutin seminggu 2 kali.

19Daun Seledri

manfaatdaun.com

Siapa sangka ternyata daun seledri juga bisa mencerahkan wajah kamu, banyak orang juga tidak tahu akan hal ini, secara dau seledri hanya sebagai tambahan untuk penyedap masakan.

Cara membuat masker seledri begini, ambil daun seledri 1-2 genggaman tangan, kemudian cuci hingga bersih lalu potong-potong hinga jadi kecil-kecil. Kemudia rebus daun seledri kira-kira 20 menit, setelah itu diamkan sampai dingin. Kemudian usapkan rebusan dingin tadi ke wajah sampai merata dan diamkan hingga mengering, setelah itu bilas wajah dengan air hingga bersih.

20Labu

segiempat.com

Yup, labu juga bisa kamu gunakan untuk mencerahkan kulit wajah kamu guys, dimana labu ini mengandung senyawa zinc yang dapat mencerahkan wajah.

Caranya juga cukup mudah kok, kamu juga bisa menggunakan labu untuk masker, dengan parutan labu yang dicampur dengan putih telur dan madu, gunakan masker campuran tersebut selama 10 menit.

21Cuka Apel

frontroll.com

Cuka apel memang punya bau yang khas ya guys dan banyak orang yang tidak tahan dengan bau tersebut, tapi jangan salah, asam yang terkandung dalam apel dapat membantu regenerasi kulit yang baru dan mengikis sel kulit mati.

Cuka apel juga dapat mengurangi minyak berlebih dan mengurangi peradangan pada kulit, untuk membuatnya harus dicampur dengan air, dengan cara berikut.

Campurkan 5 ml cuka apel dengan 95 ml air lalu celupkan kapas pada larutan tersebut. Oleskan pada wajah dan diamkan selama 10 menit kemudia bilas dengan air hangat dan lakukan perawatan ini dua kali dalam seminggu.

22Teh Hijau

lensaremaja.com

Teh hijau juga dapat mencerahkan kulit kamu lho, kemampuan senyawa yang ada dalam teh hijau dapat mempercepat regenari kulit dan mengangkat sel kulit mati, begini cara membuatnya.

Rendam daun teh hijau dalam air panas selama 5 – 10 menit, celupkan kapas pada larutan teh hijau dan oleskan pada wajah, jika menggunakan teh celup, rendam kantong teh selama 3 – 5 menit. Tiriskan kantong teh dan langsung gosokkan dengan lembut pada wajah.

Jika kamu memiliki bubuk teh hijau ada cara lain yang bisa kamu gunakan yaitu.

Buat pasta dengan mencampurkan 1 sendok bubuk daun teh hijau dengan 1 sendok air lalu oleskan pasta pada area wajah dan pijat wajah dengan arah memutar selama 2 – 3 menit.

Mungkin timbul pertanyaan ya guys, kenapa kita harus pakai bahan yang alami? secara produk-produk kecantikan yang bagus dan mudah didapat saja banyak sekali di pasaran, bahkan ada yang harganya murah dan hasilnya maksimal.

Mungkin sudah menjadi pilihan banyak orang tentunya, tentang perawatan wajah ini menggunakan cara alami atau dengan bahan kimia? memang tidak salahnya dengan bahan kimia, tapi tetap saja dengan bahan alami yang paling direkomendasikan.

Yang menjadi keunggulan cara alami adalah tidak ada efek samping yang berbahaya bagi wajah, biaya murah dan tentu bahannya mudah didapat, sedangkan bahan kimia bahayanya adalah kandungan merkuri yang ada dalam bahan kimia, dimana bahan itu merupakan bahan yang berbahaya bagi wajah.

Nah, bagaimana bahan-bahan ini? Hasil yang diinginkan tentu tidak secepat jika menggunakan bahan kimia namun, sudah pasti jauh lebih sehat dan tidak beresiko.

Tertarik mencoba?

SHARE