www.tokopedia.com

4 Cara Mudah Menanam Bunga Matahari

Posted on

Halo pecinta bunga! Bunga desa atau bunga ditaman desa nih? Hehe.

Kamu tentu tahu dengan bunga matahari. Bunga yang bijinya menjadi makanan favorit si hamster ini dinamakan bunga matahari karena melambangkan kehangatan serta kekaguman.

Keunikan bunga matahari yang mungkin sudah tidak asing lagi buat kamu adalah bunga ini bergerak mengikuti arah matahari. Wah, mungkin juga ini salah satu alasan ia dinamakan dengan bunga matahari.

Bunga matahari juga dianggap sebagai tanda umur panjang sehingga ia memiliki banyak makna yang begitu dalam. Wisdom atau kebijaksanaan, strength atau kekuatan, dan sincerity atau ketulusan merupakan pemaknaan lain dari bunga matahari.

Selain itu bunga matahari ternyata memiliki banyak kebermanfaatan untuk kesehatan tubuh. Akar bunga matahari berkhasiat untuk mengobati infeksi saluran kencing, radang saluran nafas atau bronchitis, batuk rejan atau pertussis, keputihan atau leucorrhoe.

Bagian bunganya sendiri bermanfaat untuk pengobatan tekanan darah tinggi, mengurangi rasa nyeri pada sakit kepala, pusing, sakit gigi, rheumatik atau arthritis serta digunakan pula untuk mempermudah ibu hamil dalamĀ  melahirkan.

Satu hal lagi tentu saja manfaat biji bunga matahari atau sering kita sebut kwaci merupakan camilan yang renyah dan menyehatkan.

Waw! Ternyata bunga matahari memiliki banyak simbol ya, tentu menyenangkan jika bisa memelhira bunga matahari. Kalau begitu, simak ulasan mengenai tata cara memelihara bunga matahari berikut ini.

Mempersiapkan Benih Bunga Matahari

www.superfoodindonesia.com
www.superfoodindonesia.com

Pertama-tama kamu harus melakukan pemilihan benih. Untuk kamu ketahui bahwa bunga matahari memiliki dua jenis, yaitu bunga matahari jenis bunga dan bunga matahari jenis kwaci (camilan).

Keduanya sama-sama memiliki nama bunga matahari. Tetapi hasil yang diperoleh masing-masing berbeda. Jadi ketika kamu ingin menanam bunga matahari yang berbunga maka pilihlah benih yang tepat, jangan sampai salah tanam alias menanam kwaci ya.

Bisa sampai kamu tumbuh uban bunga matahari yang kamu tanam ngga bakalan berbunga.

Oh iya. Bunga matahari juga memiliki berbagai varian warna. Jadi pilihlah sesuai yang kamu inginkan.

Siapkan Lahan Terbuka

moneter.co
moneter.co

Menanam bunga matahari memang lebih baik dilahan terbuka. Tapi sebenarnya ia bisa hidup dimana saja asal tekstur tanah subur dan rutin menerima penyiraman air dari pemiliknya.

Nah, kalau kamu menanam bunga matahari di lahan yang terbuka, sebaiknya menggunakan cara penanaman benih biji dengan menggunakan media lubang maksimun 1, 5 cm dengan tanah humus yang baik, yaitu yang sebelumnya telah di basahi air.

Perhatikan Jarak Penanaman

koufukurakuen.blogspot.com
koufukurakuen.blogspot.com

Jarak yang tepat untuk menanam bunga matahari adalah 45cm. Kamu harus detail memperhatikan hal ini ya, karena jika jaraknya terlalu dekat akan mempengaruhi proses tumbuh bunga matahari. Namun jika terlalu jauh, maka kamu telah melakukan pemborosan lahan. Hehe.

Dalam setiap lubang kamu bisa memasukkan 2 benih bunga matahari. Jangan lupa untuk rutin melakukan penyiraman ya, sekitar 14 hari kemudian kamu bisa melihat kemajuan benih yang kamu tanam.

Berikan Pupuk dan Siram Secara Teratur

www.jurnalasia.com
www.jurnalasia.com

Ketika kamu selesai melakukan penanaman, jangan lupa untuk memupuk bunga matahari yang kamu tanam supaya bisa tumbuh subur dan terhindar dari berbagai hama. Ketika berumur 3 bulan maka tunas-tunas bunga akan mulai bermunculan.

Kamu bisa memotong tunas-tunas bunga yang dianggap kurang bagus dalam pertumbuhannya.

Selanjutnya kamu hanya perlu menunggu untuk menikmati hasil mekarnya bunga matahari yang sudah kamu tanam. Selamat mencoba ya guys, untuk kamu ketahui saja bahwa menanam dan memelihara bunga ternyata melatih kepekaan dan ketelitian lho.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *