Bunga anggrek tergolong dalam familia Orchidaceae. Jenis bunga ini banyak digemari oleh masyarakat. Sebagai hiasan, anggrek memang sangat indah.

Dalam bentuk yang bagus, harga bunga anggrek bisa mahal. Maka tak jarang, rumah tangga menyengaja menanam bunga anggrek di halaman atau taman belakang rumah.

Selain mempercantik tampilan rumah, merawat anggrek bisa menjadi keasyikan tersendiri. Di dunia ini, diperkirakan terdapat sekitar 20 ribu jenis anggrek dan sebagian tersebar di daerah tropis.

kiyanti2008.wordpress.com
kiyanti2008.wordpress.com

Di kepulauan Indonesia, diperkirakan terdapat kurang lebih 5 ribu jenis anggrek yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. Dengan demikian, Indonesia sebagai negara tropis merupakan negara yang mempunyai jenis anggrek terkaya di dunia.

Meskipun kaya akan berbagai jenis tanaman anggrek, sejauh ini tidak banyak orang yang membudidayakan karena anggapan bahwa tanaman ini harganya mahal dan sulit pemeliharaannya.

Oleh sebab itu, meskipun banyak orang yang menyukai anggrek, tidak terlalu banyak yang mau menekuni untuk menanam dan memeliharanya. Salah satu penyebab keengganan masyarakat untuk membudidayakan tanaman anggrek adalah ketidaktahuannya tentang apa itu anggrek dan bagaimana cara menanam serta memeliharanya.

Nah untuk menjawab pertanyaan tersebut ada baiknya kamu simak cara-cara menanam bunga anggrek berikut ini.

1Memilih Bibit

anggrekwagimanmeruyung.blogspot.com

Pertama, seperti halnya saat kamu akan menanam bunga lain hal yang pertama harus diperhatikan adalah bibit. Belilah bibit bunga anggrek yang bagus. Lalu, selanjutnya kamu harus menyediakan media serta tempat untuk menanam bunga anggrek.

Berbeda dari penanaman bunga lain, bunga anggrek membutuhkan tempat ataupun pot yang khusus. Kulit dan serabut kelapa, serpihan batu bata atau genteng, serta kayu adalah beberapa dari media atau tempat yang baik untuk menanam bunga anggrek.

2Menanam di Pot

anggrekwagimanmeruyung.blogspot.com

Untuk menanam anggrek, pililhlah pot tanah atau plastik, karena pot ini sangat cocok dan bagus untuk ditanami bunga anggrek.

Selanjutnya buatlah tiang untuk penahan batang. Hal ini perlu dilakukan tanaman bunga anggrek ini menjalar. Selain itu fungsi dari pembuatan tiang juga agar dapat memelihara dan dapat membentuk tanaman bunga anggerek sesuai keinginan si pemilik.

Media tanam yang paling cocok untuk menanam bunga anggrek adalah pecahan batu bata atau genteng, potongan sabut kepala, potongan pakis dan arang kayu.

3Menggantung di Dinding

id.aliexpress.com

Gaya menanam dengan cara ditempel ini terbilang lebih mudah dari pada gaya menanam bunga anggrek di dalam pot. Karena caranya yang sangat sederhana dan tidak banyak memerlukan media tambahan.

Media yang diperlukan sudah langsung bunga itu sendiri serta papan lukis. Selain itu, tanaman ini memang lebih bagus ditanam dengan cara ditempel karena bunga anggrek ini tidak memiliki batang yang tak terlalu panjang.

Selain itu, bunga anggrek yang ditanam dengan cara ditempel mungkin bisa dijadikan alternatif pilihan sebagai hiasan dinding rumahmu.

4Menyiram dan Memupuk

www.kompasiana.com

Hal yang wajib dalam hal perawatan bunga anggrek adalah mengenai penyiraman. Satu kali sehari penyiraman saja sebenarnya sudah cukup untuk membuat bunga anggrek tumbuh dengan baik. Siram bunga anggrek di pagi atau sore hari sebagai waktu yang baik untuk penyiraman.

Hal lainya, anda juga perlu untuk memupuk bunga anggrek. Pemupukan ini bertujuan untuk menyuburkan media tanam serta memberi unsur-unsur yang sangat dibutuhkan oleh bunga anggrek ini.

Pemupukan diberikan pada tanaman untuk membuatnya cepat tumbuh sehingga anggrek lebih cepat berbunga. Ketika menggunakan pupuk, usahakan untuk memilih pupuk yang memiliki unsur-unsur seperti nitrogen, fosfor, potassium, kalium, magnesium, dan sulfur.

 

SHARE