Hampir semua orang menyukai buah durian. Ah! Rugi rasanya bagi orang-orang yang ternyata tidak suka dengan buah yang satu ini. Selain aromanya yang menggoda, rasa buah durian juga tidak ada bandingannya. Membuat kamu ketagihan untuk terus memakannya.

Bagi penikmat buah durian biasanya akan selalu memburu buah durian disaat musim durian tiba.

Nah bagaimana jika selagi kamu berburu buah durian kamu juga mempelajari cara menanam pohon durian? Supaya nanti ketika kamu sudah menjadi tua tidak perlu repot memburu buah durian karena kamu sudah memiliki pohon durian yang siap berbuah ditiap musimnya. Hehe.

1Menentukan Lokasi

kotabaru-parahyangan.agenproperti.com

Tentu kamu harus mencari lokasi yang tepat untuk menanam buah durian.

Perhatikan juga fakta bahwa buah durian yang matang akan jatuh secara otomatis dari pohonnya, ini membuat kamu harus berfikir lokasi pohon durian tidak membahayakan siapapun. Fatal jika nanti ditemukan korban akibat tertimpa buah durian yang jatuh dari pohon durian milikmu. Hiks.

Pohon durian tumbuh baik dilahan tropis dengan ketinggian antara 50 sampai 100 meter diatas permukaan laut. Suhu lahan yang diperlukan untuk menanam pohon durian sekitar 23 sampai 30 derajat celcius.

Inilah kenapa pohon durian banyak tumbuh di negara Indonesia.

2Menentukan Bibit Durian

www.durianmenoreh.com

Menentukan bibit durian berarti menentukan nasib durian kedepannya. Wkwk. Iya dong, karena bibitlah yang akan mempengaruhi apakah durian yang kamu tanam baik atau tidak, unggulan atau tidak. Jadi kamu harus teliti dalam memilih benih unggulan.

Kriteria bibit durian yang ideal antara lain bibit diperoleh dari pohon durian yang berdaun lebat dan memiliki batang yang kokoh.

Ohya! Jangan kamu bayangkan bibit durian adalah biji dari buah durian ya. Bibit yang dimaksud adalah pohon durian kecil yang sebelumnya sudah ditanam di polibeg. Hehe.

3Siapkan Lubang Untuk Menanam Bibit Durian

azrakulove.blogspot.com

Ukuran lubang yang baik adalah sekitar 50 cm, dengan ukuran lubang tersebut maka bibit durian bisa memiliki akar yang kuat.

Kamu juga harus memberikan banyak nutrisi pada lubang yang akan digunakan untuk menanam tersebut. Kemudian agar bibit pohon durian bisa tumbuh dengan baik maka kamu bisa menambahkan tanaman pendamping untuknya.

Tanaman pendamping yang baik adalah tanaman yang memiliki ukuran lebih besar dari bibit pohon durian. Fungsi dari tanaman pendamping adalah untuk bisa menjaga pohon durian agar tidak mudah roboh saat terkena angin kencang.

4Melakukan Pengairan

tipspetani.blogspot.com

Setelah menanam bibit pohon durian tanggung jawabmu masih belum berakhir. Kamu masih harus melakukan pengairan alias rutin menyirami pohon durian yang sudah kamu tanam. Jangan lupa membersihkan rumput yang tumbuh disekitar pohon durian ya.

Karena jika tidak dibersihkan maka nutrisi tanah yang harusnya diserap oleh pohon durian akan diserap secara liar oleh rumput-rumput tadi.

5Pemupukan Susulan

www.jurnalasia.com

Pemupukan susulan juga dilakukan selama proses pertumbuhan bibit durian. Ini akan menjaga stabilitas kandungan unsur hara tanah bagi nutrisi yang dibutuhkan oleh pohon durian. Pemupukan susulan dilakukan satu tahu sekali menggunakan pupuk kandang.

6Panen Durian

www.banyuwangibahagia.com

Ups! Tentu kamu perlu bersabar sekitar 3, 4, 8 bahkan 10 tahun untuk memanen durian. Tergantung pada jenis durian apa yang kamu tanam. Untuk durian lokal pada umumnya memerlukan waktu 8 sampai 10 tahun, berbeda dengan durian montong maka bisa dipanen ketika usia 3 atau 4 tahun.

Jangan lupa kirim ke alamat dibawah ini ya kalau duriannya sudah sukses dipanen. Hehe.

SHARE